DEBORA MALAU, 145050035 (2018) PENINGKATAN KEMAMPUAN PENALARAN MATEMATIS DAN SELF-CONCEPT PADA SISWA SMA MELALUI MODEL RECIPROCAL TEACHING. Skripsi(S1) thesis, FKIP UNPAS.
| 
 | Text COVER.pdf Download (51kB) | Preview | |
| 
 | Text ABSTRAK.pdf Download (33kB) | Preview | |
| 
 | Text ABSTRACT.pdf Download (31kB) | Preview | |
| 
 | Text BAB 1.pdf Download (158kB) | Preview | |
| 
 | Text BAB 2.pdf Download (174kB) | Preview | |
| 
 | Text BAB 3.pdf Download (374kB) | Preview | |
| ![[img]](http://repository.unpas.ac.id/style/images/fileicons/text.png) | Text Bab 4.pdf Restricted to Repository staff only Download (563kB) | |
| ![[img]](http://repository.unpas.ac.id/style/images/fileicons/text.png) | Text Bab 5.pdf Restricted to Repository staff only Download (36kB) | |
| 
 | Text DAPUS BARU.pdf Download (116kB) | Preview | 
Abstract
Mempelajari matematika berkaitan dengan mempelajari ide-ide atau konsep-konsep yang bersifat abstrak yang membutuhkan penalaran matematis. Demikian pula, self-concept peserta didik haruslah ditanam dan ditumbuhkembangkan dalam diri peserta didik, karena melihat pentingnya peranannya dalam pembelajaran matematika. Dalam hal ini, kemampuan penalaran matematis dan self-concept peserta didik masih tergolong rendah maka diperlukan perubahan terhadap model pembelajaran yang digunakan salah satunya model Reciprocal Teaching. Penelitian ini bertujuan: (1) Untuk mengetahui apakah peningkatan kemampuan penalaran matematis peserta didik yang memperoleh model Reciprocal Teaching lebih baik daripada siswa yang memperoleh pembelajaran biasa; (2) Untuk mengetahui apakah kemampuan penalaran matematis peserta didik yang memperoleh model Reciprocal Teaching lebih tinggi daripada peserta didik yang memperoleh pembelajaran biasa; (3) Untuk mengetahui apakah self-concept peserta didik yang memperoleh model Reciprocal Teaching lebih baik daripada peserta didik yang memperoleh pembelajaran biasa; (4) Untuk mengetahui apakah terdapat korelasi antara kemampuan penalaran matematis dan self-concept peserta didik yang memperoleh model Reciprocal Teaching. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah eksperimen kuasi. Populasi penelitian ini adalah peserta didik kelas XI SMAN 6 Bandung. Sampel penelitiannya yaitu kelas XI MIPA 4 sebagai kelas eksperimen yang memperoleh model Reciprocal Teaching dan kelas XI MIPA 2 sebagai kelas kontrol yang memperoleh pembelajaran biasa. Data yang terkumpul diolah menggunakan software IBM SPSS 24.0 for windows. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) Kemampuan penalaran matematis peserta didik yang memperoleh model Reciprocal Teaching lebih baik daripada peserta didik yang memperoleh pembelajaran biasa; (2) Peningkatan kemampuan penalaran matematis peserta didik yang memperoleh model Reciprocal Teaching lebih tinggi daripada peserta didik yang memperoleh pembelajaran biasa; (3) Self-concept matematis peserta didik yang memperoleh model Reciprocal Teaching lebih baik daripada peserta didik yang memperoleh pembelajaran biasa; (4) Terdapat korelasi antara kemampuan penalaran matematis dan self-concept peserta didik yang memperoleh model Reciprocal Teaching. Kata kunci : Model Reciprocal Teaching, kemampuan penalaran matematis, Self-concept
| Item Type: | Thesis (Skripsi(S1)) | 
|---|---|
| Subjects: | S1-Skripsi | 
| Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Matematika 2018 | 
| Depositing User: | Mr Bayu Anggi Pranata | 
| Date Deposited: | 27 Sep 2018 03:55 | 
| Last Modified: | 27 Sep 2018 03:55 | 
| URI: | http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/36955 | 
Actions (login required)
|  | View Item | 
 
        