ANNISA FITRIANI, 155030036 (2019) PENERAPAN METODE PARTISIPATORI DALAM PEMBELAJARAN MEMPERTUNJUKKAN TOKOH DALAM DRAMA PADA SISWA KELAS XI SMA NEGERI 2 PADALARANG TAHUN PELAJARAN 2018/2019. Skripsi(S1) thesis, FKIP UNPAS.
|
Text
COVER.pdf Download (17kB) | Preview |
|
|
Text
LEMBAR PENGESAHAN.pdf Download (52kB) | Preview |
|
|
Text
ABSTRAK.pdf Download (7kB) | Preview |
|
|
Text
ABSTRACT.pdf Download (104kB) | Preview |
|
|
Text
ABSTRAK SUNDA.pdf Download (8kB) | Preview |
|
|
Text
BAB 1.pdf Download (158kB) | Preview |
|
|
Text
BAB 2.pdf Download (226kB) | Preview |
|
|
Text
BAB 3.pdf Download (546kB) | Preview |
|
Text
BAB 4.pdf Restricted to Repository staff only Download (1MB) |
||
Text
BAB 5.pdf Restricted to Repository staff only Download (15kB) |
||
|
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (11kB) | Preview |
Abstract
Mempertunjukkan tokoh dalam drama adalah salah satu pembelajaran yang menun-tut dan melatih kemampuan berbicara dan kemampuan bermain peran pada peserta didik. Pada penelitian ini, peneliti bertujuan untuk mengetahui kemampuan peserta didik dalam mempertunjukkan tokoh dalam drama. Pemasalahan yang timbul da-lam pembelajaran ini dikarenakan kurangnya kemampuan peserta didik dalam kete-rampilan berbicara. Keterampilan berbicara menjadi faktor utama dalam keberhasi-lan pembelajaran mempertunjukkan tokoh dalam drama. Tidak hanya itu, kemam-puan peserta didik dalam bermain peran juga masih kurang. Berdasarkan permasa-lahan tersebut, peneliti menerapkan metode partisipatori sebagai solusinya. Adapun hasil dari penelitiannya, yaitu: (1) Peneliti mampu merencanakan, melaksanakan, dan menilai pembelajaran mempertunjukan tokoh dalam drama pada peserta didik kelas XI SMA Negeri 2 Padalarang dengan menggunakan metode partisipatori. Hal ini dibuktikan berdasarkan hasil penilaian perencanaan pembelajaran yang diper-oleh peneliti sebesar 3,93 dan nilai pelaksanaan pembelajaran sebesar 3,94. (2) Pe-serta didik kelas XI SMA Negeri 2 Padalarang mampu melaksanakan pembelajaran mempertunjukkan tokoh dalam drama. Hal tersebut dapat dibuktikan melalui hasil observasi sikap peserta didik serta hasil penilaian pada pretes dan postes yang mem-peroleh rata-rata nilai untuk sikap spiritual sebesar 3,6 dan untuk sikap sosial sebe-sar 3,28. Adapun untuk penilaian pretes kelas eksperimen memperoleh hasil dengan rata-rata 61,25, sedangkan untuk kelas kontrol memperoleh hasil dengan rata-rata 58,95. (3) Metode partisipatori efektif digunakan pada pembelajaran mempertun-jukkan tokoh dalam drama. Hal tersebut dibuktikan dengan hasil Uji Mann-Whitney yang memperoleh nilai Asymp. Sig. (2-tailed) sebesar 0.000. Artinya, terdapat hasil yang yang signifikan antara kelas kontrol yang menggunakan metode diskusi de-ngan kelas eksperimen yang menggunakan metode partisipatori. Berdasarkan hasil penelitian tersebut, maka dapat disimpulkan bahwa hipotesis peneliti dapat diterima dan penelitian dinyatakan berhasil. Kata kunci: Mempertunjukkan, Metode Partisipatori, tokoh drama.
Item Type: | Thesis (Skripsi(S1)) |
---|---|
Subjects: | S1-Skripsi |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Bahasa Indonesia 2018 |
Depositing User: | Mr Bayu Anggi Pranata |
Date Deposited: | 04 Sep 2019 07:15 |
Last Modified: | 04 Sep 2019 07:15 |
URI: | http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/42819 |
Actions (login required)
View Item |