“PENGARUH PENGUASAAN KOMPETENSI PEDAGOGIK GURU TERHADAP EFEKTIVITAS PEMBELAJARAN DALAM KELAS XI IPS DI SMA PGRI 1 BANDUNG TAHUN AJARAN 2017/2018”

AMELIA PUTRI, 145020018 (2018) “PENGARUH PENGUASAAN KOMPETENSI PEDAGOGIK GURU TERHADAP EFEKTIVITAS PEMBELAJARAN DALAM KELAS XI IPS DI SMA PGRI 1 BANDUNG TAHUN AJARAN 2017/2018”. Skripsi(S1) thesis, FKIP UNPAS.

[img]
Preview
Text
1. COVER.pdf

Download (135kB) | Preview
[img]
Preview
Text
8. ABSTRAK.pdf

Download (239kB) | Preview
[img]
Preview
Text
9. ABSTRACT.pdf

Download (147kB) | Preview
[img]
Preview
Text
10. RINGKESAN.pdf

Download (240kB) | Preview
[img]
Preview
Text
15. BAB I.pdf

Download (302kB) | Preview
[img]
Preview
Text
16. BAB II.pdf

Download (456kB) | Preview
[img]
Preview
Text
17. BAB III.pdf

Download (496kB) | Preview
[img] Text
18. BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img] Text
19. BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (152kB)
[img]
Preview
Text
20. DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (158kB) | Preview
Official URL: http://fkip.unpas.ac.id/

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mencari seberapa besar pengaruh penguasaan kompetensi guru terhadap efektivitas pembelajaran siswa siswa kelas XI IPS di SMA PGRI 1 Bandung Tahun Ajaran 2017/2018. Dalam penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan metode survey. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah dengan menyebarkan angket mengenai kompetensi pedagogik guru dan efektivitas pembelajaran pada responden yang berjumlah 90 siswa. Selain itu dilakukan juga wawancara terhadap beberapa guru mengenai kompetensi pedagogik. Menurut hasil rekapitulasi rata-rata skor jawaban dari setiap item pernyataan dapat ditarik simpulan bahwa penerapan kompetensi pedagogik dan efektivitas pembelajaran di SMA PGRI 1 Bandung termasuk dalam kategori sangat baik. Untuk mengetahui seberapa besar pengaruh variabel dependen (X) terhadap variabel independen (Y) peneliti menggunakan analis regresi linear sederhana dengan menggunakan persamaan Y = 8,921 + 0,483 X dimana X adalah kompetensi pedagogik sedangkan Y adalah efektifitas pembelajaran. Berdasarkan persamaan tersebut didapatkan bahwa nilai konstanta sebesar 8,921 menunjukan bahwa jika tidak ada nilai kompetensi pedagogik, maka nilai efektivitas pembelajaran sebesar 8,921. Sedangkan koefesien regresi X sebesar 0,484 menggambarkan bahwa setiap peningkatan 1 nilai pada kompetensi pedagogik maka akan meningkatkan efektivitas pembelajaran sebesar 0,483. Besaran pengaruh yang dihasilkan kompetensi pedagogik terhadap efektivitas pembelajaran adalah sebesar 54%. Hal ini menggambarkan bahwa kompetensi memiliki pengaruh yang dinilai cukup besar karena nilai tersebut melebihi setengah dari keseluruhan. Artinya sebagian besar efektifitas pembelajaran di pengaruhi oleh kompetensi pedagogik dan sebagian lainya sebesar 46% di pengaruhi oleh faktor lain diluar kompetensi pedagogik.Sebagai akhir penelitian penulis menyampaikan saran kepada pihak sekolah agar dapat meningkatkan kualiatas kompetensi pedagogik guru dengan cara melakukan pelatihan, Kepada kepala sekolah agar penelitian ini dapat menjadi bahan pertimbangan dalam melakukan rekruitmen tenga kependidikan guna meningkatkan kualitas guru dan peserta didik, kepada guru mata pelajaran ekonomi agar dapat lebih memperhatikan dalam penerapan indikator-indikator yang terdapat dalam kompetensi guru guna meningkatkan keefektifan dalam pembelajaran, Serta peserta didik agar lebih aktif selama melakukan kegiatan pembelajaran. Selain itu penulis mengharapkan pada peneliti selanjutnya untuk mengkaji mengenai kompetensi pedagogik lebih mendalam pada sekolah yang berbeda dalam lingkup yang lebih luas. Kata kunci : kompetensi pedagogik, efektivitas pembelajaran

Item Type: Thesis (Skripsi(S1))
Subjects: S1-Skripsi
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Akuntansi 2018
Depositing User: Mr Bayu Anggi Pranata
Date Deposited: 11 Oct 2018 07:05
Last Modified: 11 Oct 2018 07:05
URI: http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/38605

Actions (login required)

View Item View Item