Anna Rosita, 145060228 (2018) PENERAPAN MODEL PROBLEM BASED LEARNING UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA PADA SUBTEMA KEBERAGAMAN BUDAYA BANGSAKU (Penelitian Tindakan Kelas Pada Pembelajaran Tema 1 Indahnya Kebersamaan Subtema 1 Keberagaman Budaya Bangsaku Pada Siswa Kelas IV B Semester 1 SDN 043 Cimuncang Kecamatan Cibeunying Kidul Kota Bandung Tahun Ajaran 2018/2019). Skripsi(S1) thesis, FKIP UNPAS.
|
Text
COVER.pdf Download (27kB) | Preview |
|
|
Text
ABSTRAK.pdf Download (150kB) | Preview |
|
|
Text
ABSTRAK BAHASA SUNDA.pdf Download (147kB) | Preview |
|
|
Text
ABTRAK BAHASA INGGRIS.pdf Download (343kB) | Preview |
|
|
Text
BAB I.pdf Download (322kB) | Preview |
|
|
Text
BAB II.pdf Download (855kB) | Preview |
|
|
Text
BAB III.pdf Download (1MB) | Preview |
|
Text
BAB IV.pdf Restricted to Repository staff only Download (3MB) |
||
Text
BAB V.pdf Restricted to Repository staff only Download (270kB) |
||
|
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (257kB) | Preview |
Abstract
Penelitian tidakan kelas ini dilaksanakan dengan tujuan untuk meningkatkan hasil belajar siswa melalui model problem based learning pada subtema keberagaman budaya bangsaku. Penulis melakukan tindakan kelas di kelas IV B SDN 043 Cimuncang Kecamatan Cibeunying Kidul Kota Bandung. Penelitian ini dilatar belakangi dengan keadaan siswa kurang aktif dalam proses pembelajaran, kurangnya pemahaman siswa pada saat pembelajaran, siswa kurang memiliki sikap peduli terhadap belajar dalam pembelajaran dan hasil belajar yang rendah. Terkait dengan proses pembelajaran, metode ceramah mendominasi aktifitas belajar yang dilakukan maka penyampaian materi pembelajaran kurang maksimal sehingga kegiatan proses pembelajaran masih belum terlaksana dengan efektif. Penelitian ini menggunakan metode Penelitian Tindakan Kelas dengan menggunakan sistem siklus yang terdiri dari perencanaan, pelaksanaan, observasi, analisis dan refleksi. Penelitian ini dilaksanakan dalam 3 siklus setiap siklus terdiri dari 2 pembelajaran. Dalam penelitian ini intrumen yang digunakan peneliti adalah lembar tes, lembar observasi rencana pelaksanaan pembelajaran, lembar pelaksanaan pembelajaran. berdasarkan hasil penelitian menunjukkan bahwa dengan menerapkan model problem based learning dapat meningkatkan hasil belajar siswa. Hal tersebut dapat dilihat dari pertama, adanya peningkatan penyusunan rencana pelaksanaan pembelajaran (siklus I mencapai nilai 2.8 atau 70%, siklus II mencapai nilai 3.45 atau 86.25%, siklus III mencapai nilai 3.7 atau 92.5%). Kedua, adanya peningkatan pelaksanaan pembelajaran (siklus I mencapai nilai 2.82 atau 70.5%, siklus II mencapai nilai 3.48 atau 87%, siklus III mencapai nilai 3.87 atau 96.75%). Ketiga, adanya peningkatan hasil belajar (siklus I mencapai 38%, siklus II mencapai 70.5%, dan siklus III mencapai 85,3%). Keempat, adanya peningkatan sikap peduli siswa (siklus I 42.64%, siklus II 63.24% dan siklus III 80%). Kesimpulan yang diperoleh dari penelitian ini bahwa penerapan model problem based learning pada tema Indahnya Kebersamaan subtema Keberagaman Budaya Bangsaku dapat meningkatkan sikap peduli dan hasil belajar siswa di kelas IV B SDN 043 Cimuncang Kota Bandung. Kata Kunci: Problem Based Learning, dan Hasil Belajar Siswa.
Item Type: | Thesis (Skripsi(S1)) |
---|---|
Subjects: | S1-Skripsi |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > PGSD 2018 |
Depositing User: | Mr Bayu Anggi Pranata |
Date Deposited: | 02 Oct 2018 10:01 |
Last Modified: | 02 Oct 2018 10:01 |
URI: | http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/37151 |
Actions (login required)
View Item |