ANNISA LESYIANA HERAWATI, 155030085 (2019) PEMBELAJARAN MENULIS DRAMA BERORIENTASI PADA STRUKTUR DAN KAIDAH KEBAHASAAN MENGGUNAKAN TEKNIK PERMAINAN KOTAK ISU PADA SISWA KELAS VIII SMP NEGERI 3 CIKANCUNG TAHUN PELAJARAN 2018/2019. Skripsi(S1) thesis, FKIP UNPAS.
|
Text
Cover Skripsi.pdf Download (103kB) | Preview |
|
|
Text
Lembar Pengesahan.pdf Download (57kB) | Preview |
|
|
Text
Abstrak Bahasa Indonesia.pdf Download (112kB) | Preview |
|
|
Text
Abstrak Bahasa Inggris.pdf Download (64kB) | Preview |
|
|
Text
Abstrak Bahasa Sunda.pdf Download (67kB) | Preview |
|
|
Text
Bab 1.pdf Download (146kB) | Preview |
|
|
Text
Bab 2.pdf Download (159kB) | Preview |
|
|
Text
Bab 3.pdf Download (251kB) | Preview |
|
Text
Bab 4.pdf Restricted to Repository staff only Download (1MB) |
||
Text
Bab 5.pdf Restricted to Repository staff only Download (104kB) |
||
|
Text
Daftar Pustaka.pdf Download (89kB) | Preview |
Abstract
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya minat peserta didik dalam kegiatan menulis khususnya menulis drama berorientasi pada struktur dan kaidah kebahasaan. Usaha untuk meningkatkan kemampuan menulis drama ini menggunakan teknik permainan kotak isu. Teknik permainan kotak isu adalah metode yang digunakan untuk menguji kemampuan peserta didik dalam mengemukakan pendapat dengan rasa percaya diri. Penulis tertarik mengangkat judul skripsi “Pembelajaran Menulis Drama Berorientasi pada Struktur dan Kaidah Kebahasaan Menggunakan Teknik Permainan Kotak Isu pada Siswa Kelas VIII SMP Negeri 3 Cikancung Tahun Pelajaran 2018/2019”. Metode penelitian yang digunakan Quasi Experimental yaitu Nonequivalent Control Group Design, yang terdiri dari kelas eksperimen dan kontrol. Hal ini terbukti dengan hasil nilai yang didapat penulis dari pendidik mata pelajaran terkait sebesar 3,65 dengan kategori sangat baik (A) pada kelas eksperimen dan 3,6 dengan kategori sangat baik (A) pada kelas kontrol. Peserta didik kelas VIII SMP Negeri 3 Cikancung mampu menulis naskah drama menggunakan teknik permainan kotak isu berorientasi pada struktur dan kaidah kebahasaan. Hal ini terbukti dari hasil nilai rata-rata prates pada kelas eksperimen sebesar 56,4 dan nilai rata-rata pascates sebesar 84,8. Sedangkan nilai rata-rata prates pada kelas kontrol sebesar 39,8 dan nilai rata-rata pascates sebesar 56,7. Nilai tersebut menunjukkan, bahwa terjadi peningkatan pada kelas eksperimen sebesar 28,4 dan peningkatan pada kelas kontrol sebesar 16,9. Teknik permainan kotak isu efektif digunakan. Hal ini dapat dibuktikan dari hasil perhitungan statistik dengan hasil Asymp. Sig. (2-tailed) sebesar 0,001 < 0,05. Dengan demikian, penulis dapat menyimpulkan, bahwa adanya keberhasilan dalam penelitian tersebut. Kata Kunci: Drama, Kaidah Kebahasaan, Kotak Isu, Menulis, Pembelajaran, Struktur.
Item Type: | Thesis (Skripsi(S1)) |
---|---|
Subjects: | S1-Skripsi |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Bahasa Indonesia 2018 |
Depositing User: | Mr Bayu Anggi Pranata |
Date Deposited: | 05 Sep 2019 10:21 |
Last Modified: | 05 Sep 2019 10:21 |
URI: | http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/42934 |
Actions (login required)
View Item |