PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN GUIDED INQUIRY BERDASARKAN KEMAMPUAN BERPIKIR SISWA UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR PADA MATERI JARINGAN TUMBUHAN

BUNGA ALYA LUTHFYA, 145040072 (2018) PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN GUIDED INQUIRY BERDASARKAN KEMAMPUAN BERPIKIR SISWA UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR PADA MATERI JARINGAN TUMBUHAN. Skripsi(S1) thesis, FKIP UNPAS.

[img]
Preview
Text
COVER.pdf

Download (42kB) | Preview
[img]
Preview
Text
ABSTRAK indonesia.pdf

Download (33kB) | Preview
[img]
Preview
Text
ABSTRACT inggris.pdf

Download (51kB) | Preview
[img]
Preview
Text
ABSTRAK Sunda.pdf

Download (32kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (324kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II.pdf

Download (773kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB III .pdf

Download (763kB) | Preview
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (617kB)
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (159kB)
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (169kB) | Preview
Official URL: http://fkip.unpas.ac.id/

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui penerapan model pembelajaran guided inquiry berdasarkan kemampuan berpikir siswa dalam meningkatkan hasil belajar pada mada materi jaringan tumbuhan. Metode penelitian yang digunakan adalah Pra-eksperimen Designs dengan desain penelitian One Group Pretest-Posttetst Design. Subjek dari penelitian ini ditentukan dengan teknik simple purposive sampling yang diterapkan kepada siswa kelas XI MIPA 6 yang berjumlah 34 orang. Hasil penelitian pada aspek kognitif didapatkan skor rata-rata pretest sebesar 37,94 dan skor rata-rata posttest sebesar 78,52. Instrumen yang digunakan berupa soal pilihan ganda 20 butir. Data yang diperoleh kemudian dianalisis menggunakan uji hipotesis dan perhitungan gain dan N-gain. Data hasil uji N-gain mengalami peningkatan yang di dominasi dengan kriteria N-gain sedang yaitu sebanyak 22 orang, sedangkan kriteria N-gain tinggi sebanyak 12 orang dan perhitungan gain memperoleh nilai rata-rata sebesar 41,02, sehingga hipotesis diterima. Kemudian hasil penelitian pada aspek afektif mendapatkan nilai rata-rata sebesar 87 dengan kategori sangat baik dan aspek psikomotor mendapatkan nilai rata-rata sebesar 84 dengan kategori baik. Sehingga dapat disimpulkan bahwa penerapan model pembelajaran guided inquiry berdasarkan kemampuan berpikir siswa dapat meningkatkan hasil belajar pada materi jaringan tumbuhan. Kata kunci: Hasil Belajar, Guided Inquiry, Jaringan Tumbuhan

Item Type: Thesis (Skripsi(S1))
Subjects: S1-Skripsi
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Biologi 2018
Depositing User: Mr Bayu Anggi Pranata
Date Deposited: 18 Oct 2018 02:05
Last Modified: 18 Oct 2018 02:05
URI: http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/39364

Actions (login required)

View Item View Item