Rifny Rianty Nurislam, 145060124 (2018) PENERAPAN MODEL PROBLEM BASED LEARNING UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA PADA SUBTEMA KEBERSAMAAN DALAM KEBERAGAMAN (Penelitian Tindakan Kelas pada Siswa Kelas IV Sekolah Dasar Negeri Malakasari Kecamatan Baleendah Kabupaten Bandung). Skripsi(S1) thesis, FKIP UNPAS.
|
Text
1.COVER.pdf Download (49kB) | Preview |
|
|
Text
6. ABSTRACK indo.pdf Download (86kB) | Preview |
|
|
Text
ABSTRAK INGGRIS.pdf Download (87kB) | Preview |
|
|
Text
abstrak sunda.pdf Download (87kB) | Preview |
|
|
Text
BAB I.pdf Download (281kB) | Preview |
|
|
Text
BAB II.pdf Download (502kB) | Preview |
|
|
Text
BAB III.pdf Download (587kB) | Preview |
|
Text
BAB IV.pdf Restricted to Repository staff only Download (3MB) |
||
Text
BAB V.pdf Restricted to Repository staff only Download (174kB) |
||
|
Text
1. DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (321kB) | Preview |
Abstract
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh kenyataan di lapangan bahwa guru masih menggunakan metode konvensionalyaitu metode ceramah, rendahnya penggunaan model pembelajaran yang digunakan, sehingga siswa kurang aktif dalam proses pembelajaran yang mengakibatkan hasil belajar siswa rendah. Penelitian Tindakan Kelas ini berisi tentang penerapan model Problem Based Learning yang bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar siswa SDN Malakasari dikelas IV Kecamatan Baleendah Kabupaten Bandung pada subtema Kebersamaan dalam Keberagaman. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode penelitian tindakan kelas (PTK) dengan menggunakan desain Arikunto. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah teknik observasi, teknik evaluasi, wawancara, angket, dokumentasi. Adapun hasil belajar siswa siklus 1 sikap peduli memperoleh nilai 54% siklus II memperoleh nilai 69% dan siklus III memperoleh nilai 80%. Penilaian sikap santun pada siklus I memperoleh nilai 54% , pada siklus II memperoleh nilai 61% dan terakhir pada siklus III memperoleh nilai 83% .Penilaian Kognitif pada siklus I memperoleh nilai 54%, siklus II memperoleh nilai 61% dan terakhir pada siklus III memperoleh nilai 88%. Penilaian psikomotor pada siklus I 54%, siklus II memperoleh nilai 73% dan terakhir pada siklus III memperoleh nilai 85%. Dengan demikian penggunaan model PBL mampu meningkatkan hasil belajar siswa pada subtema Kebersamaan dalam Keberagaman, Sehubungan dengan itu direkomendasikan kepada guru untuk menggunakan model Problem Based Learning sebagai salah satu untuk meningkatkan hasil belajar siswa. Kata Kunci: problem based learning, penelitian tindakan kelas, hasil belajar.
Item Type: | Thesis (Skripsi(S1)) |
---|---|
Subjects: | S1-Skripsi |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > PGSD 2018 |
Depositing User: | Mr Bayu Anggi Pranata |
Date Deposited: | 02 Oct 2018 02:01 |
Last Modified: | 02 Oct 2018 02:01 |
URI: | http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/37050 |
Actions (login required)
View Item |