MENINGKATKAN KEMAMPUAN MENGEMUKAKAN PENDAPAT BAGI SISWA DENGAN MENGGUNAKAN TEKNIK TALKING STICK PADA KONSEP KEANEKARAGAMAN HAYATI KELAS X

FARADILA RAMADHINI AZZAHRA, 145040120 (2018) MENINGKATKAN KEMAMPUAN MENGEMUKAKAN PENDAPAT BAGI SISWA DENGAN MENGGUNAKAN TEKNIK TALKING STICK PADA KONSEP KEANEKARAGAMAN HAYATI KELAS X. Skripsi(S1) thesis, FKIP UNPAS.

[img] Text
cover.pdf

Download (114kB)
[img]
Preview
Text
abstrak.pdf

Download (86kB) | Preview
[img]
Preview
Text
abstrak inggris.pdf

Download (85kB) | Preview
[img]
Preview
Text
abstrak sunda.pdf

Download (85kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (320kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II.pdf

Download (553kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB III.pdf

Download (355kB) | Preview
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (590kB)
[img] Text
bab v.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (186kB)
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (190kB) | Preview
Official URL: http://fkip.unpas.ac.id/

Abstract

Permasalahan pada penelitian ini adalah rendahnya kemampuan siswa pada saat mengemukakan pendapatnya terhadap pembelajaran biologi di SMA Pasundan 1 Bandung. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui peningkatan kemampuan mengemukakan pendapat siswa dengan menggunakan teknik talking stick. Metode penelitian yang digunakan pada penelitian ini adalah pre-eksperimen. Populasi pada penelitian ini adalah kelas X MIPA 3 SMA Pasundan 1 Bandung semester ganjil tahun ajaran 2018-2019. Instrumen yang digunakaan pada saat penelitian berupa tes dan non test. Analisis data dilakukan dengan menggunakan program SPSS 20.0 for windows dengan diketahui hasil uji pretest mendapat nilai rata-rata 46,1 dan uji posttest mendapat nilai rata -rata 80. Terjadi peningkatan nilai rata-rata antara nilai pretest dan postest kemampuan mengemukakan pendapat, diketahui nilai uji wilcoxon ranked sign yang diperoleh sebesar 0,00 nilai tersebut lebih kecil dari 0,05. Dengan demikian dapat disimpulkan terjadi peningkatan antara nilai pretest dan postest. Kemudian perkembangan nilai pretest dan postest diperkuat dengan hasil perhitungan N-Gain didapatkan sebagian besar nilai tersebut masuk ke katagori sedang. Hasil penelitian pada lembar observasi kemampuan mengemukakan pendapat menunju kan nilai rata-rata 80 dengan kriteria sangat baik dengan demikian dapat disimpulkan bahwa teknik talking stick dapat meningkatkan kemampuan mengemukakan pendapat siswa. Kata Kunci : Mengemukakan Pendapat, Talking Stick, Keanekaragaman hayati

Item Type: Thesis (Skripsi(S1))
Subjects: S1-Skripsi
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Biologi 2018
Depositing User: Mr Bayu Anggi Pranata
Date Deposited: 17 Oct 2018 06:06
Last Modified: 17 Oct 2018 06:06
URI: http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/39272

Actions (login required)

View Item View Item