PENERAPAN METODE JIGSAW UNTUK MENINGKATKAN KEAKTIFAN SISWA DALAM PEMBELAJARAN PPKn ( Studi Deskriptif di kelas VII SMP Al Inayah Kutamukti Karawang )

MUHAMMAD ALDAN PRASETYO, 145010029 (2018) PENERAPAN METODE JIGSAW UNTUK MENINGKATKAN KEAKTIFAN SISWA DALAM PEMBELAJARAN PPKn ( Studi Deskriptif di kelas VII SMP Al Inayah Kutamukti Karawang ). Skripsi(S1) thesis, FKIP UNPAS.

[img]
Preview
Text
1. Cover Hard Cover.pdf

Download (30kB) | Preview
[img]
Preview
Text
abstrak indonesia.pdf

Download (5kB) | Preview
[img]
Preview
Text
abstrak inggris.pdf

Download (5kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB 1.pdf

Download (501kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II.pdf

Download (437kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB III.pdf

Download (297kB) | Preview
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (470kB)
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (162kB)
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (255kB) | Preview
Official URL: http://fkip.unpas.ac.id/

Abstract

Pembelajaran merupakan bantuan yang diberikan pendidik agar dapat terjadi proses perolehan ilmu dan pengetahuan, penguasaan dan kemahiran, serta pembentukan sikap dan kepercayaan pada peserta didik. Namun kenyataan yang terjadi, proses kegiatan belajar di sekolah masih banyak yang berpusat pada guru, dimana guru memandang pengertian mengajar sebagai kegiatan menyampa ikan bahan pelajaran. Sehingga peneliti tertarik dan ingin mengetahui lebih mengenai Metode Jigsaw untuk meningkatkan keaktifan dalam proses pembelajaran PPKn. Penelitian ini bertujuan untuk untuk mengetahui apakah penerapan metode Jigsaw dapat meningkatkan keterampilan dalam proses pembelajaran PPKn siswa kelas VII di SMP Al Inayah Kutamukti. Pendekatan dan metode dalam penelitian tersebut ialah kualitatif. Pengumpulan data penelitian ini menggunakan kuesioner, observasi dan wawancara. penelitian ini menggunakan. Sampel penelitian ini 30 siswa kelas VII di SMP Al Inayah Kutamukti. Hasil penelitian ini diperoleh bahwa pembelajaran dengan menggunakan model jigsaw memberikan pe ngaruh terhadap Keaktifan siswa. Hal ini menunjukkan bahwa Metode jigsaw memberikan pengaruh yang lebih besar jika dibandingkan dengan model pembelajaran konvensional. Kata Kunci: Metode Jigsaw, Keaktifan, Pembelajaran PPKn

Item Type: Thesis (Skripsi(S1))
Subjects: S1-Skripsi
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > PPKN 2018
Depositing User: Mr Bayu Anggi Pranata
Date Deposited: 19 Oct 2018 08:10
Last Modified: 19 Oct 2018 08:10
URI: http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/39452

Actions (login required)

View Item View Item