PENGGUNAAN MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING (PBL) UNTUK MENINGKATKAN SIKAP PERCAYA DIRI PADA PESERTA DIDIK KELAS IV. (Penelitian Tindakan Kelas Tema Kayanya Negeriku Subtema Pelestarian Kekayaan Sumber Daya Alam di Indonesia SDN Sindangpanon Kec. Banjaran Tahun Pelajaran 2017/2018).

Muhammad Ikhsan Akhsani, 145060236 (2018) PENGGUNAAN MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING (PBL) UNTUK MENINGKATKAN SIKAP PERCAYA DIRI PADA PESERTA DIDIK KELAS IV. (Penelitian Tindakan Kelas Tema Kayanya Negeriku Subtema Pelestarian Kekayaan Sumber Daya Alam di Indonesia SDN Sindangpanon Kec. Banjaran Tahun Pelajaran 2017/2018). Skripsi(S1) thesis, FKIP UNPAS.

[img]
Preview
Text
1. Cover Isan (Skripsi).pdf

Download (36kB) | Preview
[img]
Preview
Text
7. Abstrak B.Indo Isan.pdf

Download (34kB) | Preview
[img]
Preview
Text
7. Abstrak B.inggris Isan.pdf

Download (107kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Abstrak Sunda isan.pdf

Download (7kB) | Preview
[img]
Preview
Text
12. BAB 1 Bismillah Skripsi Isan.pdf

Download (156kB) | Preview
[img]
Preview
Text
13. BAB II Bismillah Skripsi Isan.pdf

Download (635kB) | Preview
[img]
Preview
Text
14. BAB III Bismillah Skripsi Isan.pdf

Download (1MB) | Preview
[img] Text
15. BAB IV Bismillah Isan.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img] Text
16. BAB V Bismillah Skripsi Isan.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (164kB)
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (207kB) | Preview
Official URL: http://fkip.unpas.ac.id/

Abstract

Permasalahan penelitian ini adalah kurangnya sikap percaya diri peserta didik pada pembelajaran tema 9 Kayanya Negeriku subtema 3 pemanfaatan kekayaan sumber daya alam di Indonesia di kelas IV SDN Sindangpanon. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan sikap percaya diri peserta didik melalui penggunaan model Problem Based Learning pada pembelajaran tema 9 Kayanya Negeriku subtema 3 pemanfaatan kekayaan sumber daya alam di Indonesia di kelas IV. Subjek dalam penelitian ini adalah peserta didik kelas IV SDN Sindangpanon sebanyak 37 orang peserta didik. Objek Penelitian Tindakan Kelas (PTK) ini peningkatan sikap percaya diri peserta didik pada tema 9 Kayanya Negeriku subtema 3 pemanfaatan kekayaan sumber daya alam di Indonesia dengan menggunakan model Problem Based Learning. Pelaksanaan PTK ini dilakukan sebanyak 3 siklus dan tiap siklus dilaksanakan dengan 2 kali pertemuan, pada tiap siklus dilakukan observasi untuk mengetahui peningkatan sikap percaya diri peserta didik. Hasil penelitian dapat dikemukakan bahwa pada siklus I jumlah rata-rata skor sikap percaya diri yang didapat peserta didik sebesar 49,16 dengan persentase ketuntasan peserta didik mencapai 14%, sedangkan yang belum tuntas mencapai 86%. Lalu jumlah rata-rata skor hasil belajar yang didapat peserta didik 56,75 dengan persentase ketuntasan peserta didik mencapai 30%, sedangkan yang belum tuntas mencapai 70%. Pada siklus II jumlah rata-rata skor sikap percaya diri yang didapat peserta didik meningkat menjadi sebesar 69,27 dengan dengan persentase ketuntasan peserta didik 62%, sedangkan yang belum tuntas mencapai 38%. Lalu jumlah rata-rata skor hasil belajar yang didapat peserta didik 64,40 dengan persentase ketuntasan peserta didik meningkat mencapai 57%, sedangkan yang belum tuntas mencapai 43%. Selanjutnya pada siklus III jumlah rata-rata skor sikap percaya diri yang didapat peserta didik sangat meningkat menjadi sebesar 77,73 dengan persentase ketuntasan peserta didik 89% dengan kategori baik, sedangkan yang belum tuntas hanya mencapai 11%. Lalu jumlah rata-rata skor hasil belajar yang didapat peserta didik 73,32 dengan persentase ketuntasan peserta didik sangat meningkat mencapai 86%, sedangkan yang belum tuntas mencapai 14%. Dengan demikian dapat dikemukakan kesimpulan bahwa penerapan model Problem Based Learning dapat meningkatkan sikap percaya diri dan hasil belajar peserta didik pada pembelajaran tematik tema 9 Kayanya Negeriku subtema 3 pemanfaatan kekayaan sumber daya alam di Indonesia di kelas IV SDN Sindangpanon. Kata Kunci: Model Pembelajaran Problem Based Learning, Sikap Percaya Diri peserta didik.

Item Type: Thesis (Skripsi(S1))
Subjects: S1-Skripsi
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > PGSD 2018
Depositing User: Mr Bayu Anggi Pranata
Date Deposited: 02 Oct 2018 10:08
Last Modified: 02 Oct 2018 10:08
URI: http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/37153

Actions (login required)

View Item View Item