PENGARUH KOMUNIKASI INTERPERSONAL PRANATA HUMAS TERHADAP KEPUASAN PENGUNJUNG DIORAMA BADAN NASIONAL PENANGGULANGAN BENCANA INDONESIA

Febrian Rizki Pratama, 152050346 (2019) PENGARUH KOMUNIKASI INTERPERSONAL PRANATA HUMAS TERHADAP KEPUASAN PENGUNJUNG DIORAMA BADAN NASIONAL PENANGGULANGAN BENCANA INDONESIA. Skripsi(S1) thesis, FISIP UNPAS.

[img]
Preview
Text
BAB II.pdf

Download (720kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (415kB) | Preview
[img]
Preview
Text
COVER.pdf

Download (191kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Lembar Persetujuan Skripsi.pdf

Download (316kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Daftar Pustaka.pdf

Download (216kB) | Preview
[img]
Preview
Text
ABSTRAK.pdf

Download (191kB) | Preview

Abstract

Penelitian yang berjudul Pengaruh Komunikasi Interpersonal Pranata Humas terhadap Kepuasan Pengunjung Diorama Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) Indonesia. Penelitian ini bertujuan untuk mengolah dan menganalisis seberapa besar pengaruh Komunikasi Interpersonal terhadap Kepuasan Pengunjung Diorama BNPB Indonesia. Melalui lima dimensi keterbukaan, empati, sikap mendukung, sikap positif dan kesetaraan. Teori yang digunakan adalah teori Kemungkinan Elaborasi dari Richard Petty & John Cacioppo. Penelitian ini adalah pendekatan atau metodologi yang menggunakan analisis kuantitatif. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode survey eksplanasi. Melalui teknik pengumpulan data dengan melakukan penyebaran angket/kuisioner kepada pengunjung diorama BNPB yang peneliti temui sebanyak 31 responden. Variabel Independen dalam penlitian ini adalah Komunikasi Interpersonal (X) dengan lima dimensi komunikasi interpersonal yaitu Keterbukaan (X1), Empati (X2), Sikap Mendukung (X3), Sikap Positif (X4) dan Kesetaraan (X5) dan variabel dependen dari penelitian ini adalah Kepuasan Pengunjung (Y). Analisis data dalam penelitian ini menggunakan analisis jalur. Berdasarkan hasil penelitian ini menunjukan bahwa melalui hasil analisis uji kontribusi pengaruh secara simultan Komunikasi Interpersonal (X) berpengaruh terhadap Kepuasan Pengunjung (Y) sebesar 0,758 atau 75,8%. Sedangkan selebihnya sebesar 0,242 atau 24,2% dipengaruhi oleh variabel lain. Berdasarkan nilai koefisien jalur secara parsial diketahui bahwa dimensi dari variabel Komunikasi Interpersonal masing-masing memiliki pengaruh terhadap Kepuasan Pengunjung (Y) sebesar, Keterbukaan (X1) 1,7%, Empati (X2) 21,0%, Sikap Mendukung (X3) 30,2%, Sikap Positif (X4) 13,2% dan Kesetaraan (X5) 9,7%. Kata kunci: Keterbukaan, Empati, Sikap Mendukung, Sikap Positif dan Kesetaraan, Kepuasan Pengunjung.

Item Type: Thesis (Skripsi(S1))
Subjects: S1-Skripsi
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Ilmu Komunikasi 2015
Depositing User: mr yogi -
Date Deposited: 16 Sep 2019 01:34
Last Modified: 16 Sep 2019 01:34
URI: http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/43506

Actions (login required)

View Item View Item