MIRNA NURAINI MALYATI, 145030099 (2018) PEMBELAJARAN MENGHUBUNGKAN PERMASALAHAN/ ISU, SUDUT PANDANG DAN ARGUMEN BEBERAPA PIHAK, DAN SIMPULAN UNTUK MENEMUKAN ESENSI DEBAT DENGAN MENGGUNAKAN METODE IMPROVE PADA SISWA KELAS X SMKN 15 BANDUNG TAHUN PELAJARAN 2017/2018. Skripsi(S1) thesis, FKIP UNPAS.
|
Text
COVER SKRIPSI.pdf Download (14kB) | Preview |
|
|
Text
abstrak.pdf Download (39kB) | Preview |
|
|
Text
abstract.pdf Download (8kB) | Preview |
|
|
Text
ringkesan.pdf Download (29kB) | Preview |
|
|
Text
BAB I PENDAHULUAN revisi 2.pdf Download (84kB) | Preview |
|
|
Text
BAB II revisi 2.pdf Download (219kB) | Preview |
|
|
Text
BAB III revisi 2.pdf Download (258kB) | Preview |
|
Text
BAB IV revisi 2.pdf Restricted to Repository staff only Download (1MB) |
||
Text
BAB V.pdf Restricted to Repository staff only Download (32kB) |
||
|
Text
Daftar Pustaka.pdf Download (61kB) | Preview |
Abstract
Penelitian dengan judul “Pembelajaran Menghubungkan Permasalahan/Isu, Sudut Pandang dan Argumen Beberapa Pihak, dan Simpulan untuk Menemukan Esensi Debat dengan Menggunakan Metode Improve pada Siswa Kelas X SMKN 15 Bandung Tahun Pelajaran 2017/2018” ini bertujuan untuk mengetahui efektif ti-daknya metode improve pada pembelajaran menghubungkan permasalahan/isu, sudut pandang dan argumen beberapa pihak, dan simpulan untuk menentukan esensi debat. Rumusan masalah yang penulis ajukan yaitu, 1) Mampukah penulis merencanakan, melaksanakan, dan menilai pembelajaran menghubungkan perma-salahan/isu, sudut pandang dan argumen beberapa pihak, dan simpulan untuk menentukan esensi debat dengan menggunakan metode improve pada siswa kelas X SMKN 15 Bandung tahun pelajaran 2017/2018? 2) Mampukan siswa kelas X SMKN 15 Bandung tahun pelajaran 2017/2018 menghubungkan permasalahan/ isu, sudut pandang dan argumen beberapa pihak, dan simpulan untuk menentukan esensi debat dengan tepat? 3) Tepatkah metode improve dalam pembelajaran menghubungkan permasalah/isu, sudut pandang dan argumen beberapa pihak, dan simpulan untuk menentukan esensi debat pada siswa kelas X SMKN 15 Bandung tahun pelajaran 2017/2018? dan 4) Bagaimanakah perbedaan hasil belajar peserta didik kelas X SMKN 15 Bandung pada kelas eksperimen dengan metode improve dibandingkan dengan hasil belajar peserta didik pada kelas kontrol. Adapun hasil penelitian ini adalah sebagai berikut. 1) Penulis mampu melaksanakan pembe-lajaran menghubungkan permasalahan/isu, sudut pandang dan argumen beberapa pihak, dan simpulan dari debat dalam menentukan esensi debat dengan menggu-nakan metode improve pada siswa kelas X SMKN 15 Bandung tahun pelajaran 2017/2018. Hal ini dapat dibuktikan dari nilai rata-rata perencanaan dan pelak-sanaan pembelajaran sebesar 3,72. (2) Peserta didik kelas eksperimen dan kontrol memiliki perbedaan kemam-puan sebelum di-berikan perlakuan. Hal ini dapat di-buktikan dari nilai rata-rata pretes pada kelas eksperimen yaitu 49,54, sedangkan pada kelas kontrol nilai rata-rata pretes yaitu 30,9. (3) Peserta didik kelas eks-perimen dan kontrol mampu menghubungkan permasalahan/isu, sudut pandang dan argumen beberapa pihak, dan simpulan dari debat dalam menentukan esensi debat setelah diberikan perlakuan. Hal ini dapat dibuktikan dari nilai rata-rata pos-tes yaitu 77,13, sedangkan pada kelas kontrol nilai rata-rata postes yaitu 55,63. (4) Model yang digunakan pada kelas ekspe-rimen lebih efektif daripada metode yang digunakan pada kelas kontrol. Hal ini dibukti-kan dengan perbandingan t hitung kelas eksperimen > t hitung kelas kontrol yaitu 4,13> 4. Kata kunci: pembelajaran, menghubungkan, metode improve.
Item Type: | Thesis (Skripsi(S1)) |
---|---|
Subjects: | S1-Skripsi |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Bahasa Indonesia 2018 |
Depositing User: | Mr Bayu Anggi Pranata |
Date Deposited: | 08 Oct 2018 03:39 |
Last Modified: | 08 Oct 2018 03:39 |
URI: | http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/37859 |
Actions (login required)
View Item |