SONY PRATAMA, 145020074 (2018) PENGARUH PROFESIONALISME GURU TERHADAP PRESTASI BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN EKONOMI DI SMA PASUNDAN 1 BANDUNG TAHUN AJARAN 2017/2018 ( Penelitian Pada Siswa Kelas XI IPS Semester II ). Skripsi(S1) thesis, FKIP UNPAS.
|
Text
1. COVER.pdf Download (85kB) | Preview |
|
|
Text
5. ABSTRAK INDONESIA.pdf Download (72kB) | Preview |
|
|
Text
6.ABSTRACT INGGRIS.pdf Download (42kB) | Preview |
|
|
Text
7. ABSTRAK SUNDA.pdf Download (42kB) | Preview |
|
|
Text
14. BAB I.pdf Download (312kB) | Preview |
|
|
Text
15. BAB II.pdf Download (121kB) | Preview |
|
|
Text
16. BAB III.pdf Download (122kB) | Preview |
|
Text
17. BAB IV.pdf Restricted to Repository staff only Download (381kB) |
||
|
Text
18. BAB V.pdf Download (56kB) | Preview |
|
|
Text
19. DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (65kB) | Preview |
Abstract
Judul penelitian ini Pengaruh Profesional Guru Terhadap Prestasi Belajar Siswa (Mata pelajaran ekonomi di kelas XI IPS SMA Pasundan 1 Bandung semester genap tahun ajaran 2017/2018 ). Tujuan dari penelitian ini adalah : (1) Untuk mengetahui gambaran kinerja profesionalisme guru dalam mata pelajaran ekonomi di SMA Pasundan 1 Bandung. (2) Untuk mengetahui seberapa besar pengaruh kompetensi professional guru terhadap prestasi belajar siswa pada mata pelajaran ekonomi dikelas XI IPS SMA Pasundan 1 Bandung. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah Asosiatif Kausal. Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu angket dengan teknik pengolahan data uji validitas, uji reliabilitas, uji normalitas data, analisisregresi linier sederhana dan koefisien determinasi. Hipotesis penelitian berbungi “Profesional Guru Berpengaruh Positif Terhadap Prestasi Belajar Siswa Kelas XI IPS di SMA Pasundan 1 Bandung”. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa terdapat pengaruh professional guru terhadap prestasi belajar siswa. Hal ini dilihat dari hasil pengolahan data menggunakan program SPSS 21,0. Hasil olah data terdapat korelasi antara variabel X dan variabel Y sebesar 0,847 yang berarti korelasi tesebut positif dan kuat. Hasil olah data memperlihatkan terdapat pengaruh professional guru terhadap prestasi belajar siswa pada pelajaran ekonomi di kelas XI IPS di SMA Pasundan 1Bandung sebesar 84,7% dan 15,3% ditentukan oleh faktor lain. Hasil pembahasan memperlihatkan faktor utama yang mempengaruhi variabel Y berasal dari indikator variabel X yaitu : (1) Memiliki keterampilan mengajar yang baik, (2) Memiliki wawasan yang luas, (3) Menguasai kurikulum, (4) Menguasai media pembelajaran, (5) Penguasaan teknologi, (6) Memiliki kepribadian yang baik, (7) Menjadi teladan yang baik. Kesimpulan berdasarkan hasil hipotesis penelitian dapat diterima. Sebagai akhir penelitian penulis menyampaikan saran kepada guru agar dalam meningkatkan profesional guru sesuai dengan perannya masing-masing dalam meningkatkan kualitas proses belajar mengajar guna tercapainya prestasi belajar siswa yang optimal sehingga peningkatan kualitas sekolah akan lebih baik. Kata Kunci: Profesional Guru, Prestasi Belajar Siswa
Item Type: | Thesis (Skripsi(S1)) |
---|---|
Subjects: | S1-Skripsi |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Akuntansi 2018 |
Depositing User: | Mr Bayu Anggi Pranata |
Date Deposited: | 02 Oct 2018 04:07 |
Last Modified: | 08 Oct 2018 02:45 |
URI: | http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/37092 |
Actions (login required)
View Item |