PEMBELAJARAN MENYAJIKAN TEKS EKSPLANASI DENGAN MEMPERHATIKAN KAIDAH KEBAHASAAN MENGGUNAKAN METODE MIND MAPPING PADA PESERTA DIDIK KELAS VIII SMP NEGERI 25 BANDUNG TAHUN PELAJARAN 2018/2019

ANITA FIRLIE AMALIA, 155030131 (2019) PEMBELAJARAN MENYAJIKAN TEKS EKSPLANASI DENGAN MEMPERHATIKAN KAIDAH KEBAHASAAN MENGGUNAKAN METODE MIND MAPPING PADA PESERTA DIDIK KELAS VIII SMP NEGERI 25 BANDUNG TAHUN PELAJARAN 2018/2019. Skripsi(S1) thesis, FKIP UNPAS.

[img]
Preview
Text
cover.pdf

Download (110kB) | Preview
[img]
Preview
Text
LEMBAR PENGESAHAN FIX.pdf

Download (42kB) | Preview
[img]
Preview
Text
abstrak.pdf

Download (89kB) | Preview
[img]
Preview
Text
abstrak inggris.pdf

Download (88kB) | Preview
[img]
Preview
Text
abstrak sunda.pdf

Download (88kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (242kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II.pdf

Download (288kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB III.pdf

Download (487kB) | Preview
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (200kB)
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (105kB) | Preview
Official URL: http://fkip.unpas.ac.id/

Abstract

Penel itian ini dilatarbelakangi oleh k urangnya minat peserta didik dalam keterampilan menulis terutama pada teks eksplanasi disebabkan kurangnya kemampuan menuangkan ide dalam bentuk tulisan dan penggunaan metode pembelajaran yang konvensional. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui kemampuan penulis dalam merencanakan, melaksanakan, dan mengevaluasi pembelajaran menyajikan teks eksplanasi dengan memperhatikan kaidah kebahasaan menggunakan metode mind mapping; mengetahui kemampuan peserta didik kelas ekperimen dalam pembelajaran menyajikan teks eksplanasi dengan memperhatikan kaidah kebahasaan menggunakan metode mind mapping dibandingkan kelas kontrol ; mengetahui hasil belajar peserta didik kelas ekperimen dalam pembelajaran menyajikan teks eksplanasi dengan memperhatikan kaidah kebahasaan menggunakan metode mind mapping dibandingkan kelas kontrol ; mengetahui keefektif an metode mind mapping yang digunakan dalam pembelajaran menyajikan teks eksplanasi dengan memperhatikan kaidah kebahasaan; dan mengetahui perbedaan keefektifan metode mind mapping dibandingkan metode example non-example. Metode yang digunakan pada penelitian ini adalah eksperimen dengan desain kuasi eksperimental. Teknik pengumpulan data yang digunakan antara lain: telaah pustaka, observasi, uji coba, tes, dan analisis. Adapun hasil penelitian yaitu, penulis mampu dalam merencanakan pembelajaran dengan memperoleh nilai sebesar 3,57 berkategori sangat baik, dan mampu melaksanakan serta mengevaluasi pembelajaran dengan memperoleh nilai 3,51 berkategori sangat baik. Kemampuan peserta didik kelas eksperimen lebih tinggi dibandingkan kelas kontrol dengan rata- rata hasil pretes 35,31 > 33,10 dan rata- rata hasil postes 76,06 > 56,55. Hasil belajar peserta didik kelas eksperimen lebih meningkat dibandingkan kelas kontrol den gan hasil peningkatan sebesar 435,00 > 431,00. Metode mind mapping efektif digunakan pada kelas eksperimen dibandingkan metode example non-example pada kelas kontrol. Hal ini dibuktikan pada Uji Mann-Whitney (Gain) yang membuktikan hasil signifikasi 0,000. Apabila nilai sig 0,00 0 < 0,05, maka hipotesis diterima. Berdasarkan hasil tersebut peneliti menyimpulkan bahwa metode mind mapping efektif digunakan pada pembelajaran menyajikan teks eksplanasi den gan memperhatikan kaidah kebahasaan. Kata Kunci: eksplanasi , kebahasaan, m enulis, mind mapping, teks.

Item Type: Thesis (Skripsi(S1))
Subjects: S1-Skripsi
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Bahasa Indonesia 2018
Depositing User: Mr Bayu Anggi Pranata
Date Deposited: 04 Sep 2019 07:40
Last Modified: 04 Sep 2019 07:40
URI: http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/42829

Actions (login required)

View Item View Item