Septinia Zahirah Nuraida, 155030006 (2019) PEMBELAJARAN MENULIS PUISI DENGAN MEMERHATIKAN UNSUR PEMBANGUNNYA MENGGUNAKAN METODE WRITING IN THE HERE AND NOW PADA KELAS X SMA NEGERI 1 SITURAJA SUMEDANG TAHUN AJARAN 2018/2019. Skripsi(S1) thesis, FKIP UNPAS.
|
Text
cover.pdf Download (206kB) | Preview |
|
|
Text
Lembar Pengesahan.pdf Download (54kB) | Preview |
|
|
Text
ABSTRAK BI.pdf Download (146kB) | Preview |
|
|
Text
ABSTRAK B.INGGRIS.pdf Download (145kB) | Preview |
|
|
Text
ABSTRAK B.SUNDA.pdf Download (146kB) | Preview |
|
|
Text
BAB I.pdf Download (324kB) | Preview |
|
|
Text
BAB II.pdf Download (374kB) | Preview |
|
|
Text
BAB III.pdf Download (858kB) | Preview |
|
Text
BAB IV.pdf Restricted to Repository staff only Download (3MB) |
||
Text
BAB V.pdf Restricted to Repository staff only Download (189kB) |
||
|
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (188kB) | Preview |
Abstract
Pembelajaran menulis puisi berkaitan dengan keterampilan menulis, yaitu menulis puisi dengan memerhatikan unsur pembangun puisi seperti tema, diksi, imaji, gaya bahasa, perwajahan dengan menggunakan metode writing in the here and now yang bertujuan untuk mempermudah peserta didik untuk menulis puisi. Sehubungan dengan hal tersebut maka peneliti tertarik untuk meneliti tentang pembelajaran meulis pusi dengan memerhatikan unsur pembangunnya meng-gunakan metode writing in the here and now pada kelas X SMA Negeri 1 Situraja Sumedang tahun ajar 2018/2019. Adapun hasil penelitiannya sebagai berikut: 1) Peneliti mampu merencanakan, melaksanakan, dan mengevaluasi pembelajaran menulis puisi dengan menggunakan metode writing in the here and now. Hal ini dapat dibuktikan pada hasil penilain yang diberikan guru mata pelajaran bahasa Indonesia mengenai perencanaan dan pelaksanaan pembelajaran pada peserta didik kelas X IPS 2 dan X IPS 3. Peneliti mendapat nilai nilai rata-rata perencanaan dan pelaksanaan pembelajaran sebesar 3,65. 2) Hasil belajar peserta didik kelas eksperimen dalam pembelajaran menulis puisis dengan memerhatikan unsur pembangunnya lebih meningkat dibandingkan peserta didik kelas kontrol yang menggunakan metode diskusi dengan hasil jumlah ranking kelas eksperimen sebesar 435,00 > 378,00. Nilai Asymp.Sig. (-2 tailed) menunjukkan 0,000. Nilai 0,000 < 0,05, sehingga kemampuan peserta didik kelas eksperimen lebih baik dibandingkan kelas kontrol. 3) Hasil test statistics dalam uji Mann-Whitney (Gain) di atas, dapat kita ketahui bahwa nilai Asymp.Sig. (2-tailed) sebesar 0,000 lebih kecil dari nilai 0,05. Oleh karena itu, hipotesis diterima. Demikian adanya per-bedaan signifikan dari hasil belajar peserta didik yang menggunakan metode writing in the here and now dengan metode diskusi dalam pembelajaran menulis puisi dengan memerhatikan unsur pembangunnya. Berdasarkan pemaparan tersebut, maka dapat disimpulkan bahwa pembelajaran menulis puisi dengan menggunakan metode writing in the here and now menunjukkan keberhasilan. Kata kunci: Metode writing in the here and now, keterampilan menulis, pembelajaran puisi.
Item Type: | Thesis (Skripsi(S1)) |
---|---|
Subjects: | S1-Skripsi |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Bahasa Indonesia 2018 |
Depositing User: | Mr Bayu Anggi Pranata |
Date Deposited: | 04 Sep 2019 03:16 |
Last Modified: | 04 Sep 2019 03:16 |
URI: | http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/42779 |
Actions (login required)
View Item |