PENGARUH BLENDED LEARNING MENGGUNAKAN APLIKASI WHATSAPP DALAM MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERPIKIR KREATIF SISWA PADA POKOK MATERI JARINGAN HEWAN

PUTRI INTAN PERMATA, 155040067 (2019) PENGARUH BLENDED LEARNING MENGGUNAKAN APLIKASI WHATSAPP DALAM MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERPIKIR KREATIF SISWA PADA POKOK MATERI JARINGAN HEWAN. Skripsi(S1) thesis, FKIP UNPAS.

[img]
Preview
Text
1. COVER.pdf

Download (49kB) | Preview
[img]
Preview
Text
pengesahan f.pdf

Download (55kB) | Preview
[img]
Preview
Text
7. ABSTRAK INDONESIA.pdf

Download (32kB) | Preview
[img]
Preview
Text
9. ABSTRAK SUNDA.pdf

Download (32kB) | Preview
[img]
Preview
Text
8. ABSTRAK INGGRIS.pdf

Download (88kB) | Preview
[img]
Preview
Text
14. BAB I.pdf

Download (128kB) | Preview
[img]
Preview
Text
15. BAB II.pdf

Download (471kB) | Preview
[img]
Preview
Text
16. BAB III.pdf

Download (295kB) | Preview
[img] Text
17. BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (497kB)
[img] Text
18. BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (83kB)
[img]
Preview
Text
19. DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (164kB) | Preview
Official URL: http://fkip.unpas.ac.id/

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah Blended Learning menggunakan aplikasi Whatsapp memiliki pengaruh dalam meningkatkan kemampuan berpikir kreatif siswa pada konsep Jaringan Hewan. Subjek pada penelitian ini yaitu kelas XI MIPA di SMA Pasundan 1 Bandung, yang dijadikan sebagai sampel adalah siswa sebanyak 29 orang dengan menggunakan teknik Purposive Sampling. Metode penelitian yang digunakan adalah Pre-Experimental dengan desain penelitian One Group Pretest-Posttest Design. Data hasil penelitian diperoleh dengan pretest, posttest, LKPD, serta angket. Instrumen yang digunakan untuk menguji kemampuan berpikir kreatif siswa berupa soal uraian (essay) sebanyak 5 butir. Dari hasil penelitian diperoleh nilai rata-rata pretest 56.55 dan nilai rata-rata posttest 85.86 dengan nilai N-Gain tertinggi 1.00 dan nilai N-Gain terendah 0.43. Hal ini menunjukkan bahwa kemampuan berpikir kreatif siswa mengalami peningkatan dilihat dari hasil nilai rata-rata pretest, posttest, LKPD dan angket. Demikian dapat disimpulkan bahwa kemampuan berpikir kreatif pada siswa dapat meningkat melalui pembelajaran Blended Learning menggunakan aplikasi Whatsapp pada konsep Jaringan Hewan. Kata Kunci: Kemampuan Berpikir Kreatif, Blended Learning, Aplikasi Whatsapp, Jaringan Hewan

Item Type: Thesis (Skripsi(S1))
Subjects: S1-Skripsi
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Biologi 2018
Depositing User: Mr Bayu Anggi Pranata
Date Deposited: 05 Sep 2019 09:29
Last Modified: 05 Sep 2019 09:29
URI: http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/42929

Actions (login required)

View Item View Item