YULINA HIDAYATI, 145060209 (2018) PENGGUNAAN MODEL PROBLEM BASED LEARNING UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA PADA TEMA INDAHNYA KEBERSAMAAN SUBTEMA KEBERSAMAAN DALAM KEBERAGAMAN (Penelitian Tindakan Kelas pada Siswa Kelas IV B SDN 1 Kiangroke Kab. Bandung Tahun Pelajaran 2018 / 2019). Skripsi(S1) thesis, FKIP UNPAS.
|
Text
1._Cover.docx YULING.pdf Download (214kB) | Preview |
|
|
Text
abstrak indonesia.pdf Download (87kB) | Preview |
|
|
Text
abstrak b.inggris .pdf Download (180kB) | Preview |
|
|
Text
abstrak sunda.pdf Download (87kB) | Preview |
|
|
Text
bab 1.pdf Download (343kB) | Preview |
|
|
Text
bab 2.pdf Download (420kB) | Preview |
|
|
Text
bab 3.pdf Download (574kB) | Preview |
|
Text
bab 4.pdf Restricted to Repository staff only Download (2MB) |
||
Text
bab 5.pdf Restricted to Repository staff only Download (23kB) |
||
|
Text
dapus.pdf Download (83kB) | Preview |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar siswa pada subtema kebersamaan dalam keberagaman dengan menggunakan model Problem Based Learning. Permasalahan yang terjadi dalam proses belajar mengajar diantaranya kurangnya minat dan motivasi siswa dalam belajar, pemberian metode yang kurang tepat sehingga berdampak pada rendahnya sikap peduli, sikap santun, pemahaman, keterampilan mengomunikasikan dan hasil belajar. Penelitian ini menggunakan metode Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dengan desain penelitian Arikunto. Penelitian ini dilaksanakan dalam 3 siklus yang terdiri dari empat tahap yaitu perencanaan, pelaksanaan, observasi dan refleksi. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah observasi, tes, wawancara, angket dan dokumentasi. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa penggunaan model Problem Based Learning dapat meningkatkan hasil belajar siswa. Pertama adanya peningkatan sikap peduli pada siklus I mencapai 40%. Siklus II mencapai 69% dan siklus III mencapai 89%. Kedua, adanya peningkatan sikap santun pada siklus I mencapai 29%. Siklus II mencapai 66% dan siklus III mencapai 86%. Ketiga, adanya peningkatan aspek pemahaman/kognitif pada siklus I mencapai 51%. Siklus II mencapai 71% dan siklus III mencapai 89%. Keempat, adanya peningkatan aspek keterampilan mengomunikasikan pada siklus I mencapai 46%. Siklus II mencapai 69% dan siklus III mencapai 83%. Kelima, ditunjang dengan adanya peningkatan pada lembar kerja kelompok siklus I mencapai 50%. Siklus II mencapai 85% dan siklus III mencapai 100%. Dari penelitian tersebut dapat disimpulkan bahwa penggunaan model Problem Based Learning pada subtema kebersamaan dalam keberagaman pada kelas IV B SDN 1 Kiangroke dapat meningkatkan sikap peduli, sikap santun, pemahaman siswa, keterampilan mengomunikasikan dan hasil belajar siswa. Kata Kunci: Problem Based Learning, hasil belajar.
Item Type: | Thesis (Skripsi(S1)) |
---|---|
Subjects: | S1-Skripsi |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > PGSD 2018 |
Depositing User: | Mr Bayu Anggi Pranata |
Date Deposited: | 12 Oct 2018 07:45 |
Last Modified: | 12 Oct 2018 07:45 |
URI: | http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/38704 |
Actions (login required)
View Item |