VIAR ASTIAN SEPIANA PUTRA, 145020037 (2018) PENGARUH METODE PEMBELAJARAN TEMAN SEBAYA TERHADAP EFEKTIVITAS BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN KOMPUTER AKUNTANSI KELAS XI AKUNTANSI DI SMK PASUNDAN 3 BANDUNG. Skripsi(S1) thesis, FKIP UNPAS.
|
Text
1. COVER.pdf Download (26kB) | Preview |
|
|
Text
8. ABSTRAK.pdf Download (153kB) | Preview |
|
|
Text
9. ABSTRACT.pdf Download (84kB) | Preview |
|
|
Text
10. RINGKEUSAN.pdf Download (85kB) | Preview |
|
|
Text
12. BAB I.pdf Download (174kB) | Preview |
|
|
Text
13. BAB II.pdf Download (200kB) | Preview |
|
|
Text
14. BAB III.pdf Download (314kB) | Preview |
|
Text
15. BAB IV.pdf Restricted to Repository staff only Download (582kB) |
||
Text
16. BAB V.pdf Restricted to Repository staff only Download (153kB) |
||
|
Text
17. DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (84kB) | Preview |
Abstract
Pengaruh Metode Pembelajaran Teman Sebaya Terhadap Efektivitas Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Komputer Akuntansi Kelas XI Akuntansi di SMK Pasundan 3 Bandung. Penelitian ini bertujuan untuk: (i) Untuk mengetahui pelaksanaan metode pembelajaran teman sebaya pada mata pelajaran komputer akuntansi Kelas XI AK di SMK Pasundan 3 Bandung, (ii) Untuk mengetahui efrektivitas belajar siswa pada mata pelajaran komputer akuntansi kelas XI AK di SMK Pasundan 3 Bandung, dan (iii) Untuk mengetahui seberapa besar pengaruh metode pembelajaran teman sebaya terhadap efektivitas belajar siswa pada mata pelajaran komputer akuntansi kela s XI AK di SMK Pasundan 3 Bandung. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan metode survey. Sampel dari penelitian ini adalah 10 siswa kelas XI SMK Pasundan 3 Bandung dari total populasi 35. Rancangan pengumpulan data yang digunakan berupa observasi dan penyebaran kuisioner/ angket tentang metode pembelajaran teman sebaya. Analisis data dilakukan dengan menggunakan program SPSS Statistic 20 for windows. Berdasarkan data dari hasil yang didapatkan yaitu metode pembelajaran teman sebaya dalam mata pelajaran komputer kuntansi ditunjukkan dengan perolehan rata-rata 4,12 dan persentase sebesar 61,78% yang rentang tersebut masuk dalam kategori baik. Sedangkan efektivitas belajar siswa di kelas XI SMK Pasundan 3 Bandung berada dalam kategori sangat baik, ditunjukan dengan perolehan rata – rata skor 3,75 dan presentase 56,27% . Metode pembelajaran teman sebaya memberikan pengaruh terhadap efektivitas belajar siswa dalam pembelajaran komputer akuntansi kelas XI di SMK Pasundan 3 Bandung. Berdasarkan perhitungan koefisien determinasi diperoleh R Squere 0,404 hal ini berarti pengaruh metode pembelajaran teman sebaya terhadap efektivitas belajar siswa sebesar 40,4%. Sebagai akhir penelitian penulis menyampaikan saran kepada guru diharapkan pembelajaran metode pembelajaran teman sebaya dapat digunakan sebagai alternatif dalam pembelajaran, karena berdasarkan penelitian yang telah dilakukan metode pembelajaran teman sebaya berpengaruh terhadap efektivitas belajar siswa. Kata Kunci : Metode Pembelajaran Teman Sebaya, Efektivitas Belajar Siswa
Item Type: | Thesis (Skripsi(S1)) |
---|---|
Subjects: | S1-Skripsi |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Akuntansi 2018 |
Depositing User: | Mr Bayu Anggi Pranata |
Date Deposited: | 08 Oct 2018 06:18 |
Last Modified: | 08 Oct 2018 06:18 |
URI: | http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/37907 |
Actions (login required)
View Item |