RATIH TARTILA, 155050005 (2019) PENINGKATAN KEMAMPUAN PEMAHAMAN KONSEP MATEMATIS DAN SELF-EFFICACY SISWA SMP MELALUI MODEL PEMBELAJARAN CONCRETE-PICTORIAL-ABSTRACT (CPA). Skripsi(S1) thesis, FKIP UNPAS.
|
Text
1. COVER SKRIPSI.pdf Download (24kB) | Preview |
|
|
Text
Lembar pengesahan.pdf Download (189kB) | Preview |
|
|
Text
2. ABSTRAK.pdf Download (86kB) | Preview |
|
|
Text
3.ABSTRACT.pdf Download (219kB) | Preview |
|
|
Text
4.BAB I PENDAHULUAN.pdf Download (266kB) | Preview |
|
|
Text
5.BAB II KAJIAN TEORI.pdf Download (408kB) | Preview |
|
|
Text
6.BAB III METODE PENELITIAN.pdf Download (492kB) | Preview |
|
Text
7.BAB IV HASIL PENELITIAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (1MB) |
||
Text
8.BAB V SIMPULAN DAN SARAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (88kB) |
||
|
Text
9.DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (108kB) | Preview |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk: (1) mengetahui apakah terdapat pencapaian peningkatan kemampuan pemahaman konsep matematis siswa yang memperoleh model pembelajaran Concrete-Pictorial-Abstract (CPA) lebih tinggi daripada siswa yang memperoleh pembelajaran konvensional; (2) mengetahui apakah self-efficacy siswa yang memperoleh model pembelajaran Concrete-Pictorial-Abstract (CPA) lebih baik daripada siswa yang memperoleh pembelajaran konvensional; (3) mengetahui apakah terdapat korelasi positif antara kemampuan pemahaman konsep matematis dan self-efficacy siswa yang memperoleh pembelajaran Concrete-Pictorial-Abstract (CPA). Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode kuasi eksperimen dengan desain penelitian eksperimen kelompok kontrol pretes-postes. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas VII SMP Negeri 35 Bandung tahun ajaran 2018/2019. Untuk sampel penelitian diambil sebanyak dua kelas. Diperoleh kelas VII B sebagai kelas eksperimen dengan perlakuan model pembelajaran Concrete-Pictorial-Abstract (CPA) dan kelas VII C sebagai kelas kontrol dengan perlakuan pembelajaran konvensional dalam hal ini model pembelajaran ekspositori. Instrumen penelitian yang digunakan berupa soal uraian tes kemampuan pemahaman konsep matematis dan skala self-efficacy. Tes diujicobakan dikelas VIII. Dari hasil uji coba, tujuh soal digunakan untuk tes. Setelah data terkumpul kemudian diolah menggunakan software IBM SPSS 23.0 for windows. Berdasarkan hasil penelitian, diperoleh: (1) Peningkatan kemampuan pemahaman konsep matematis siswa yang memperoleh model pembelajaran Concrete-Pictorial-Abstract (CPA) lebih tinggi daripada siswa yang memperoleh pembelajaran konvensional. (2) Self-efficacy siswa yang memperoleh model pembelajaran Concrete-Pictorial-Abstract (CPA) lebih baik daripada siswa yang memperoleh pembelajaran konvensional. (3) Terdapat korelasi positif antara kemampuan pemahaman konsep matematis dan self-efficacy siswa yang memperoleh model pembelajaran Concrete-Pictorial-Abstract (CPA). Kata Kunci: Kemampuan Pemahaman Konsep Matematis, Model Pembelajaran Concrete-Pictorial-Abstract (CPA) dan Self-efficacy.
Item Type: | Thesis (Skripsi(S1)) |
---|---|
Subjects: | S1-Skripsi |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Matematika 2018 |
Depositing User: | Mr Bayu Anggi Pranata |
Date Deposited: | 14 Sep 2019 08:10 |
Last Modified: | 27 Sep 2019 02:27 |
URI: | http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/43490 |
Actions (login required)
View Item |