PENERAPAN MODEL PROBLEM BASED LEARNING UNTUK MENINGKATKAN SIKAP DISIPLIN DAN HASIL BELAJAR SISWA PADA SUBTEMA MANUSIA DAN LINGKUNGANYA (penelitian tindakan kelas pada siswa kelas V subtema Manusia dan lingkungana SDN cikaro I kecamatan Majalaya kabupaten Bandung)

Ilham Nugraha, 145060087 (2018) PENERAPAN MODEL PROBLEM BASED LEARNING UNTUK MENINGKATKAN SIKAP DISIPLIN DAN HASIL BELAJAR SISWA PADA SUBTEMA MANUSIA DAN LINGKUNGANYA (penelitian tindakan kelas pada siswa kelas V subtema Manusia dan lingkungana SDN cikaro I kecamatan Majalaya kabupaten Bandung). Skripsi(S1) thesis, FKIP UNPAS.

[img]
Preview
Text
COVER.pdf

Download (51kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Abstrak B.Indonesia.pdf

Download (85kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Abstrak B.Inggrs.pdf

Download (84kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Abstrak B.Sunda.pdf

Download (85kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (238kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II.pdf

Download (533kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB III.pdf

Download (895kB) | Preview
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (953kB)
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (95kB)
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (11kB) | Preview
Official URL: http://fkip.unpas.ac.id/

Abstract

Penelitian ini dilatar belakangi oleh rendahnya sikap disiplin dan hasil belajar siswa kelas V SDN Cikaro I Kecamatan Kec.Majalaya Kabupaten Bandung. Salah satunya model Problem Based Learning. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan sikap disiplin dan hasil belajar siswa melalui penerapan model Problem Based Learning pada subtema Manusia Dan Lingkunganya. Metode yang digunakan adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) model Susilo dkk Herawati dengan tiga siklus. Hasil penelitian tindakan kelas yang dilaksanakan dengan subjek siswa kelas V dengan menggunakan model Problem Based Learning menghasilkan peningkatan sikap disiplin dari setiap siklusnya. Nilai rata-rata yang didapat mengalami peningkatan berupa pada siklus I sebesar 74,1 termasuk kategori (sedang), siklus II sebesar 80,6 (baik) siklus III sebesar 93,5 serta peningkatan hasil belajar dari setiap siklusnya. Nilai rata-rata yang di dapat mengalami peningkatan dari siklus I sebesar 76,4 (baik), siklus II sebesar 78,4 (baik) siklus III sebesar 79,2. Dari data yang diperoleh maka dapat disimpulkan bahwa pembelajaran dengan menggunakan model Problem Based Learning dapat meningkatkan sikap disiplin dan hasil belajar siswa pada subtema hidup rukun di sekolah. Kata Kunci : Sikap disiplin, Hasil belajar, Model Problem Based Learning

Item Type: Thesis (Skripsi(S1))
Subjects: S1-Skripsi
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > PGSD 2018
Depositing User: Mr Bayu Anggi Pranata
Date Deposited: 29 Oct 2018 04:46
Last Modified: 29 Oct 2018 04:46
URI: http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/40022

Actions (login required)

View Item View Item