RIZKY AGUSTIANTI, 145030136 (2018) PEMBELAJARAN MENGONSTRUKSI CERITA PENDEK DENGAN MEMPERHATIKAN UNSUR-UNSUR PEMBANGUN MENGGUNAKAN METODE SUGESTI IMAJINATIF PADA KELAS XI MA INSAN MANDIRI TAHUN AJARAN 2018/2019. Skripsi(S1) thesis, FKIP UNPAS.
|
Text
cover skripsi.pdf Download (24kB) | Preview |
|
|
Text
abstrak indo.pdf Download (88kB) | Preview |
|
|
Text
abstrak inggris.pdf Download (88kB) | Preview |
|
|
Text
abstrak sunda.pdf Download (87kB) | Preview |
|
|
Text
BAB I.pdf Download (41kB) | Preview |
|
|
Text
BAB II.pdf Download (111kB) | Preview |
|
|
Text
BAB III.pdf Download (177kB) | Preview |
|
Text
BAB IV.pdf Restricted to Repository staff only Download (922kB) |
||
Text
Bab V.pdf Restricted to Repository staff only Download (23kB) |
||
|
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (7kB) | Preview |
Abstract
Menulis merupakan pusat pengaplikasian berbagai pengetahuan yang telah didapat dari aktivitas menyimak, membaca, dan berbicara kemudian mengalihkannya ke dalam rangkaian kata dan bahasa yang memiliki makna dan tujuan. Pranoto (2004, hlm. 9) bahwa menulis berarti menuangkan buah pikiran ke dalam bentuk tulisan atau menceritakan sesuatu kepada orang lain melalui tulisan. Tulisan juga banyak jenisnya, salah satu jenis tulisan adalah teks cerpen, cerpen juga tersusun atas unsur-unsur pembangun cerita yang saling berkaitan erat antara satu dengan yang lainnya. Keterkaitan antara unsur-unsur pembangun cerita tersebut membentuk totalitas yang bersifat abstrak. Koherensi dan keterpaduan semua unsur cerita yang membentuk sebuah totalitas amat menentukan keindahan dan keberhasilan cerpen sebagai suatu bentuk ciptaan sastra. Sastra memberikan bukti berbagai sintaksis terluas, variasi yang kaya dari perbedaan kosakata. Hal ini memberikan contoh penggunaan bahasa menjadi lebih efektif, halus, dan sugestif. Penelitian mengenai pelaksanaan mengonstruksi teks cerpen tersebut sangat penting dilakukan. Hali ini untuk mengetahui sejauh mana guru mata pelajaran bahasa Indonesia kelas XI memahami teks, mengajarkan kepada peserta didik, dan melakukan evaluasi pembelajaran. Metode sugesti imajinatif efektif digunakan dalam pembelajaran mengonstruksi cerpen, hal itu dapat dibuktikan dengan nilai rata-rata pretes kelas ekperimen yaitu 43,15 sedangkan nilai rata-rata postes kelas eksperimen 85,78. Nilai rata-rata prates kelas kontrol 10,63 sedangkan pascates kelas kontrol 23,31. Maka dari itu, selisih nilai pretes dan postes kelas ekperimen sebesar 54,21 seangkan prates dan pascatest kelas kontrol sebesar 11,20 dan merupakan tanda mengalami perubahan yang termasuk signifikan dengan pengujian statistik t hitung > t tabel yakni 26,65 > 2,101 pada tingkat kepercayaan 95 % dan derajat kebebasan 18. Artinya terdapat perbedaan yang signifikan antara hasil pretes dan postes. Berdasarkan hasil analisis tersebut penulis menyimpulkan bahwa metode sugesti imanitaif dapat menjadi salah satu rekomendasi metode pembelajaran yang dapat digunakan dalam pembelajaran teks cerpen di sekolah. Kata kunci: teks cerpen, metode sugesti imajinatif, pembelajaran.
Item Type: | Thesis (Skripsi(S1)) |
---|---|
Subjects: | S1-Skripsi |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Bahasa Indonesia 2018 |
Depositing User: | Mr Bayu Anggi Pranata |
Date Deposited: | 02 Oct 2018 03:26 |
Last Modified: | 02 Oct 2018 03:26 |
URI: | http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/37069 |
Actions (login required)
View Item |