FIRDA ASHIANTI, 155040089 (2019) PENERAPAN MODEL CREATIVE PROBLEM SOLVING (CPS) UNTUK MENINGKATKAN HIGHER ORDER THINKING SKILLS (HOTS) PESERTA DIDIK PADA KONSEP KEANEKARAGAMAN HAYATI. Skripsi(S1) thesis, FKIP UNPAS.
|
Text
1. COVER.pdf Download (201kB) | Preview |
|
|
Text
2. LEMBAR PENGESAHAN.pdf Download (56kB) | Preview |
|
|
Text
7. ABSTRAK INDONESIA.pdf Download (286kB) | Preview |
|
|
Text
8. ABSTRAK INGGRIS.pdf Download (282kB) | Preview |
|
|
Text
9. ABSTRAK SUNDA.pdf Download (282kB) | Preview |
|
|
Text
BAB I PENDAHULUAN.pdf Download (311kB) | Preview |
|
|
Text
BAB II KAJIAN TEORI.pdf Download (385kB) | Preview |
|
Text
BAB III METODE PENELITIAN .pdf Restricted to Repository staff only Download (472kB) |
||
Text
BAB IV HASIL DAN PEMBAHASAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (612kB) |
||
Text
BAB V KESIMPULAN DAN SARAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (285kB) |
||
|
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (295kB) | Preview |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui efektivitas model Creative Problem Solving (CPS) dalam meningkatan Higher Order Thinking Skills (HOTS) peserta didik pada pokok materi Keanekaragaman Hayati. Subjek penelitian ini adalah peserta didik pada kelas X MIPA di SMAS 2 Pasundan Bandung, dengan sampel sebanyak 36 orang (satu kelas) yang ditentukan dengan teknik purposive sampling. Metode penelitian yang digunakan adalah pre-experimental dengan desain penelitian one group pretes-posttest design. Parameter yang diukur adalah kemampuan berpikir tingkat tinggi (HOTS) peserta didik. Pengukuran dilakukan melalui tes dengan instrumen berupa 30 butir soal pilihan ganda dan 5 soal essay dengan indikator berpikir tingkat tinggi Bloom dan William. Hasil penelitian menunjukkan rata-rata skor peningkatan (Gain) HOTS sebesar 22,44 dengan kategori peningkatan didominasi peserta didik dengan kriteria sedang (88,89 %) (N-Gain = 0,38 – 0,70), sedangkan peningkatan dengan kategori tinggi (N-Gain = 0,71 – 0,83) dialami 11,11% peserta didik. Kriteria HOTS peserta didik setelah pembelajaran adalah 41,67% berkategori cukup kreatif, 47,22% berkategori kreatif, dan 11,11% berkategori sangat kreatif. Berdasarkan penelitian ini dapat disimpulkan bahwa penerapan model pembelajaran Creative Problem Solving (CPS) dalam pembelajaran pokok materi Keanekaragam Hayati secara signifikan (α = 0,05) dapat meningkatkan penguasaan materi dan keterampilan berpikir tingkat tinggi (Higher Order Thinking Skills (HOTS) peserta didik. Kata kunci: Higher Order Thingking skills (HOTS), model Creative Problem solving (CPS)
Item Type: | Thesis (Skripsi(S1)) |
---|---|
Subjects: | S1-Skripsi |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Biologi 2018 |
Depositing User: | Mr Bayu Anggi Pranata |
Date Deposited: | 17 Sep 2019 06:32 |
Last Modified: | 22 Sep 2020 03:43 |
URI: | http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/43633 |
Actions (login required)
View Item |