PEMBELAJARAN MENELAAH TEKS ULASAN FILM YANG BERORIENTASI PADA KAIDAH KEBAHASAAN DENGAN MENGGUNAKAN METODE INKUIRI TERBIMBING PADA SISWA KELAS VIII SMP PASUNDAN 3 BANDUNG TAHUN PELAJARAN 2018/2019

Siti Dalfa Lutpiah, 155030128 (2019) PEMBELAJARAN MENELAAH TEKS ULASAN FILM YANG BERORIENTASI PADA KAIDAH KEBAHASAAN DENGAN MENGGUNAKAN METODE INKUIRI TERBIMBING PADA SISWA KELAS VIII SMP PASUNDAN 3 BANDUNG TAHUN PELAJARAN 2018/2019. Skripsi(S1) thesis, FKIP UNPAS.

[img]
Preview
Text
COVER.pdf

Download (209kB) | Preview
[img]
Preview
Text
LEMBAR PENGESAHAN.pdf

Download (58kB) | Preview
[img]
Preview
Text
ABSTRAK INDONESIA.pdf

Download (180kB) | Preview
[img]
Preview
Text
ABSTRAK B.INGGRIS.pdf

Download (180kB) | Preview
[img]
Preview
Text
ABSTRAK B.SUNDA.pdf

Download (180kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (331kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II.pdf

Download (382kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB III .pdf

Download (756kB) | Preview
[img] Text
BAB IV .pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (289kB)
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (260kB) | Preview
Official URL: http://fkip.unpas.ac.id/

Abstract

Menelaah kaidah kebahasaan teks ulasan film merupakan salah satu kompetensi yang wajib dikuasai oleh peserta didik kelas VIII SMP. Dalam mengaplikasikan pembelajaran menelaah kaidah kebahasaan teks ulasan, penulis menggunakan metode Inkuiri Terbimbing untuk menguji kemampuan peserta didik kelas VIII SMP Pasundan 3 Bandung. Desain penelitian yang digunakan dalam penelitian ini yaitu true eksperimental dengan teknik penelitian telaah pustaka, observasi, uji coba, dan tes. Adapun hasil penelitiannya sebagai berikut: 1) Nilai rata-rata perencanaan dan pelaksanaan pembelajaran yang diperoleh penulis sebesar 3,22. 2) nilai rata-rata pretes kelas eksperimen adalah 19,30 dan nilai rata-rata postesnya adalah 76,63. sedangkan untuk kelas kontrol rata-rata pretes nya adalah 15,36 dan nilai rata-rata postesnya adalah 51,66. 3) Terdapat kenaikan signifikan pada hasil belajar peserta didik kelas VIII sebagai kelas eksperimen dibandingkan peserta didik kelas kontrol. Hal tersebut dibuktikan pada uji wilcoxon signed rank dengan hasil jumlah rangking kelas eksperimen sebesar 435,00 > 431,00. 4) Metode Inkuiri Terbimbing lebih efektif dikarenakan hitungan Uji Man-Whitney (Gain) dengan hasil signifikasi 0,000. 5) terdapat perbedaan keefektifan metode Inkuiri Terbimbing dari hasil N-Gain Score untuk kelas eksperimen (metode Inkuiri Terbimbing) sebesar 69,39 kategori cukup efektif. Sementara untuk nilai rata-rata N-gain score kelas kontrol (metode example non-example) sebesar 42,85 kategori tidak efektif. Kata kunci: Menelaah teks ulasan film, Inkuiri Terbimbing.

Item Type: Thesis (Skripsi(S1))
Subjects: S1-Skripsi
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Bahasa Indonesia 2018
Depositing User: Mr Bayu Anggi Pranata
Date Deposited: 09 Sep 2019 07:00
Last Modified: 09 Sep 2019 07:00
URI: http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/43119

Actions (login required)

View Item View Item