PENGARUH KOMPETENSI PEDAGOGIK TERHADAP KINERJA GURU SEKOLAH DASAR DI KECAMATAN TARAJU KABUPATEN TASIKMALAYA

Aril Nurdiansyah, 165060175 (2019) PENGARUH KOMPETENSI PEDAGOGIK TERHADAP KINERJA GURU SEKOLAH DASAR DI KECAMATAN TARAJU KABUPATEN TASIKMALAYA. Skripsi(S1) thesis, FKIP UNPAS.

[img]
Preview
Text
1. COVER.pdf

Download (182kB) | Preview
[img]
Preview
Text
2. LEMBAR PENGESAHAN SKRIPSI.pdf

Download (130kB) | Preview
[img]
Preview
Text
7. ABSTRAK (Bahasa Indonesia).pdf

Download (86kB) | Preview
[img]
Preview
Text
7. ABSTRAK (Bahasa Inggris).pdf

Download (86kB) | Preview
[img]
Preview
Text
7. ABSTRAK (Bahasa Sunda).pdf

Download (86kB) | Preview
[img]
Preview
Text
9. BAB I.pdf

Download (175kB) | Preview
[img]
Preview
Text
10. BAB II.pdf

Download (349kB) | Preview
[img]
Preview
Text
11. BAB III.pdf

Download (589kB) | Preview
[img] Text
12. BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (696kB)
[img] Text
13. BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (150kB)
[img]
Preview
Text
14. DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (182kB) | Preview
Official URL: http://fkip.unpas.ac.id/

Abstract

PENGARUH KOMPETENSI PEDAGOGIK TERHADAP KINERJA GURU SEKOLAH DASAR DI KECAMATAN TARAJU KABUPATEN TASIKMALAYA Oleh Aril Nurdiansyah 165060175 ABSTRAK Kinerja guru dalam mengajar merupakan prestasi kerja guru selama melakukan tugas dan tanggungjawabnya sebagai pengajar di kelas. Salah satu faktor yang mempengaruhi kinerja guru yaitu kompetensi pedagogik. Kompetensi pedagogik merupakan salah satu kompetensi guru dimana kompetensi ini sangat berperan dalam keberhasilan proses belajar mengajar. Perbedaan kompetensi yang dimiliki oleh guru menyebabkan kinerja masing-masing guru juga berbeda. Seperti halnya guru Sekolah Dasar di Kecamatan Taraju Kabupaten Tasikmalaya. Berdasarkan latar belakang masalah tersebut, dalam penelitian ini akan dibahas mengenai, (1) tingkat kompetensi pedagogik guru, (2) tingkat kinerja guru, (3) pengaruh kompetensi pedagogik terhadap kinerja guru, (4) seberapa besar pengaruh kompetensi pedagogik terhadap kinerja guru. Penelitian ini menggunakan metode survey deskriptif dengan pendekatan kuantitatif. Populasi dalam penelitan yaitu seluruh guru Sekolah Dasar di Kecamatan Taraju Kabupaten Tasikmalaya yang berjumlah 60 guru. Sampel penelitian sebanyak 60 guru yang ditentukan menggunakan teknik Total Sampling. Variabel penelitian yang menjadi kajian dalam penelitian ini meliputi kompetensi pedagogik sebagai variabel bebas dan kinerja guru dalam mengajar sebagai variabel terikat. Teknik pengumpulan data penelitian ini menggunakan angket, wawancara dan dokumentasi. Perhitungan uji prasyarat analisis menunjukkan bahwa data berdistribusi normal dan linier sehingga teknik pengujian hipotesis menggunakan analisis regresi linier sederhana. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) tingkat kompetensi pedagogik guru dalam kategori tinggi dengan persentasenya sebesar 80,95%, (2) tingkat kinerja guru dalam mengajar termasuk dalam kategori tinggi dengan persentasenya sebesar 85,09%, (3) ada pengaruh yang signifikan kompetensi pedagogik terhadap kinerja guru Sekolah Dasar di Kecamatan Taraju Kabupaten Tasikmalaya yang ditunjukkan dengan nilai signifikansi sebesar 0,002 lebih kecil dari 0,05 maka Ho ditolak dan Ha diterima. (4) besarnya jumlah sumbangan kompetensi pedagogik terhadap kinerja guru Sekolah Dasar Di Kecamatan Taraju Kabupaten Tasikmalaya sebanyak 63,3%, yang ditunjukkan dengan nilai koefisien determinasi (R2) yaitu 0,633. Kata kunci: Kompetensi Pedagogik, Kinerja Guru

Item Type: Thesis (Skripsi(S1))
Subjects: S1-Skripsi
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > PGSD 2018
Depositing User: Mr Bayu Anggi Pranata
Date Deposited: 04 Mar 2019 08:09
Last Modified: 04 Mar 2019 08:09
URI: http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/41090

Actions (login required)

View Item View Item