Siti Dalfa Lutpiah, 155030128 (2019) PEMBELAJARAN MENELAAH TEKS ULASAN FILM YANG BERORIENTASI PADA KAIDAH KEBAHASAAN DENGAN MENGGUNAKAN METODE INKUIRI TERBIMBING PADA SISWA KELAS VIII SMP PASUNDAN 3 BANDUNG TAHUN PELAJARAN 2018/2019. Skripsi(S1) thesis, FKIP UNPAS.
|
Text
COVER.pdf Download (209kB) | Preview |
|
|
Text
LEMBAR PENGESAHAN.pdf Download (58kB) | Preview |
|
|
Text
ABSTRAK INDONESIA.pdf Download (180kB) | Preview |
|
|
Text
ABSTRAK B.INGGRIS.pdf Download (180kB) | Preview |
|
|
Text
ABSTRAK B.SUNDA.pdf Download (180kB) | Preview |
|
|
Text
BAB I.pdf Download (331kB) | Preview |
|
|
Text
BAB II.pdf Download (382kB) | Preview |
|
|
Text
BAB III .pdf Download (756kB) | Preview |
|
Text
BAB IV .pdf Restricted to Repository staff only Download (1MB) |
||
Text
BAB V.pdf Restricted to Repository staff only Download (289kB) |
||
|
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (260kB) | Preview |
Abstract
Menelaah kaidah kebahasaan teks ulasan film merupakan salah satu kompetensi yang wajib dikuasai oleh peserta didik kelas VIII SMP. Dalam mengaplikasikan pembelajaran menelaah kaidah kebahasaan teks ulasan, penulis menggunakan metode Inkuiri Terbimbing untuk menguji kemampuan peserta didik kelas VIII SMP Pasundan 3 Bandung. Desain penelitian yang digunakan dalam penelitian ini yaitu true eksperimental dengan teknik penelitian telaah pustaka, observasi, uji coba, dan tes. Adapun hasil penelitiannya sebagai berikut: 1) Nilai rata-rata perencanaan dan pelaksanaan pembelajaran yang diperoleh penulis sebesar 3,22. 2) nilai rata-rata pretes kelas eksperimen adalah 19,30 dan nilai rata-rata postesnya adalah 76,63. sedangkan untuk kelas kontrol rata-rata pretes nya adalah 15,36 dan nilai rata-rata postesnya adalah 51,66. 3) Terdapat kenaikan signifikan pada hasil belajar peserta didik kelas VIII sebagai kelas eksperimen dibandingkan peserta didik kelas kontrol. Hal tersebut dibuktikan pada uji wilcoxon signed rank dengan hasil jumlah rangking kelas eksperimen sebesar 435,00 > 431,00. 4) Metode Inkuiri Terbimbing lebih efektif dikarenakan hitungan Uji Man-Whitney (Gain) dengan hasil signifikasi 0,000. 5) terdapat perbedaan keefektifan metode Inkuiri Terbimbing dari hasil N-Gain Score untuk kelas eksperimen (metode Inkuiri Terbimbing) sebesar 69,39 kategori cukup efektif. Sementara untuk nilai rata-rata N-gain score kelas kontrol (metode example non-example) sebesar 42,85 kategori tidak efektif. Kata kunci: Menelaah teks ulasan film, Inkuiri Terbimbing.
Item Type: | Thesis (Skripsi(S1)) |
---|---|
Subjects: | S1-Skripsi |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Bahasa Indonesia 2018 |
Depositing User: | Mr Bayu Anggi Pranata |
Date Deposited: | 09 Sep 2019 07:00 |
Last Modified: | 09 Sep 2019 07:00 |
URI: | http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/43119 |
Actions (login required)
View Item |