WILDA NUR SOFIA, 145050062 (2018) PENINGKATAN KEMAMPUAN BERPIKIR KREATIF DAN SELF-CONFIDENCE SISWA SMP MELALUI PEMBELAJARAN MATEMATIKA DENGAN PENDEKATAN DIFFERENTIATED INTRUCTIONS (DI). Skripsi(S1) thesis, FKIP UNPAS.
|
Text
COVER SKRIPSI.pdf Download (103kB) | Preview |
|
|
Text
ABSTRAK fix.pdf Download (88kB) | Preview |
|
|
Text
ABSTRACT.pdf Download (87kB) | Preview |
|
|
Text
BAB 1.pdf Download (121kB) | Preview |
|
|
Text
BAB 2.pdf Download (620kB) | Preview |
|
|
Text
BAB 3.pdf Download (575kB) | Preview |
|
Text
BAB 4.pdf Restricted to Repository staff only Download (683kB) |
||
Text
BAB 5.pdf Restricted to Repository staff only Download (105kB) |
||
|
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (196kB) | Preview |
Abstract
Kemampuan berpikir kreatif merupakan salah satu bentuk kemampuan berpikir yang harus dimiliki oleh setiap orang termasuk siswa dalam kegiatan belajar mengajar. Tetapi pada kenyataannya kemampuan berpikir siswa di Indonesia tergolong rendah, Rendahnya kemampuan berpikir kreatif diindikasikan berimplikasi pada rendahnya prestasi siswa. Salah satu hambatan siswa dalam berpikir kreatif adalah kurang percaya diri. Salah satu alternatife adalah pembelajaran Differentiated Instruction. Self-confidence juga dapat dikembangkan dengan melakukan pembelajaran yang disesuaikan dengan minat serta gaya belajar mereka, dan hal ini sejalan dengan pembelajaran yang dapat meningkatkan kemampuan berpikir kreatif adalah dengan pendekatan Differentiated Instruction. 1) untuk mengetahui apakah terdapat peningkatan kemampuan berpikir kreatif matematis menggunakan pendekatan Differentiated Instruction 2) untuk mengetahui apakah kemampuan berpikir kreatif matematis siswa yang menggunakan pendekatan Differentiated Instruction lebih baik daripada siswa yang menggunakan pembelajaran kovesional, 3) untuk mengetahui apakah terdapat korelasi antara self-confidence dengan kemampuan berpikir kreatif matematis dengan pendekatan Differentiated Instruction. Metode dalam penelitian ini adalah metode eksperimen dan desainnya kelompok control pretes-postes. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas VIII SMPN 3 Sukabumi. Dari hasil uji coba tersebut diperoleh bahwa semua soal tes layak digunakan dan skala self-confidence. Berdasrkan analisi menngunakan SPSS 17.0 . for windows data hasil penelitian, diperoleh kesimpulan: 1) terdapat peningkatan kemampuan berpikir kreatif matematis dengan pembelajaran menggunakan pendekatan Differentiated Instruction, 2) Kemampuan berpikir kreatif matematis siwa kelas Differentiated Instruction lebih baik daripada kelas yang menggunakan pemeblajaran konvesional, 3) Tidak terdapat korelasi anatar kemampuan berpikir kreatif matematis dan self-confidence siswa yang menggunakan pendekatan Differentiated Instruction. Kata kunci: Differentiated Instruction, Kemampuan berpikir Kreatif Matematis, self-confidence Kemampuan berpikir kreatif merupakan salah satu bentuk kemampuan berpikir yang harus dimiliki oleh setiap orang termasuk siswa dalam kegiatan belajar mengajar. Tetapi pada kenyataannya kemampuan berpikir siswa di Indonesia tergolong rendah, Rendahnya kemampuan berpikir kreatif diindikasikan berimplikasi pada rendahnya prestasi siswa. Salah satu hambatan siswa dalam berpikir kreatif adalah kurang percaya diri. Salah satu alternatife adalah pembelajaran Differentiated Instruction. Self-confidence juga dapat dikembangkan dengan melakukan pembelajaran yang disesuaikan dengan minat serta gaya belajar mereka, dan hal ini sejalan dengan pembelajaran yang dapat meningkatkan kemampuan berpikir kreatif adalah dengan pendekatan Differentiated Instruction. 1) untuk mengetahui apakah terdapat peningkatan kemampuan berpikir kreatif matematis menggunakan pendekatan Differentiated Instruction 2) untuk mengetahui apakah kemampuan berpikir kreatif matematis siswa yang menggunakan pendekatan Differentiated Instruction lebih baik daripada siswa yang menggunakan pembelajaran kovesional, 3) untuk mengetahui apakah terdapat korelasi antara self-confidence dengan kemampuan berpikir kreatif matematis dengan pendekatan Differentiated Instruction. Metode dalam penelitian ini adalah metode eksperimen dan desainnya kelompok control pretes-postes. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas VIII SMPN 3 Sukabumi. Dari hasil uji coba tersebut diperoleh bahwa semua soal tes layak digunakan dan skala self-confidence. Berdasrkan analisi menngunakan SPSS 17.0 . for windows data hasil penelitian, diperoleh kesimpulan: 1) terdapat peningkatan kemampuan berpikir kreatif matematis dengan pembelajaran menggunakan pendekatan Differentiated Instruction, 2) Kemampuan berpikir kreatif matematis siwa kelas Differentiated Instruction lebih baik daripada kelas yang menggunakan pemeblajaran konvesional, 3) Tidak terdapat korelasi anatar kemampuan berpikir kreatif matematis dan self-confidence siswa yang menggunakan pendekatan Differentiated Instruction. Kata kunci: Differentiated Instruction, Kemampuan berpikir Kreatif Matematis, self-confidence
Item Type: | Thesis (Skripsi(S1)) |
---|---|
Subjects: | S1-Skripsi |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Matematika 2018 |
Depositing User: | Mr Bayu Anggi Pranata |
Date Deposited: | 04 Oct 2018 06:43 |
Last Modified: | 04 Oct 2018 06:43 |
URI: | http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/37389 |
Actions (login required)
View Item |