PERAN GURU PPKN DALAM MEMBANGUN SIKAP NASIONALISME GENERASI MILLENNIAL (Studi deskriptif di SMAN 12 Bandung)

Intan Nabila Lestari Hakiem Aryadiningrat, 145010009 (2018) PERAN GURU PPKN DALAM MEMBANGUN SIKAP NASIONALISME GENERASI MILLENNIAL (Studi deskriptif di SMAN 12 Bandung). Skripsi(S1) thesis, FKIP UNPAS.

[img]
Preview
Text
1. COVER SKRIPSI.pdf

Download (47kB) | Preview
[img]
Preview
Text
3. Abstrak.pdf

Download (27kB) | Preview
[img]
Preview
Text
4. Abstract.pdf

Download (29kB) | Preview
[img]
Preview
Text
9. BAB I PENDAHULUAN.pdf

Download (134kB) | Preview
[img]
Preview
Text
10. BAB II KAJIAN TEORI DAN KERANGKA PEMIKIRAN.pdf

Download (319kB) | Preview
[img]
Preview
Text
11. BAB III METODE PENELITIAN.pdf

Download (90kB) | Preview
[img] Text
12. BAB IV HASIL PENELITIAN DAN PEMBAHASAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (208kB)
[img] Text
13. BAB V SIMPULAN DAN SARAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (70kB)
[img]
Preview
Text
14. DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (92kB) | Preview
Official URL: http://fkip.unpas.ac.id/

Abstract

Dalam dunia pendidikan peran guru memiliki tugas dan tanggung jawab dalam mendidik, memotivasi, komunikator, fasiliator, mediator dan peran guru membangun sikap yang baik bagi peserta didik agar menjadi generasi millennial sebagai penerus bangsa dan negara. Permasalahan utama dalam penelitian ini adalah bagaimana peran guru pendidikan pancasila dan kewarganegaraan dalam membangun sikap nasionalisme pada siswa sebagai generasi millennial. Tujuan penelitian adalah untuk mengetahui peran dan faktor penghambat guru dalam membangun sikap nasionalisme pada siswa. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah studi deskriptif kualitatif bertujuan untuk mengetahui tentang sesuatu secara mendalam. Penelitian Deskriptif berkaitan dengan pengumpulan fakta dan data secara valid untuk memberikan gambaran mengenai objek yang diteliti, sedangkan untuk memperoleh data dilapangan peneliti menggunakan teknik observasi, wawancara dan dokumentasi. Kesimpulan dari hasil penelitian yaitu: (1) Peran yang dilakukan guru dalam membangkitkan nasionalisme siswa dapat dilaksanakan pada saat kegiatan belajaran mengajar di kelas, melalui mata pelajaran yang di berikan oleh guru, dalam kegiatan belajar mengajar harus memberikan materi yang berkaitan dengan sikap nasionalisme pada siswa dengan menggunakan media dan memberi contoh nyata kepada siswa untuk dapat ditiru oleh siswa dalam pergaulan di lingkungan sekolah maupun masyarakat . (2) Guru pendidikan pancasila dan kewarganegaraan dalam menyikapi generasi millennial memiliki berbagai faktor-faktor hambatan yang dapat mempengaruhi sikap nasionalisme pada siswa. (3) Faktor menghambat guru dalam membangkitkan sikap nasionalime hal ini pada diri siswa sendiri sebab sebagian siswa belum memahami sikap nasionalisme, ada dua faktor yaitu faktor internal diri siswa itu sendiri yang tidak membangkitkan sikap nasionalime di sekolah dan faktor ekternal lingkungan karena walaupun siswa membangkitkan sikap nasionalime tetapi ada pengaruh dari lingkungan. (4) Upaya guru pendidikan pancasila dan kewarganegaraan dalam membangun sikap nasionalisme peserta didik harus membiasakan dengan memakai produk-produk dalam negeri dan memakai pakaian adat di hari-hari nasional. (5) Adanya kerja sama antara orang tua, sekolah dan lingkungan masyarakat yang dapat menyaring budaya luar dan menyelamatkan siswa dari pengaruh negative pada siswa dapat meraih prestasi dan menjunjung tinggi budi pekerti. Kata Kunci : Peran Guru, Sikap Nasionalisme dan Generasi Millennial

Item Type: Thesis (Skripsi(S1))
Subjects: S1-Skripsi
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > PPKN 2018
Depositing User: Mr Bayu Anggi Pranata
Date Deposited: 03 Oct 2018 02:15
Last Modified: 03 Oct 2018 02:15
URI: http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/37202

Actions (login required)

View Item View Item