Dina Mariana Ompusunggu, 145020108 (2018) PENGARUH LATAR BELAKANG SOSIAL EKONOMI ORANG TUA TERHADAP PRESTASI BELAJAR SISWA DI KELAS X MIA 1 SMA KARTIKA SILIWANGI XIX-1 BANDUNG. Skripsi(S1) thesis, FKIP UNPAS.
|
Text
Cover dina.pdf Download (22kB) | Preview |
|
|
Text
ABSTRAK[1].pdf Download (252kB) | Preview |
|
|
Text
ABSTRACT[1].pdf Download (482kB) | Preview |
|
|
Text
RINGKESAN[1].pdf Download (286kB) | Preview |
|
|
Text
Skripsi BAB 1 FIX.pdf Download (248kB) | Preview |
|
|
Text
BAB II SKRIPSI.pdf Download (217kB) | Preview |
|
|
Text
BAB III SKRIPSI.pdf Download (299kB) | Preview |
|
Text
Bab IV.pdf Restricted to Repository staff only Download (467kB) |
||
Text
BAB V.pdf Restricted to Repository staff only Download (85kB) |
||
|
Text
daftar pustaka Dina.pdf Download (86kB) | Preview |
Abstract
Judul penelitian ini adalah Pengaruh Latar Belakang Sosial Ekonomi Orang Tua Terhadap Prestasi Belajar Siswa di kelas X Mia 1 SMA Kartika XIX-1 Bandung. Tujuan penelitian ini adalah : 1. Untuk mengetahui status sosial ekonomi orang tua siswa SMA Kartika Siliwangi XIX-1 Bandung , 2. Untuk mengetahui prestasi belajar siswa SMA Kartika Siliwangi Bandung, 3. Untuk mengetahui berapa besar pengaruh hubungan antara status sosial ekonomi orang tua siswa dengan prestasi belajar siswa SMA Kartika Siliwangi XIX-1 Bandung.Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode asosiatif kausal , pengumpulan data diperoleh melalui angket, Pengujian instrument penelitian ini menggunakan uji validitas, uji reliabilitas dan nomalitas. Hasil penelitian menunjukan bahwa status sosial ekonomi orang tua yaitu tingkat pendidikan 3,47 %, pekerjaan orang tua 3,32%, pendapatan 3,2%, prestasi belajar yaitu ulangan harian 6,89 %, hasil rapor semester 3,45%.Hasil penelitian rekapitulasi skor rata-rata tanggapan responden mengenai status sosial ekonomi sebesar 4,00 sedangkan mengenai prestasi belajar siswa sebesar 3,61, dengan demikian dapat disimpulkan bahwa tanggapan responden mengenai status sosial ekonomi orang tua dan prestasi belajar “ baik” . berdasarkan analisis data yang telah dilakukan maka diperoleh hasil penelitian pengaruh status ekonomi orang tua yaitu koefisien determinasi R squre sebesar 0,459 %. Hal dinyatakan variabel X mempunyai pengaruh besar sebesar 40,59% terhadap variabel Y dan sisanya 59,41 % di pengaruhi faktor lain. Faktor yang memberikan pengaruh pada variabel Y sebanyak 40,59 % di sebabkan oleh indikator variabel X berupa status sosial ekonomi orang tua.Berdasarkan penelitian maka di peroleh kesimpulan bahwa tidak ada pengaruh status sosial ekonomi orang tua terhadap prestasi belaar siswa, atau bisa dikatakan pengaruhnya sangat kecil yaitu hanya sebesar 3,47 % . hal tersebut kemungkinan disebabkan adanya faktor lain Kata Kunci : Status sosial ekonomi orang tua, Prestasi Belajar
Item Type: | Thesis (Skripsi(S1)) |
---|---|
Subjects: | S1-Skripsi |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Akuntansi 2018 |
Depositing User: | Mr Bayu Anggi Pranata |
Date Deposited: | 04 Oct 2018 07:03 |
Last Modified: | 04 Oct 2018 07:03 |
URI: | http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/37392 |
Actions (login required)
View Item |