NURUL FADILAH AISYAH, 155030071 (2019) PEMBELAJARAN MENGANALISIS ISI DAN KEBAHASAAN TEKS DRAMA BERFOKUS PADA PENGGAMBARAN PERISTIWA SERTA URUTAN WAKTU MENGGUNAKAN METODE COOPERATIVE INTEGRATED READING AND COMPOSITION (CIRC) DI KELAS XI SMKN 11 BANDUNG TAHUN PELAJARAN 2018/2019. Skripsi(S1) thesis, FKIP UNPAS.
|
Text
1 COVER.pdf Download (104kB) | Preview |
|
|
Text
2 Lembar pengesahan .pdf Download (3MB) | Preview |
|
|
Text
6 ABSTRAK.pdf Download (88kB) | Preview |
|
|
Text
7 ABSTACT.pdf Download (87kB) | Preview |
|
|
Text
8 RINGKESAN.pdf Download (87kB) | Preview |
|
|
Text
14 BAB I.pdf Download (243kB) | Preview |
|
|
Text
15 BAB II.pdf Download (287kB) | Preview |
|
|
Text
16 BAB III.pdf Download (323kB) | Preview |
|
Text
17 BAB IV HASIL PENELITIAN DAN PEMBAHASAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (2MB) |
||
Text
18 BAB V SIMPULAN DAN SARAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (98kB) |
||
|
Text
19 DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (91kB) | Preview |
Abstract
Menganalisis isi dan kebahasaan teks drama berfokus pada penggambaran peristiwa serta urutan waktu adalah kegiatan untuk memahami isi dan kebahasaan teks drama melalui kegiatan analisis. Penelitian ini bertujuan untuk menggambarkan kemampuan peserta didik dalam pembelajaran tersebut. Metode Cooperative Integrated Reading and Composition (CIRC) merupakan metode yang bertujuan untuk meningkatkan kemampuan peserta didik dalam menentukan ide pokok atau memahami isi bacaan. Metode penelitian yang digunakan yaitu metode eksperimen kuasi, yang terdiri dari kelas eksperimen dan kontrol. Adapun hasil penelitian, yaitu: 1) Penulis mampu dalam merencanakan, melaksanakan, dan mengevaluasi kegiatan pembelajaran menganalisis isi dan kebahasa an teks drama berfokus pada penggambaran peristiwa serta urutan waktu menggunakan metode Cooperative Integrated Reading and Composition (CIRC) pada peserta didik kelas XI SMKN 11 Bandung dengan nilai perencanaan 3,6 dan pelaksanaan 3,6. 2) Peserta didik tidak mampu menganalisis isi dan kebahasaan teks drama berfokus pada penggambaran peristiwa serta urutan waktu dengan nilai rata-rata pretes 26,47 dan 22,69. 3) Peserta didik mampu menganalisis isi dan kebahasaan teks drama berfokus pada penggambaran peristi wa serta urutan waktu menggunakan metode Cooperative Integrated Reading and Composition (CIRC) dengan nilai rata-rata pretes 26,47 dan postes 83,08 terjadi peningkatan. 4) Ada perbedaan kemampuan peserta didik dalam pembelajaran menganalisis isi dan kebahasaan teks drama berfokus pada penggambaran peristiwa serta urutan waktu menggunakan metode Cooperative Integrated Reading and Composition (CIRC) pada kelas eksperimen dan metode diskusi pada kelas kontrol. Hal ini dibuktikan dengan nilai rata-rata postes 83,08 dan 65,90. Hal ini diperkuat dengan perhitungan independent t tes bahwa sig. (2 tailed) pada equal variance assumed sebesar 0,000 < 0,05 dan equal variances not assumed sebesar 0,000 < 0,05. 5) Metode Cooperative Integrated Reading and Composition (CIRC) merupakan metode yang efektif dalam pembelajaran menganalisis isi dan kebahasaan teks drama berfokus pada penggambaran peristiwa serta urutan waktu. Hal ini dibuktikan dengan rata-rata gain 56,60. Kata kunci: Menganalisis, teks drama, peristiwa, waktu, metode CIRC.
Item Type: | Thesis (Skripsi(S1)) |
---|---|
Subjects: | S1-Skripsi |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Bahasa Indonesia 2018 |
Depositing User: | Mr Bayu Anggi Pranata |
Date Deposited: | 06 Sep 2019 07:10 |
Last Modified: | 06 Sep 2019 07:10 |
URI: | http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/43006 |
Actions (login required)
View Item |