WIDYANTI APRILLA MAWARNI, 145040100 (2018) PENDEKATAN PEMBELAJARAN BERORIENTASI WEB DENGAN PENUGASAN UNTUK MENINGKATAN LITERASI INFORMASI DAN HASILBELAJAR PESERTA DIDIK PADA KONSEP KEANEKARAGAMAN HAYATI ( Studi Deskriptif dilaksanakan di SMAN 1 Nasional Bandung). Skripsi(S1) thesis, FKIP UNPAS.
|
Text
COVER SKRIPSI FIX.pdf Download (116kB) | Preview |
|
|
Text
ABSTRAK INDO SKRIPSI.pdf Download (87kB) | Preview |
|
|
Text
ABSTRAK ENGG.pdf Download (87kB) | Preview |
|
|
Text
ABSTRAK SUNDA SKRIPSI.pdf Download (87kB) | Preview |
|
|
Text
SKRIPSI BAB I.pdf Download (411kB) | Preview |
|
|
Text
SKRIPSI BAB II.pdf Download (594kB) | Preview |
|
|
Text
SKRIPSI BAB III.pdf Download (745kB) | Preview |
|
Text
SKRIPSI BAB VI.pdf Restricted to Repository staff only Download (744kB) |
||
Text
SKRIPSI BAB V.pdf Restricted to Repository staff only Download (96kB) |
||
|
Text
DAFTAR PUSTAKA SKRIPSI.pdf Download (190kB) | Preview |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah pembelajaran dengan menggunakan pendekatan pembelajaran berorientasi web dengan penugasan dapat meningkatkan literasi informasi dan hasil belajar peserta didik pada konsep keanekaragaman hayati di SMA Nasional Bansung. Metode penelitian yang digunakan adalah Pre-Experimentanl dengan menggunakan desain penelitian one-Grup Pretest-Posttest serta angket pada peserta didik kelas X SMA Nasional Bandung Tahun Pelajaran 2018/2019. Instrumen pada penelitian ini adalah tes objektif pilihan ganda sebanyak 10 soal. Data hasil penelitian ini dianalisi menggunakan software IBM SPSS 20.0 for windows melalui uji normalitas dengan uji statistik Shapiro-Wilk selanjutanya dilakukan pengujian hipotesis. Hasil peneliian pada aspek kognitif didapatkan skor rata-rata Pretest 34.16% dan skor rata-rata Posttest sebesar 71.38% serta dari hasil uji N-Gain dengan 0.78 kategori tinggi. Kemudian hasil penelitian pada aspek afektif mendapatkan skor rata -rata 78.61 dengan kategori baik dan hasil penelitian pada aspek psikomotor skor rata-rata 92.78 % dengan kategori sangat baik. Bedasarkan hasil uji hipotesis diperoleh nilai 0.000 atau niali signifikan < 0.05. Hal ini menunjukkan bahwa terdapat perbedaan signifikan pada hasil belajar peserta didik sebelum dan sesudah meggunakan metode pembelajaran penugasan. Berdasarkan penelitian tersebut maka dapat disimpulkan bahwa pendekatan pembelajaran mengunakan metode penugasan dalam meningkatkan literasi informasi dan hasil belajar peserta didik pada konsep Keanekaragaman Hayati dapat meningkatkan literasi informasi dan hasil belajar siswa. Kata Kunci: Literasi Informasi, Metode Penugasan, Hasil Belajar, Keanekaragaman Hayati.
Item Type: | Thesis (Skripsi(S1)) |
---|---|
Subjects: | S1-Skripsi |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Biologi 2018 |
Depositing User: | Mr Bayu Anggi Pranata |
Date Deposited: | 18 Oct 2018 06:39 |
Last Modified: | 18 Oct 2018 06:39 |
URI: | http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/39391 |
Actions (login required)
View Item |