IMPLEMENTASI MEDIA ANIMASI 3 DIMENSI UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK PADA KONSEP STRUKTUR DAN FUNGSI SEL

AGATHA DINDA LEONAGUSTA WALUYO, 155040038 (2019) IMPLEMENTASI MEDIA ANIMASI 3 DIMENSI UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK PADA KONSEP STRUKTUR DAN FUNGSI SEL. Skripsi(S1) thesis, FKIP UNPAS.

[img]
Preview
Text
1. Cover.pdf

Download (57kB) | Preview
[img]
Preview
Text
2. Lembar Pengesahan.pdf

Download (361kB) | Preview
[img]
Preview
Text
3. Abstrak Bahasa Indonesia.pdf

Download (31kB) | Preview
[img]
Preview
Text
4. Abstrak Bahasa Inggris.pdf

Download (29kB) | Preview
[img]
Preview
Text
5. Abstrak Bahasa Sunda.pdf

Download (30kB) | Preview
[img]
Preview
Text
7. BAB I.pdf

Download (144kB) | Preview
[img]
Preview
Text
8. BAB II.pdf

Download (780kB) | Preview
[img]
Preview
Text
9. BAB III.pdf

Download (210kB) | Preview
[img] Text
10. BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (252kB)
[img] Text
11. BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (34kB)
[img]
Preview
Text
12. DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (136kB) | Preview
Official URL: http://fkip.unpas.ac.id/

Abstract

Penelitian ini dilakukan di SMA Negeri 1 Ciranjang Kota Cianjur berdasarkan latar belakang rendahnya hasil belajar . Tujuan penelitian ini yaitu meningkatkan hasil belajar siswa dengan mengimplementasikan media pembelajaran animasi 3 dimensi. Metode yang digunakan adalah Quasi Eksperimen, dengan desain adalah Nonequivalent Control Group Design. Subjek penelitian adalah kelas XI MIPA SMAN 1 Ciranjang. Instrumen yang digunakan berupa 12 soal pilihan ganda. Hasil penelitian didapatkan nilai rata-rata pretest sebesar 50,76 dan rata-rata posttest sebesar 85,47 , pada siswa di kelas eksperimen. Pada kelas kontrol menunjukkan nilai hasil rata-rata pretest sebesar 48,24 dan nilai hasil rata-rata posttest sebesar 80,91. Hasil hipotesis N-Gain menunjukkan nilai signifikansi adalah 0,0335 , nilai tersebut < 0,05 maka Ho ditolak. Maka dapat dikatakan bahwa pada penelitian ini terjadi peningkatan hasil belajar yang signifikan terhadap materi struktur dan fungsi sel, antara siswa yang menggunakan media pembelajaran 3 dimensi dibandingkan dengan siswa yang menggunakan model pembelajaran biasa. Hasil penilaian pada ranah afektif terhadap pembelajaran menggunakan animasi 3 dimensi pada materi sel siswa menunjukkan 76% respon yang baik. Hasil penilaian pada ranah psikomotor terhadap pembelajaran menggunakan animasi 3 dimensi pada materi sel siswa menunjukkan 94% respon yang baik. Kata Kunci: Hasil Belajar, Animasi 3 Dimensi, Sel.

Item Type: Thesis (Skripsi(S1))
Subjects: S1-Skripsi
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Biologi 2018
Depositing User: Mr Bayu Anggi Pranata
Date Deposited: 16 Sep 2019 07:33
Last Modified: 16 Sep 2019 07:33
URI: http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/43572

Actions (login required)

View Item View Item