PENINGKATAN KEMAMPUAN PEMAHAMAN MATEMATIS DAN SELF-AWARENESS SISWA SMA MELALUI MODEL PEMBELAJARAN REACT (RELATING, EXPERIENCING, APPLYING, COOPERATING, TRANSFERING)

RIVALDI PUTRA, 145050003 (2018) PENINGKATAN KEMAMPUAN PEMAHAMAN MATEMATIS DAN SELF-AWARENESS SISWA SMA MELALUI MODEL PEMBELAJARAN REACT (RELATING, EXPERIENCING, APPLYING, COOPERATING, TRANSFERING). Skripsi(S1) thesis, FKIP UNPAS.

[img]
Preview
Text
COVER.pdf

Download (104kB) | Preview
[img]
Preview
Text
ABSTRAK INA.pdf

Download (57kB) | Preview
[img]
Preview
Text
ABSTRAK ENG.pdf

Download (7kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I Pendahuluan.pdf

Download (360kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II Studi Literatur.pdf

Download (400kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB III Metode dan Desain Penelitian.pdf

Download (559kB) | Preview
[img] Text
BAB IV Hasil Penelitian.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (893kB)
[img] Text
BAB V Simpulan dan Saran.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (88kB)
[img]
Preview
Text
Daftar Pustaka.pdf

Download (226kB) | Preview
Official URL: http://fkip.unpas.ac.id/

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah: (1) Untuk mengetahui apakah kemampuan pemahaman matematis siswa melalui model REACT (Relating, Experiencing, Applying, Cooperating, Transferring) lebih baik daripada melalui model pembelajaran konvensional; (2) Untuk mengetahui apakah Self-awareness siswa yang memperoleh model pembelajaran REACT (Relating, Experiencing, Applying, Cooperating, Transfering) Lebih baik daripada siswa yang memperoleh pembelajaran konvensional; (3) Untuk mengetahui Bagaimana pembelajaran Strategi REACT (Relating, Experiencing, Applying, Cooperating, Transfering) untuk kemampuan pemahaman matematis. Metode yang digunakan adalah metode eksperimen dengan desain penelitian yang digunakan yaitu kelompok pretest-postest. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa SMA Kartika XIX-1 Bandung dan sampelnya adalah dua kelas XI di SMA Kartika XIX-1 Bandung yang dipilih secara acak. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah tes kemampuan pemahaman matematis dan angket self-awareness. Analisis data menggunakan uji parametric pada data pretest-postest melalui software SPSS Statistics 20.0 for Windows dan rumus Cohend’s untuk melihat efektivitas. Berdasarkan analisis data dan temuan penelitian yang diperoleh dapat disimpulkan bahwa: (1) peningkatan kemampuan pemahaman matematis siswa yang memperoleh model pembelajaran REACT lebih tinggi daripada siswa yang memperoleh model pembelajaran konvensional; (2) self-awareness siswa yang memperoleh model pembelajaran REACT lebih tinggi daripada siswa yang memperoleh model pembelajaran konvensional; (3) Pembelajaran REACT efektif untuk kemampuan pemahaman matematis dengan kategori besar. Kata Kunci: Pembelajaran REACT, Kemampuan Pemahaman Matematis, Self-awareness, Pembelajaran Konvensional.

Item Type: Thesis (Skripsi(S1))
Subjects: S1-Skripsi
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Matematika 2018
Depositing User: Mr Bayu Anggi Pranata
Date Deposited: 03 Oct 2018 06:12
Last Modified: 03 Oct 2018 06:12
URI: http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/37272

Actions (login required)

View Item View Item