PENERAPAN METODE PENEMUAN UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA PADA PEMBELAJARAN IPA (Penelitian Tindakan Kelas pada Materi perubahan sifat benda di Kelas V SD Negeri Pasirkaliki V Kecamatan Cimahi Utara Kota Cimahi)

RINI HENDRAWATI SOLIHAT, 115060128 (2018) PENERAPAN METODE PENEMUAN UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA PADA PEMBELAJARAN IPA (Penelitian Tindakan Kelas pada Materi perubahan sifat benda di Kelas V SD Negeri Pasirkaliki V Kecamatan Cimahi Utara Kota Cimahi). Skripsi(S1) thesis, FKIP UNPAS.

[img]
Preview
Text
COVER.pdf

Download (26kB) | Preview
[img]
Preview
Text
ABSTRAK INDONESIA.pdf

Download (5kB) | Preview
[img]
Preview
Text
ABSTRAK INGGRIS.pdf

Download (5kB) | Preview
[img]
Preview
Text
ABSTRAK SUNDA.pdf

Download (5kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB 1 ok.pdf

Download (52kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II Ok.pdf

Download (113kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB III Ok.pdf

Download (103kB) | Preview
[img] Text
BAB IV ok.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (142kB)
[img] Text
BAB V ok.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (22kB)
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (40kB) | Preview
Official URL: http://fkip.unpas.ac.id/

Abstract

Penelitian yang berjudul Penerapan Metode Penemuan untuk meningkatkan Hasil Belajar siswa pada Pembelajaran IPA, dilatar belakangi oleh permasalahan yang ada di lapangan yaitu hasil belajar siswa yang belum memenuhi KKM yang telah ditetapkan sehingga menyebabkan sehingga menyebabkan rendahnya kemapuan siswa. hal ini disebabkan oleh guru yang masih menggunakan metode konvensional atau metode ceramah saat pembelajaran. Desain penelitian ini menggunakan model PTK yang terdiri dari 2 siklus. Setiap siklus terdiri dari perencanaan, pelaksanaan tindakan, observasi dan refleksi. Hasil penelitian menunjukan adanya peningkatan nilai rata-rata hasil belajar siswa pada siklus I dengan 64,2% sedang siklus II yang merupakan perbaikan dari siklus I hasil belajar siswa mengalami peningkatan dengan 96,4% sangat baik. Hal ini dikarenakan pada pembelajaran IPA menerapkan metode pembelajaran Inkuiri sehingga hasil belajar siswa meningkat. Kesimpulan yang diperoleh dari penelitian ini adalah bahwa penerapan model Inkuiri dapat meningkatkan hasil belajar siswa di kelas V SDN Pasirkaliki 5. Dengan demikian, penerapan model pembelajaran Inkuiri dapat dijadikan alternatif model pembelajaran untuk diterapkan pada pembelajaran IPA. Kata Kunci : Model Inkuiri, Hasil Belajar, Pembelajaran IPA.

Item Type: Thesis (Skripsi(S1))
Subjects: S1-Skripsi
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > PGSD 2018
Depositing User: Mr Bayu Anggi Pranata
Date Deposited: 30 Oct 2018 07:42
Last Modified: 30 Oct 2018 07:42
URI: http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/40130

Actions (login required)

View Item View Item