PENDEKATAN PEMBELAJARAN BERORIENTASI WEB DENGAN PENUGASAN UNTUK MENINGKATAN LITERASI INFORMASI DAN HASILBELAJAR PESERTA DIDIK PADA KONSEP KEANEKARAGAMAN HAYATI ( Studi Deskriptif dilaksanakan di SMAN 1 Nasional Bandung)

WIDYANTI APRILLA MAWARNI, 145040100 (2018) PENDEKATAN PEMBELAJARAN BERORIENTASI WEB DENGAN PENUGASAN UNTUK MENINGKATAN LITERASI INFORMASI DAN HASILBELAJAR PESERTA DIDIK PADA KONSEP KEANEKARAGAMAN HAYATI ( Studi Deskriptif dilaksanakan di SMAN 1 Nasional Bandung). Skripsi(S1) thesis, FKIP UNPAS.

[img]
Preview
Text
COVER SKRIPSI FIX.pdf

Download (116kB) | Preview
[img]
Preview
Text
ABSTRAK INDO SKRIPSI.pdf

Download (87kB) | Preview
[img]
Preview
Text
ABSTRAK ENGG.pdf

Download (87kB) | Preview
[img]
Preview
Text
ABSTRAK SUNDA SKRIPSI.pdf

Download (87kB) | Preview
[img]
Preview
Text
SKRIPSI BAB I.pdf

Download (411kB) | Preview
[img]
Preview
Text
SKRIPSI BAB II.pdf

Download (594kB) | Preview
[img]
Preview
Text
SKRIPSI BAB III.pdf

Download (745kB) | Preview
[img] Text
SKRIPSI BAB VI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (744kB)
[img] Text
SKRIPSI BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (96kB)
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA SKRIPSI.pdf

Download (190kB) | Preview
Official URL: http://fkip.unpas.ac.id/

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah pembelajaran dengan menggunakan pendekatan pembelajaran berorientasi web dengan penugasan dapat meningkatkan literasi informasi dan hasil belajar peserta didik pada konsep keanekaragaman hayati di SMA Nasional Bansung. Metode penelitian yang digunakan adalah Pre-Experimentanl dengan menggunakan desain penelitian one-Grup Pretest-Posttest serta angket pada peserta didik kelas X SMA Nasional Bandung Tahun Pelajaran 2018/2019. Instrumen pada penelitian ini adalah tes objektif pilihan ganda sebanyak 10 soal. Data hasil penelitian ini dianalisi menggunakan software IBM SPSS 20.0 for windows melalui uji normalitas dengan uji statistik Shapiro-Wilk selanjutanya dilakukan pengujian hipotesis. Hasil peneliian pada aspek kognitif didapatkan skor rata-rata Pretest 34.16% dan skor rata-rata Posttest sebesar 71.38% serta dari hasil uji N-Gain dengan 0.78 kategori tinggi. Kemudian hasil penelitian pada aspek afektif mendapatkan skor rata -rata 78.61 dengan kategori baik dan hasil penelitian pada aspek psikomotor skor rata-rata 92.78 % dengan kategori sangat baik. Bedasarkan hasil uji hipotesis diperoleh nilai 0.000 atau niali signifikan < 0.05. Hal ini menunjukkan bahwa terdapat perbedaan signifikan pada hasil belajar peserta didik sebelum dan sesudah meggunakan metode pembelajaran penugasan. Berdasarkan penelitian tersebut maka dapat disimpulkan bahwa pendekatan pembelajaran mengunakan metode penugasan dalam meningkatkan literasi informasi dan hasil belajar peserta didik pada konsep Keanekaragaman Hayati dapat meningkatkan literasi informasi dan hasil belajar siswa. Kata Kunci: Literasi Informasi, Metode Penugasan, Hasil Belajar, Keanekaragaman Hayati.

Item Type: Thesis (Skripsi(S1))
Subjects: S1-Skripsi
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Biologi 2018
Depositing User: Mr Bayu Anggi Pranata
Date Deposited: 18 Oct 2018 06:39
Last Modified: 18 Oct 2018 06:39
URI: http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/39391

Actions (login required)

View Item View Item