Okta Seliany, 145020020 (2018) PENGARUH METODE INQUIRY TERBIMBING TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS PESERTA DIDIK TAHUN AJARAN 2017/2018. Skripsi(S1) thesis, FKIP UNPAS.
|
Text
1. cover.pdf Download (50kB) | Preview |
|
|
Text
4. ABSTRAK B. indonesia.pdf Download (63kB) | Preview |
|
|
Text
5. ABSTRAK B. inggris.pdf Download (25kB) | Preview |
|
|
Text
6. ABSTRAK B. sunda.pdf Download (25kB) | Preview |
|
|
Text
BAB I.pdf Download (114kB) | Preview |
|
|
Text
BAB II.pdf Download (140kB) | Preview |
|
|
Text
BAB III.pdf Download (231kB) | Preview |
|
Text
BAB IV.pdf Restricted to Repository staff only Download (373kB) |
||
Text
BAB V.pdf Restricted to Repository staff only Download (71kB) |
||
|
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (28kB) | Preview |
Abstract
Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh metode pembelajaran Inquiry Terbimbing terhadap kemampuan berpikir kritis peserta didik tahun ajaran 2017/2018. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah studi quasi eksperimen dengan pendekatan kuantitatif. Sampel dalam penelitian ini adalah siswa kelas XI AP 1 dan XI AP 2 di SMK Nasional Bandung yang berjumlah 30 siswa. Teknik pengumpulan data dengan cara memberikan tes berbentuk tes uraian atau essay dan teknik pengolahan data dengan cara aplikasi SPSS Versi 20, Anastes Versi 4.0 dan Microsoft Excel 2010. Hipotesis dari penelitian ini berbunyi, terdapat perbedaan kelas eksperimen dengan kelas control dan terdapat peningkatan hasil belajar dalam kemampuan berpikir kritis peserta didik antara kelas eksperimen yang menggunakann metode pembelajaran Inquiry Terbimbing dengan kelas kontrol yang menggunakan metode pembelajaran konvensional. Berdasarkan temuan dan pengolahan data di lapangan menunjukkan bahwa dengan menggunakan metode pembelajaran Inquiry Terbimbing kelas eksperimen memperoleh nilai posttest dengan rata-rata nilai 82,33 dan pada kelas kontrol memperoleh nilai posttest dengan rata-rata nilai 76,83. Hal ini dinyatakan bahwa metode pembelajaran Inquiry Terbimbing berpengaruh terhadap kemampuan berpikir kritis peserta didik. Kesimpulan hipotesis penelitian yang berbunyi terdapat perbedaan kelas eksperimen dengan kelas kontrol dan terdapat peningkatan hasil belajar dalam kemampuan berpikir kritis peserta didik antara kelas eksperimen yang menggunakan metode pembelajaran Inquiry Terbimbing dengan kelas kontrol yang menggunakan metode pembelajaran konvensional. Sebagai akhir penelitian penulis menyampaikan saran kepada peserta didik, diharapkan dapat mengembangkan intlektual dan dapat lebih aktif. Bagi guru, diharapkan metode pembelajaran Inquiry Terbimbing dapat digunakan sebagai alternatif dalam pembelajaran. Bagi sekolah, diharapkan agar dijadikan sumber informasi dalam meningkatkan kemampuan berpikir kritis pada hasil belajar peserta didik. Bagi kepala sekolah, diharapkan dapat bermanfaat bagi pendidik serta dapat membantu meningkatkan kemampuan berpikir kritis pada peserta didik. Bagi pemerintah, diharapkan dapat meningkatkan kualitas pendidikan yang merata disetiap jenjang pendidikan. Bagi peneliti selanjutnya, diharapkan dapat mengembangkan metode pembelajaran Inquiry Terbimbing menjadi lebih baik lagi dan yang mengkaji mata pelajaran lain di sekolah yang berbeda. Kata Kunci: Metode Pembelajaran Inquiry Terbimbing, Berpikir Kritis Peserta Didik
Item Type: | Thesis (Skripsi(S1)) |
---|---|
Subjects: | S1-Skripsi |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Akuntansi 2018 |
Depositing User: | Mr Andi Wijaya |
Date Deposited: | 03 Oct 2018 03:33 |
Last Modified: | 03 Oct 2018 03:33 |
URI: | http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/37242 |
Actions (login required)
View Item |