NOVI MUFIDAH, 155050014 (2019) PENINGKATAN KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIS DAN SELF-CONFIDENCE SISWA SMP MELALUI MODEL MEANINGFUL INSTRUCTIONAL DESIGN (MID). Skripsi(S1) thesis, FKIP UNPAS.
|
Text
COVER.pdf Download (109kB) | Preview |
|
|
Text
Lembar Pengesahan.pdf Download (109kB) | Preview |
|
|
Text
ABSTRAK.pdf Download (9kB) | Preview |
|
|
Text
ABSTARCT.pdf Download (87kB) | Preview |
|
|
Text
BAB_I PENDAHULUAN.pdf Download (398kB) | Preview |
|
|
Text
BAB_II KAJIAN TEORI.pdf Download (541kB) | Preview |
|
|
Text
BAB_III METODE PENELITIAN.pdf Download (688kB) | Preview |
|
Text
BAB_IV HASIL PENELITIAN DAN PEMBAHASAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (828kB) |
||
Text
BAB_V SIMPULAN DAN SARAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (92kB) |
||
|
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (224kB) | Preview |
Abstract
Matematika adalah salah satu cabang ilmu pengetahuan yang cukup penting untuk dipelajari. Upaya untuk memperoleh keberhasilan pada pelajaran matematika, siswa dituntut untuk memiliki kemampuan pemecahan masalah matematis yang baik. Salah satu penyebab rendahnya keberhasilan untuk mencapai nilai matematika yang baik yaitu kemampuan siswa untuk menyelesaikan soal dengan tepat dan kurangnya kepercayaan diri atau Self-confidence siswa. Penelitian ini bertujuan untuk memperoleh gambaran tentang peningkatan kemampuan pemecahan masalah matematis dan Self-confidence siswa SMP pada pembelajaran dengan model Meaningful Instructional Design (MID) dan model pembelajaran biasa. Sesuai dengan permasalahan yang telah dirumuskan, tujuan dari penelitian ini adalah: 1) Untuk mengetahui apakah peningkatan kemampuan pemecahan masalah matematis siswa yang memperoleh model Meaningful Instructional Design (MID) lebih tinggi daripada siswa yang memperoleh model pembelajaran biasa. 2) Untuk mengetahui apakah Self-confidence siswa yang memperoleh model Meaningful Instructional Design (MID) lebih baik daripada siswa yang memperoleh pembelajaran biasa. 3) Untuk mengetahui apakah terdapat korelasi antara kemampuan pemecahan masalah matematis dan Self-confidence siswa yang memperoleh model Meaningful Instructional Design (MID). Penelitian ini menggunakan metode eksperimen dengan desain kelompok kontrol dan menggunakan teknik purposive sampling. Kelas eksperimen memperoleh model pembelajaran Meaningful Instructional Design (MID) sedangkan kelas kontrol memperoleh model pembelajaran biasa. Subjek dari penelitian ini adalah siswa SMP Muhamadiyah 3 Bandung dengan siswa kelas VII A sebagai kelas kontrol dan siswa kelas VII C sebagai kelas eksperimen. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah tes kemampuan pemecahan masalah matematis berjumlah 5 soal tes dan skala Self-confidence yang berjumah 30 pernyataan angket. Teknik analisis data menggunakan Independent Sample T-test (Uji-t) melalui software IBM SPSS 22.0 for windows. Berdasarkan analisis data dan temuan penelitian yang diperoleh dapat disimpulkan bahwa: 1) Pencapaian peningkatan kemampuan pemecahan masalah matematis siswa yang memperoleh mode l Meaningful Instructional Design (MID) lebih tinggi daripada siswa yang memperoleh model pembelajaran biasa. 2) Self-confidence siswa yang memperoleh pembelajaran Meaningful Instructional Design (MID) lebih baik daripada siswa yang memperoleh pembelajaran biasa. 3) Terdapat korelasi antara kemampuan pemecahan masalah matematis dan Self-confidence siswa yang memperoleh model pembelajaran Meaningful Instructional Design (MID). Kata kunci: Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis, Model Meaningful Instructional Design (MID), Self-confidence
Item Type: | Thesis (Skripsi(S1)) |
---|---|
Subjects: | S1-Skripsi |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Matematika 2018 |
Depositing User: | Mr Bayu Anggi Pranata |
Date Deposited: | 17 Sep 2019 03:26 |
Last Modified: | 17 Sep 2019 03:26 |
URI: | http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/43616 |
Actions (login required)
View Item |