Didit Aditya Rahman dan Hin Hin Agung Daryana.,M.Sn. (2018) ANALISIS BENTUK DAN STRUKTUR KARYA CAPRICHO ARABE SEBAGAI REPERTOIRE PILIHAN WAJIB PEMBELAJARAN GITAR KLASIK. Didit Aditya Rahman 1360400 40. Skripsi(S1) thesis, Seni Musik.
|
Text
1 sampul skripsi.pdf Download (30kB) | Preview |
|
|
Text
7 ABSTRAK didit.pdf Download (151kB) | Preview |
|
|
Text
9 BAB 1 didit.pdf Download (277kB) | Preview |
|
|
Text
10 BAB II didit.pdf Download (586kB) | Preview |
|
|
Text
11 BAB III didit.pdf Download (105kB) | Preview |
|
Text
12 BAB IV didit.pdf Restricted to Repository staff only Download (796kB) |
||
Text
13 BAB V didit.pdf Restricted to Repository staff only Download (155kB) |
||
|
Text
14 Daftar Pustaka didit.pdf Download (152kB) | Preview |
|
|
Text
3 LEMBAR PENGESAHAN didit.pdf Download (86kB) | Preview |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan bentuk dan struktur karya Capricho Arabe karya Francisco Tarrega. Objek dalam penelitian ini berupa partitur ataupun dokumentasi audio visual Capricho Arabe serta buku - buku penunjang ilmu bentuk analisis musik, adapun subjeknya adalah bentuk dan struktur karya Capricho Arabe. Penelitian ini menggunakan metode penelitian deskriptif kualitatif. Data dalam penelitian diperoleh dengan cara studi literature, observ asi, wawancara, dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan ialah reduksi data ( data reduction), penyajian data ( data display), dan penyimpulan ( conclusion ). Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa Capricho Arabe karya Francisco Tarrega merupakan karya dengan bentuk lima bagian yaitu, Introduction - A - B - C - A’. Bagian i ntroduction dimulai dari birama 1 sampai dengan birama 8. Sukat yang digunakan adalah 3/4, tonalitas yang digunakan adalah satu mol. Dalam bagian introduction tidak terdapat tema pokok m elainkan dua kalimat pertanyaan. Bagian A dimulai dari birama 9 sampai dengan birama 21. Tonalitas yang digunakan pada bagian ini adalah satu mol atau D minor. Dalam bagian A terdapat lima kalimat, dan tema pokoknya terdapat dalam birama 11 sampai dengan b irama 20.Bagian B terdiri dari sepuluh birama yang dimulai dari birama 22 sampai dengan birama 31. Pada bagian B terjadi modulasi dimana bergantinya tonalitas yang digunakan dari D minor menjadi relatif mayornya yaitu F mayor. Dalam bagian B terdapat tiga kalimat, dan tema pokok terdapat dalam birama 22 sampai dengan birama 28.Bagian C terdiri dari tujuh belas birama yang dimulai dari birama 32 sampai dengan birama 48. Dalam bagian ini kembali terjadi modulasi dimana tonalitas yang digunakan berubah dari sa tu mol atau F mayor berubah menjadi dua kruis atau D mayor. Dalam bagian C ini terdapat empat kalimat, tema pokoknya terbagi dua yang pertama dalam birama 32 sampai dengan 38 dan yang kedua dalam birama 40 sampai dengan 48. Bagian A’ terdiri dari tiga sebe las birama yang dimulai dari birama 48 sampai dengan birama 60. Tonalitas yang digunakan pada bagian ini kembali menjadi satu mol atau D minor. Dalam bagian A’ terdapat empat kalimat, tema pokoknya terdapat dalam birama 50 sampai dengan 58.. Kata Kunci: Analisis, Bentuk , Struktur, Capricho Arabe
Item Type: | Thesis (Skripsi(S1)) |
---|---|
Subjects: | S1-Skripsi |
Divisions: | Fakultas Seni dan Sastra > Seni Musik 2018 |
Depositing User: | oman rohman |
Date Deposited: | 29 Oct 2018 01:37 |
Last Modified: | 29 Oct 2018 01:53 |
URI: | http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/39996 |
Actions (login required)
View Item |