PENINGKATAN KEMAMPUAN BERPIKIR KREATIF DAN SELF-CONFIDENCE SISWA SMP MELALUI PEMBELAJARAN MATEMATIKA DENGAN PENDEKATAN DIFFERENTIATED INTRUCTIONS (DI)

WILDA NUR SOFIA, 145050062 (2018) PENINGKATAN KEMAMPUAN BERPIKIR KREATIF DAN SELF-CONFIDENCE SISWA SMP MELALUI PEMBELAJARAN MATEMATIKA DENGAN PENDEKATAN DIFFERENTIATED INTRUCTIONS (DI). Skripsi(S1) thesis, FKIP UNPAS.

[img]
Preview
Text
COVER SKRIPSI.pdf

Download (103kB) | Preview
[img]
Preview
Text
ABSTRAK fix.pdf

Download (88kB) | Preview
[img]
Preview
Text
ABSTRACT.pdf

Download (87kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB 1.pdf

Download (121kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB 2.pdf

Download (620kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB 3.pdf

Download (575kB) | Preview
[img] Text
BAB 4.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (683kB)
[img] Text
BAB 5.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (105kB)
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (196kB) | Preview
Official URL: http://fkip.unpas.ac.id/

Abstract

Kemampuan berpikir kreatif merupakan salah satu bentuk kemampuan berpikir yang harus dimiliki oleh setiap orang termasuk siswa dalam kegiatan belajar mengajar. Tetapi pada kenyataannya kemampuan berpikir siswa di Indonesia tergolong rendah, Rendahnya kemampuan berpikir kreatif diindikasikan berimplikasi pada rendahnya prestasi siswa. Salah satu hambatan siswa dalam berpikir kreatif adalah kurang percaya diri. Salah satu alternatife adalah pembelajaran Differentiated Instruction. Self-confidence juga dapat dikembangkan dengan melakukan pembelajaran yang disesuaikan dengan minat serta gaya belajar mereka, dan hal ini sejalan dengan pembelajaran yang dapat meningkatkan kemampuan berpikir kreatif adalah dengan pendekatan Differentiated Instruction. 1) untuk mengetahui apakah terdapat peningkatan kemampuan berpikir kreatif matematis menggunakan pendekatan Differentiated Instruction 2) untuk mengetahui apakah kemampuan berpikir kreatif matematis siswa yang menggunakan pendekatan Differentiated Instruction lebih baik daripada siswa yang menggunakan pembelajaran kovesional, 3) untuk mengetahui apakah terdapat korelasi antara self-confidence dengan kemampuan berpikir kreatif matematis dengan pendekatan Differentiated Instruction. Metode dalam penelitian ini adalah metode eksperimen dan desainnya kelompok control pretes-postes. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas VIII SMPN 3 Sukabumi. Dari hasil uji coba tersebut diperoleh bahwa semua soal tes layak digunakan dan skala self-confidence. Berdasrkan analisi menngunakan SPSS 17.0 . for windows data hasil penelitian, diperoleh kesimpulan: 1) terdapat peningkatan kemampuan berpikir kreatif matematis dengan pembelajaran menggunakan pendekatan Differentiated Instruction, 2) Kemampuan berpikir kreatif matematis siwa kelas Differentiated Instruction lebih baik daripada kelas yang menggunakan pemeblajaran konvesional, 3) Tidak terdapat korelasi anatar kemampuan berpikir kreatif matematis dan self-confidence siswa yang menggunakan pendekatan Differentiated Instruction. Kata kunci: Differentiated Instruction, Kemampuan berpikir Kreatif Matematis, self-confidence Kemampuan berpikir kreatif merupakan salah satu bentuk kemampuan berpikir yang harus dimiliki oleh setiap orang termasuk siswa dalam kegiatan belajar mengajar. Tetapi pada kenyataannya kemampuan berpikir siswa di Indonesia tergolong rendah, Rendahnya kemampuan berpikir kreatif diindikasikan berimplikasi pada rendahnya prestasi siswa. Salah satu hambatan siswa dalam berpikir kreatif adalah kurang percaya diri. Salah satu alternatife adalah pembelajaran Differentiated Instruction. Self-confidence juga dapat dikembangkan dengan melakukan pembelajaran yang disesuaikan dengan minat serta gaya belajar mereka, dan hal ini sejalan dengan pembelajaran yang dapat meningkatkan kemampuan berpikir kreatif adalah dengan pendekatan Differentiated Instruction. 1) untuk mengetahui apakah terdapat peningkatan kemampuan berpikir kreatif matematis menggunakan pendekatan Differentiated Instruction 2) untuk mengetahui apakah kemampuan berpikir kreatif matematis siswa yang menggunakan pendekatan Differentiated Instruction lebih baik daripada siswa yang menggunakan pembelajaran kovesional, 3) untuk mengetahui apakah terdapat korelasi antara self-confidence dengan kemampuan berpikir kreatif matematis dengan pendekatan Differentiated Instruction. Metode dalam penelitian ini adalah metode eksperimen dan desainnya kelompok control pretes-postes. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas VIII SMPN 3 Sukabumi. Dari hasil uji coba tersebut diperoleh bahwa semua soal tes layak digunakan dan skala self-confidence. Berdasrkan analisi menngunakan SPSS 17.0 . for windows data hasil penelitian, diperoleh kesimpulan: 1) terdapat peningkatan kemampuan berpikir kreatif matematis dengan pembelajaran menggunakan pendekatan Differentiated Instruction, 2) Kemampuan berpikir kreatif matematis siwa kelas Differentiated Instruction lebih baik daripada kelas yang menggunakan pemeblajaran konvesional, 3) Tidak terdapat korelasi anatar kemampuan berpikir kreatif matematis dan self-confidence siswa yang menggunakan pendekatan Differentiated Instruction. Kata kunci: Differentiated Instruction, Kemampuan berpikir Kreatif Matematis, self-confidence

Item Type: Thesis (Skripsi(S1))
Subjects: S1-Skripsi
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Matematika 2018
Depositing User: Mr Bayu Anggi Pranata
Date Deposited: 04 Oct 2018 06:43
Last Modified: 04 Oct 2018 06:43
URI: http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/37389

Actions (login required)

View Item View Item