VYCKA AGUSTRIANI, 155040037 (2019) MENINGKATKAN KETERAMPILAN BERPIKIR KRITIS PESERTA DIDIK PADA PENGUASAAN KONSEP MATERI KEANEKARAGAMAN HAYATI MELALUI WIKIPEDIA (Penelitian tindakan kelas ini dilaksanakan di SMA 3 PASUNDAN BANDUNG). Skripsi(S1) thesis, FKIP UNPAS.
|
Text
COVER.pdf Download (34kB) | Preview |
|
|
Text
LEMBAR PENGESAHAN.pdf Download (192kB) | Preview |
|
|
Text
ABSTRAK INDO.pdf Download (7kB) | Preview |
|
|
Text
ABSTRAK ING.pdf Download (6kB) | Preview |
|
|
Text
ABSTRAK SUN.pdf Download (17kB) | Preview |
|
|
Text
BAB I.pdf Download (111kB) | Preview |
|
|
Text
BAB II.pdf Download (363kB) | Preview |
|
|
Text
BAB III.pdf Download (1MB) | Preview |
|
Text
BAB IV.pdf Restricted to Repository staff only Download (277kB) |
||
Text
BAB V.pdf Restricted to Repository staff only Download (7kB) |
||
|
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (60kB) | Preview |
Abstract
Penelitian ini dilakukan berdasarkan latar belakang rendahnya keterampilan peserta didik pada materi keanekaragaman hayati di kelas X SMA Pasundan 3 Bandung. Berdasarkan hasil pra penelitian, didapatkan kemampuan berpikir kritis peserta didik yang mencapai nilai KKM sebesar 13%. Sedangkan yang belum mencapai nilai KKM sebesar 87%. Diketahui bahwa nilai KKM untuk kelas X IPA sebesar 75. Hal ini disebabkan oleh dalam proses pembelajaran masih menggunakan buku paket dan modul pembelajaran yang dibuat oleh guru. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui apakah melalui penggunaan wikipedia dalam pembelajaran biologi dapat meningkatkan keterampilan berpikir kritis peserta didik pada penguasaan konsep materi keanekaragaman hayati. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah Quasi Experiment dengan desain penelitian nonequivqlenty control group design. Data hasil penelitian ini diperoleh dari penilaian Kognitif (Postest-Prettest), Afektif (sikap), dan Psikomotor (Keterampilan). Dari hasil analsis dengan menggunakan aplikasi softwere SPSS 20.0 for windows berdasarkan uji hipotesis (uji-t) dan uji gain diperoleh hasil nilai signifikansi pada Sig. (2-tailed) sebesar 0,002. Apabila ½ signifikansi < 0,05 maka H0 ditolak dan Ha diterima. kesimpulannya bahwa penggunaan wikipedia dalam pembelajaran biologi dapat meningkatkan keterampilan berpikir kritis peserta didik pada penguasaan konsep keanekaragaman hayati. Kata Kunci: Berpikir Kritis, Pembelajaran Menggunakan Wikipedia, Sumber Belajar
Item Type: | Thesis (Skripsi(S1)) |
---|---|
Subjects: | S1-Skripsi |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Biologi 2018 |
Depositing User: | Mr Bayu Anggi Pranata |
Date Deposited: | 17 Sep 2019 06:46 |
Last Modified: | 17 Sep 2019 06:46 |
URI: | http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/43636 |
Actions (login required)
View Item |