PENERAPAN MODEL PROBLEM BASED LEARNING UNTUK MENINGKATKAN MOTIVASI DAN HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK KELAS IV (Penelitian Tindakan Kelas Pada Subtema Pelestarian Kekayaan Sumber Daya Alam Indonesia di Sekolah Dasar Negeri Arjasari 1 Kecamatan Arjasari Kabupaten Bandung)

Tia Novia, 145060203 (2018) PENERAPAN MODEL PROBLEM BASED LEARNING UNTUK MENINGKATKAN MOTIVASI DAN HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK KELAS IV (Penelitian Tindakan Kelas Pada Subtema Pelestarian Kekayaan Sumber Daya Alam Indonesia di Sekolah Dasar Negeri Arjasari 1 Kecamatan Arjasari Kabupaten Bandung). Skripsi(S1) thesis, FKIP UNPAS.

[img]
Preview
Text
COVER.pdf

Download (97kB) | Preview
[img]
Preview
Text
ABSTRAK INDONESIA.pdf

Download (85kB) | Preview
[img]
Preview
Text
ABSTRAK INGGRIS.pdf

Download (214kB) | Preview
[img]
Preview
Text
ABSTRAK SUNDA.pdf

Download (84kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (254kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II .pdf

Download (278kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB III.pdf

Download (773kB) | Preview
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (98kB)
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (152kB) | Preview
Official URL: http://fkip.unpas.ac.id/

Abstract

Penelitian ini dilatar belakangi oleh permasalahan rendahnya motivasi dan hasil belajar siswa pada pembelajaran kelas IV pada tema 9 Kayanya Negeriku subtema 3 Pelestarian Kekayaan Sumber Daya Alam di Indonesia. Tujuan penelitian ini untuk meningkatkan motivasi dan hasil belajar siswa dalam pembelajaran. Penelitian ini menggunakan metode penelitian tindakan kelas yang terdiri dari tiga siklus. Objek penelitian adalah kelas IV SD Negeri Arjasari 1, sebanyak 25 orang terdiri dari 15 orang laki-laki dan 10 orang perempuan. Hasil penelitian pada siklus I untuk persentase motivasi siswa mencapai 59,45% dari jumlah keseluruhan siswa, pada siklus II persentase motivasi siswa mencapai 75,50% dari jumlah keseluruhan siswa dan pada siklus III persentase motivasi siswa mencapai 86,27% dari keseluruhan siswa. Hasil belajar siklus I jumlah siswa yang tuntas mencapai KKM sebanyak 7 orang atau sebesar 28% dari 25 siswa dan siswa yang belum tuntas mencapai KKM sebanyak 18 orang atau sebesar 72% dari jumlah keseluruhan siswa. Pada siklus II siswa yang mencapai KKM sebanyak 21 orang atau sebesar 84% dari 25 orang siswa dan siswa yang tidak mencapai KKM sebanyak 4 orang atau sebesar 16% dari jumlah keseluruhan siswa. Pada siklus III siswa yang mencapai KKM sebanyak 24 orang atau sebesar 96% dari 25 orang siswa dan siswa yang tidak mencapai KKM hanya 1 orang atau sebesar 4% dari jumlah keseluruhan siswa. Kesimpulan dalam penelitian ini adalah penerapan model Problem Based Learning dapat meningkatkan motivasi siswa dan hasil belajar siswa kelas IV SD Negeri Arjasari 1 pada tema 9 Kayanya Negeriku subtema 3 Pelestarian Kekayaan Sumber Daya Alam di Indonesia. Kata Kunci : Model Problem Based Learning, Motivasi, Hasil Belajar.

Item Type: Thesis (Skripsi(S1))
Subjects: S1-Skripsi
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > PGSD 2018
Depositing User: Mr Bayu Anggi Pranata
Date Deposited: 04 Oct 2018 08:36
Last Modified: 04 Oct 2018 08:36
URI: http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/37429

Actions (login required)

View Item View Item