Sri Rejeki Rostati, 155010010 (2019) UPAYA GURU DALAM MENINGKATKAN CIVIC SKILLS PESERTA DIDIK PADA MATA PELAJARAN PKN MELALUI MODEL PEMBELAJARAN VALUE CLARIFICATION TECHNIQUE (VCT) (Studi Deskriptif Pada Kelas XI A SMA BPI 1 Bandung). Skripsi(S1) thesis, FKIP UNPAS.
|
Text
1. COVER.pdf Download (106kB) | Preview |
|
|
Text
2. Lembar Pengesahan.pdf Download (244kB) | Preview |
|
|
Text
4. Abstrak Indonesia.pdf Download (86kB) | Preview |
|
|
Text
5. Abstrak inggris.pdf Download (85kB) | Preview |
|
|
Text
12. BAB 1.pdf Download (243kB) | Preview |
|
|
Text
13. BAB II.pdf Download (347kB) | Preview |
|
|
Text
14. BAB III.pdf Download (625kB) | Preview |
|
Text
15. BAB IV.pdf Restricted to Repository staff only Download (1MB) |
||
Text
16. BAB V.pdf Restricted to Repository staff only Download (167kB) |
||
|
Text
17. DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (157kB) | Preview |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana Penerapan Model Pembelajaran Value Clarification Technique. pada mata pelajaran PKn dalam meningkatkan Civic skills Peserta didik. Sehingga rumusan masalah pada penelitian ini adalah : Bagaimana Perencanaan, Pelaksanaan, Faktor Penghambat dan Pendukung serta Evaluasi pada mata pelajaran PKn dengan menggunakan Model Pembelajaran Value Clarification Technique. Penelitian ini menggunakan metode Deskriptif dengan Pendekatan Kualitatif, Subjek dan Objek dalam Penelitian ini adalah Guru PKn SMA dan Peserta didik Kelas XI A SMA BPI 1 Bandung, Pengumpulan data dan Instrumen penelitian yang digunakan dalam Penelitian ini dengan melakukan wawancara dengan Guru PKn Kelas XI dan perwakilan Peserta didik kelas XI A, serta angket yang dibagikan kepada peserta didik yang dijadikan sebagai data konkret dalam penelitian ini . Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1). Sudah tercapainya perencanaan pembelajaran oleh Guru PKn kelas XI A melalui Model Pembelajaran Value Clarification Technique, yaitu Susunan dan komponen dalam Perencanaan Pembelajaran tersebut sudah sesuai dengan Kurikulum 2013 revisi 2017 sebagaimana yang sudah ditetapkan oleh pemerintah. (2) Pelaksanaan dan penerapan Model Pembelajaran Value Clarification Technique sudah mampu meningkatkan civic skills pesertadidik yang dapat dilihat dari adanya peningkatan pada kualitas pengerjaan Tugas, Keaktifan dalam kelas, berani bertanya, Mampu mengemukakan pendapat, mampu Menyelesaikan soal latihan dan Soal ulangan, serta peningkatan civic skills yang dapat dilihat dari adanya Perubahan perilaku pada pesertadidik yang mampu diterapkan dalam lingkungan sekolah dan kehidupannya sehari-hari. Kata Kunci : Model Pembelajaran Value Clarification Technique, Civic Skills, Mata Pelajaran PKn
Item Type: | Thesis (Skripsi(S1)) |
---|---|
Subjects: | S1-Skripsi |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > PPKN 2018 |
Depositing User: | Mr Bayu Anggi Pranata |
Date Deposited: | 13 Sep 2019 07:29 |
Last Modified: | 13 Sep 2019 07:29 |
URI: | http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/43415 |
Actions (login required)
View Item |