DEWI ANGGRAENI, 145060136 (2018) PENGGUNAAN MODEL DISCOVERY LEARNINGUNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK PADA SUBTEMA HIDUP RUKUN DI TEMPAT BERMAIN (Penelitian Tindakan Kelas Tema Hidup Rukun di Kelas II SDN Pamucatan 01 Kabupaten Bandung Tahun Ajaran 2018/2019). Skripsi(S1) thesis, FKIP UNPAS.
|
Text
COVER SKP.pdf Download (101kB) | Preview |
|
|
Text
abstrak bahasa indo.pdf Download (93kB) | Preview |
|
|
Text
abstrak bahasa inggr.pdf Download (52kB) | Preview |
|
|
Text
abstrak bahasa sunda.pdf Download (93kB) | Preview |
|
|
Text
BAB I_1.pdf Download (132kB) | Preview |
|
|
Text
BAB II_2.pdf Download (296kB) | Preview |
|
|
Text
BAB III_2.pdf Download (260kB) | Preview |
|
Text
BAB IV.pdf Restricted to Repository staff only Download (375kB) |
||
Text
BAB V.pdf Restricted to Repository staff only Download (68kB) |
||
|
Text
dafus skripsi.pdf Download (111kB) | Preview |
Abstract
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya hasil belajar peserta didik, yang diakibatkan pembelajaran kurang efektif, sehingga peserta didik kurang termotivasi untuk mengikuti pembelajaran yang diberikan oleh peserta didik dikarenakan metode yang digunakan tidak bervariasi, pembelajaran hanya berjalan satu arah dengan menggunakan motode ceramah, yang mengakibatkan hasil belajar peserta didik masih banyak dibawah KKM. Oleh karena itu, perlu penggunaannya model pembelajaran peserta didik yang dapat menumbuhkan rasa percaya diri serta hasil belajarpeserta didik. Penelitian ini menggunakan metode Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dengan menggunakan sistem siklus yang terdiri dari perencanaan, pelaksanaan, observasi, analisis dan refleksi. Penelitian ini dilaksanakan dalam 2 siklus dengan 6 pertemuan pada siklus I dan 1 pertemuan pada siklus II dan menerapkan model pembelajaran discovery learning, yang terdiri dari 6 fase, yaitu stimulasi/pemberian rangsangan, identifikasi masalah, pengumpulan data, pengolahan data, pembuktian, menarik kesimpulan. Penilaian yang digunakan pada penelitian ini adalah teknik tes untuk mengetahui hasil belajar peserta didik, penilaian aktivitas, lembar observasi RPP dan lembar observasi untuk mengetahui kegiatan pendidik dan peserta didik selama proses pembelajaran. Hasil penelitian ini menunjukkan hasil yang signifikan, hal ini terlihat dari peningkatan hasil belajar peserta didik pada subtema pelestarian lingkungan. Hasil belajar dalam setiap siklusnya mengalami peningkatan. Ketuntasan hasil belajar peserta didik pada siklus I sebesar 68%, kemudian meningkat pada siklus II menjadi 100%. Dengan demikian, penggunaan model discovery learning dapat meningkatkan rasa percaya diri dan hasil belajar peserta didik. Kata kunci : Discovery Learning, Rasa Percaya Diri, dan Hasil Belajar.
Item Type: | Thesis (Skripsi(S1)) |
---|---|
Subjects: | S1-Skripsi |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > PGSD 2018 |
Depositing User: | Mr Bayu Anggi Pranata |
Date Deposited: | 15 Oct 2018 03:15 |
Last Modified: | 15 Oct 2018 03:15 |
URI: | http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/39123 |
Actions (login required)
View Item |