Ayi Mulyana, 145060130 (2018) PERBANDINGAN MODEL COOPERATIVE LEARNING TIPE JIGSAW DENGAN STAD TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA (Penelitian Quasi Eksperimen Pada Kelas IV Tema 1 Indahnya Kebersamaan Subtema 2 Kebersamaan dalam Keberagaman di SDN 223 Bhakti Winaya Bandung Tahun Ajaran 2018-2019). Skripsi(S1) thesis, FKIP UNPAS.
|
Text
1. COVER.pdf Download (21kB) | Preview |
|
|
Text
abstrak indo ayi.pdf Download (151kB) | Preview |
|
|
Text
abstrak inggris ayi.pdf Download (149kB) | Preview |
|
|
Text
abstrak sunda ayi.pdf Download (150kB) | Preview |
|
|
Text
4. BAB I.pdf Download (403kB) | Preview |
|
|
Text
5. BAB II.pdf Download (556kB) | Preview |
|
|
Text
6. BAB III.pdf Download (640kB) | Preview |
|
Text
7. BAB IV.pdf Restricted to Repository staff only Download (908kB) |
||
Text
8. BAB V.pdf Restricted to Repository staff only Download (161kB) |
||
|
Text
9. DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (370kB) | Preview |
Abstract
Penelitian dilakukan berdasarkan hasil observasi dimana penggunaan model pembelajaran picture and picture, dan bertukar pasangan yang dilakukan oleh guru menjadi pembelajaran yang kurang tepat, membuat siswa pasif, kurang sikap kerjasama, dan hasil belajar tidak mencapai KBM, disebabkan siswa selalu berkelompok. Hal ini terlihat antara kelas IVB dan IVC SDN 223 Bhakti Winaya. Untuk itu perlu adanya inovasi baru dengan penggunaan model yang menarik. Model cooperative learnig tipe jigsaw dengan STAD merupakan model yang tepat, menjadikan siswa aktif, peduli, berfikir kritis, sistematis dan mandiri sehingga model ini akan digunakan pada tema 1 Indahnya Kebersamaan subtema 2 Kebersamaan dalam Keberagaman di kelas IV. Adapun tujuan penelitian ini adalah untuk melihat perbandingan model cooperative learning tipe jigsaw dan STAD terhadap hasil belajar siswa. Metode penelitian yang digunakan pada penelitian ini berupa quasi eksperiment dengan desain penelitian one-group pre-test-post-test design. Pengambilan data melalui observasi, soal tes, dan dokumentasi. Tes yang digunakan berupa pre-test dan post-test untuk mengambil data hasil belajar siswa. Populasi dan sampel yang digunakan yaitu siswa kelas IV SDN 223 Bhakti Winaya, kelas IVB dengan IVC. Teknik pengolahan data yang di gunakan berupa uji normalitas, uji homogenitas, uji t, dan uji gain. Sikap siswa dianalisis menggunakan lembar observasi siswa dengan peningkatan sikap peduli dan santun sebesar, IVB 68,9%, 72,6 %, dan IVC, 76,1%, 78,5%. Hasil analisis data pada penelitian ini adalah terdapat peningkatan hasil belajar antara kelas IVB dan IVC. Hasil analisis gain(g) menunjukan kelas IVB peningkatan sebesar 58%, dan IVC peningkatan sebesar 66%. Maka dapat dikatakan model cooperative learning tipe STAD lebih efektif meningkatkan hasil belajar siswa dibandingkan dengan model cooperative learning tipe Jigsaw. Kata kunci: cooperative learning tipe Jigsaw, STAD, hasil belajar.
Item Type: | Thesis (Skripsi(S1)) |
---|---|
Subjects: | S1-Skripsi |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > PGSD 2018 |
Depositing User: | Mr Bayu Anggi Pranata |
Date Deposited: | 12 Oct 2018 02:02 |
Last Modified: | 12 Oct 2018 02:02 |
URI: | http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/38637 |
Actions (login required)
View Item |