CICA CAHYATI, 145030011 (2018) PEMBELAJARAN MENULIS ISI TEKS DESKRIPSI IMPRESIONISTIS BERORIENTASI PADA MAJAS METAFORA MELALUI PENERAPAN MODEL PICTURE AND PICTURE PADA SISWA KELAS VII SMP 2 PASUNDAN BANDUNG TAHUN PELAJARAN 2018/2019. Skripsi(S1) thesis, FKIP UNPAS.
|
Text
COVER CICA 2.pdf Download (89kB) | Preview |
|
|
Text
ABSTRAK B.INDO CICA.pdf Download (8kB) | Preview |
|
|
Text
ABSTRAK B.INGGRIS CICA.pdf Download (8kB) | Preview |
|
|
Text
ABSTRAK B.SUNDA.pdf Download (8kB) | Preview |
|
|
Text
BAB I.pdf Download (100kB) | Preview |
|
|
Text
BAB II.pdf Download (186kB) | Preview |
|
|
Text
BAB III.pdf Download (327kB) | Preview |
|
Text
BAB IV.pdf Restricted to Repository staff only Download (1MB) |
||
Text
BAB V.pdf Restricted to Repository staff only Download (79kB) |
||
|
Text
Daftar Pustaka CICA.pdf Download (23kB) | Preview |
Abstract
Pembelajaran bahasa Indonesia digunakan untuk meningkatkan kemampuan peserta didik dalam berkomunikasi dengan bahasa Indomesia dengan baik dan benar, secara lisan maupun tulisan. Tulisan deskripsi bertujuan untuk memberikan perincian obyek yang sedang dibicarakan. Berdasarkan pengamatan di SMP 2 Pasundan Bandung, guru menggunakan metode penugasan dan ceramah sehingga minat siswa dalam menulis deskripsi kurang. Metode Picture and picture merupakan strategi untuk menerangkan dan menanamkan pesan dalam materi dengan bantuan media gambar. Penelitian ini bertujuan untuk 1) mengetahui perbedaan kemampuan menulis teks deskripsi berorientasi majas metafora terhadap siswa yang mengalami dan yang tidak mengalami pembelajaran dengan metode picture and picture; 2) mengetahui keefektifan pembelajaran menulis teks deskripsi berorientasi majas metafora dengan dan tanpa metode picture and picture. Penelitian ini menggunakan metode pre-experimental designs (non designs) atau quasi eksperimen. Penelitian ini menggunakan pretest postest control group design. Pretest postest control group design penelitian ini membandingkan nilai pretest dan posttest kelas eksperimen dengan kelas kontrol. Hasil penelitian menunjukkan terdapat perbedaan kemampuan menulis teks deskripsi impre sionistis berorientasi majas metafora menggunakan metode picture and picture pada siswa Kelas VII SMP 2 Pasundan. Disamping itu, terdapat peningkatan pembelajaran menulis teks deskripsi impresionistis berorientasi majas metafora pada siswa Kelas VII SMP 2 Pasundan setelah menggunakan model picture and picture. Kata Kunci:Teks Deskripsi, Majas Metafora, Model Picture and Picture
Item Type: | Thesis (Skripsi(S1)) |
---|---|
Subjects: | S1-Skripsi |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Bahasa Indonesia 2018 |
Depositing User: | Mr Bayu Anggi Pranata |
Date Deposited: | 10 Oct 2018 01:31 |
Last Modified: | 10 Oct 2018 01:52 |
URI: | http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/38326 |
Actions (login required)
View Item |