AGATHA DINDA LEONAGUSTA WALUYO, 155040038 (2019) IMPLEMENTASI MEDIA ANIMASI 3 DIMENSI UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK PADA KONSEP STRUKTUR DAN FUNGSI SEL. Skripsi(S1) thesis, FKIP UNPAS.
|
Text
1. Cover.pdf Download (57kB) | Preview |
|
|
Text
2. Lembar Pengesahan.pdf Download (361kB) | Preview |
|
|
Text
3. Abstrak Bahasa Indonesia.pdf Download (31kB) | Preview |
|
|
Text
4. Abstrak Bahasa Inggris.pdf Download (29kB) | Preview |
|
|
Text
5. Abstrak Bahasa Sunda.pdf Download (30kB) | Preview |
|
|
Text
7. BAB I.pdf Download (144kB) | Preview |
|
|
Text
8. BAB II.pdf Download (780kB) | Preview |
|
|
Text
9. BAB III.pdf Download (210kB) | Preview |
|
Text
10. BAB IV.pdf Restricted to Repository staff only Download (252kB) |
||
Text
11. BAB V.pdf Restricted to Repository staff only Download (34kB) |
||
|
Text
12. DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (136kB) | Preview |
Abstract
Penelitian ini dilakukan di SMA Negeri 1 Ciranjang Kota Cianjur berdasarkan latar belakang rendahnya hasil belajar . Tujuan penelitian ini yaitu meningkatkan hasil belajar siswa dengan mengimplementasikan media pembelajaran animasi 3 dimensi. Metode yang digunakan adalah Quasi Eksperimen, dengan desain adalah Nonequivalent Control Group Design. Subjek penelitian adalah kelas XI MIPA SMAN 1 Ciranjang. Instrumen yang digunakan berupa 12 soal pilihan ganda. Hasil penelitian didapatkan nilai rata-rata pretest sebesar 50,76 dan rata-rata posttest sebesar 85,47 , pada siswa di kelas eksperimen. Pada kelas kontrol menunjukkan nilai hasil rata-rata pretest sebesar 48,24 dan nilai hasil rata-rata posttest sebesar 80,91. Hasil hipotesis N-Gain menunjukkan nilai signifikansi adalah 0,0335 , nilai tersebut < 0,05 maka Ho ditolak. Maka dapat dikatakan bahwa pada penelitian ini terjadi peningkatan hasil belajar yang signifikan terhadap materi struktur dan fungsi sel, antara siswa yang menggunakan media pembelajaran 3 dimensi dibandingkan dengan siswa yang menggunakan model pembelajaran biasa. Hasil penilaian pada ranah afektif terhadap pembelajaran menggunakan animasi 3 dimensi pada materi sel siswa menunjukkan 76% respon yang baik. Hasil penilaian pada ranah psikomotor terhadap pembelajaran menggunakan animasi 3 dimensi pada materi sel siswa menunjukkan 94% respon yang baik. Kata Kunci: Hasil Belajar, Animasi 3 Dimensi, Sel.
Item Type: | Thesis (Skripsi(S1)) |
---|---|
Subjects: | S1-Skripsi |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Biologi 2018 |
Depositing User: | Mr Bayu Anggi Pranata |
Date Deposited: | 16 Sep 2019 07:33 |
Last Modified: | 16 Sep 2019 07:33 |
URI: | http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/43572 |
Actions (login required)
View Item |