DESTIYANI, 115030202 (2016) PEMBELAJARAN MENGINTERPRETASI TEKS PROSEDUR KOMPLEKS DENGAN MODEL VISUAL, AUDITORY, KINESTETIK (VAK) PADA SISWA KELAS X SMA NEGERI 1 CIKALONGWETAN TAHUN PELAJARAN 2015/2016. Skripsi(S1) thesis, FKIP UNPAS.
Text
coover.docx Download (48kB) |
|
Text
ABSTRAK.docx Download (20kB) |
|
Text
BAB I sip.docx Download (37kB) |
Abstract
Teks Prosedur kompleks adalah suatu Teks yang menjelaskan tentang cara atau langkah-langkah untuk mempraktikan atau membuat sesuatu secara jelas dan terperinci sesuai dengan yang telah ditentukan. Teks tersebut memilliki struktur, yaitu pendahuluan, langkah-langkah, penutup. Model visual, auditory, kinestetik adalah untuk menciptakan proses belajar menjadi aktif dan kondusif di dalam kelas, serta menumbuhkan rasa percaya diri dari semua peserta di dalam meningkatkan pengetahuan dan keterampilan. Sehubung dengan hal tersebut, penulis tertarik untuk melakukan penelitian mengenai pembelajaran menginterpretasi teks prosedur kompleks dengan menggunakan model visual, auditory, kinestetik pada siswa kelas X SMA Negeri 1 Cikalongwetan tahun pelajaran 2015/2016. Rumusan masalah yang penulis ajukan sebagai berikut: 1) Mampukah penulis merencanakan, melaksanakan, dan menilai pembelajaran menginterpretasi teks prosedur kompleks dengan menggunakan model pembelajaran VAK (visual, auditory, kinesthetic) pada siswa kelas X SMAN 1 Cikalongwetan? 2) Mampukah siswa kelas X SMAN 1 Cikalongwetan menginterpretasi makna tersurat dan tersirat teks prosedur kompleks? 3) Efektifkah model pembelajaran VAK (visual, auditory, kinesthetic) di dalam pembelajaran menginterpretasi teks prosedur kompleks pada siswa kelas X SMAN 1 Cikalongwetan ? Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kemampuan penulis, kemampuan peserta didik dan ketepatan model visual, auditory dalam pembelajaran mengintrpretasi teks prosedur kompleks. Hipotesis yang penulis rumuskan yaitu 1) Penulis mampu merencanakan, melaksanakan, dan menilai pembelajaran menginterpretasi teks prosedur kompleks menggunakan model pembelajaran VAK (Visual Auditori Kinestetik) pada siswa kelas X SMAN 1 Cikalongwetan. 2) Peserta didik kelas X SMAN 1 Cikalongwetan mampu menginterpretasi makna tersirat dan makna tersurat yang terdapat dalam teks prosedur kompleks. 3) Model VAK (Visual Auditori Kinestetik) efektif digunakan dalam pembelajaran menginterpretasi teks prosedur kompleks pada siswa kelas X SMAN 1 Cikalongwetan. Metode penelitian yang penulis gunakan adalah metode eksperimen semu dengan teknik penelitian telaah pustaka, uji coba, tes, dan analisis. Adapun hasil penelitiannya sebagai berikut. 1. Penulis mampu merencanakan, melaksanakan, dan menilai pembelajaran menginterpretasi teks prosedur kompleks dengan menggunakan model visual, auditory, kinestetik pada siswa kelas X SMA Negeri 1 Cikalong Wetan. Hal ini terbukti dari hasil nilai perencanaan sebesar 3,8 dan pelaksanaan sebesar 3,8. 2. Siswa kelas X SMA Negeri 1 Cikalong Wetan mampu menginterpretasi teks prosedur kompleks dengan menggunakan model visual auditory, kinestetik. Hal ini terbukti dari nilai rata-rata pretest yaitu 1,30 dan nilai rata-rata posttest yaitu 3,37. Jadi, ada peningkatan sebesar 2,07. 3. Model visual, auditory, kinestetik efektif digunakan dalam pembelajaran menginterpretasi teks prosedur kompleks pada siswa kelas X SMA Negeri 1 Cikalong Wetan. Hal ini terbukti dari hasil perhitungan statistik dengan hasil thitung 33,93 >ttabel 2,04 yakni pada tingkat kepercayaan 95% dan d.b sebesar 29. Kata Kunci: Menginterpretasi teks prosedur kompleks, model visual, auditory, kinestetik, makna tersurat, makna tersirat
Item Type: | Thesis (Skripsi(S1)) |
---|---|
Subjects: | S1-Skripsi |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Bahasa Indonesia 2011 |
Depositing User: | Mr Andi Wijaya |
Date Deposited: | 17 Mar 2016 06:08 |
Last Modified: | 17 Mar 2016 06:08 |
URI: | http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/370 |
Actions (login required)
View Item |