SANDY RAMDHANI HIDAYAT, 145020039 (2018) PENERAPAN METODE PEMBELAJARAN KOOPERATIF GROUP INVESTIGATION (GI) DALAM MENINGKATKAN KOMPETENSI BELAJAR SISWA MATA PELAJARAN EKONOMI PADA SISWA KELAS X IPS 2 SMAN 1 SOREANG KABUPATEN BANDUNG TAHUN PELAJARAN 2017/2018. Skripsi(S1) thesis, FKIP UNPAS.
|
Text
COVER.pdf Download (37kB) | Preview |
|
|
Text
ABSTRAK BAHASA INDONESIA.pdf Download (145kB) | Preview |
|
|
Text
ABSTRAK BAHASA INGGRIS.pdf Download (84kB) | Preview |
|
|
Text
ABSTRAK BAHASA SUNDA.pdf Download (137kB) | Preview |
|
|
Text
BAB I.pdf Download (232kB) | Preview |
|
|
Text
BAB II.pdf Download (291kB) | Preview |
|
|
Text
BAB III.pdf Download (539kB) | Preview |
|
Text
BAB IV.pdf Restricted to Repository staff only Download (911kB) |
||
Text
BAB V.pdf Restricted to Repository staff only Download (152kB) |
||
|
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (91kB) | Preview |
Abstract
Judul penelitian ini “Penerapan Metode Pembelajaran Kooperatif Group Investigation Dalam Meningkatkan Kompetensi Belajar Siswa Mata Pelajaran Ekonomi Pada Siswa Kelas X IPS 2 SMA Negeri 1 Soreang Kabupaten Bandung Tahun Pelajaran 2017/2018”. Dilatar belakangi adanya Permasalahan dalam penelitian ini adalah rendahnya kompetensi belajar peserta didik pada mata pelajaran ekonomi yang didukung masih rendahnya nilai rata-rata dibawah Kriteria Ketuntasan Minimal (KKM) di SMAN 1 SOREANG Kabupaten Bandung. Tujuan dari penelitian ini adalah (1) untuk mengetahui perbedaan kompetensi belajar peserta didik sebelum dan sesudah pembelajaran dengan menggunakan metode pembelajaran kooperatif group investigation pada kelas eksperimen, (2) untuk mengetahui perbedaan kompetensi belajar peserta didik sebelum dan sesudah pembelajaran dengan menggunakan metode pembelajaran kooperatif group investigation pada kelas eksperimen, dan (3) untuk mengetahui perbedaan peningkatan kompetensi belajar peserta didik antara kelas eksperimen yang menggunakan metode kooperatif group investigation dengan kelas kontrol yang menggunakan kooperatif group investigation di SMAN 1 SOREANG Kabupaten Bandung. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah kuasi eksperimen. Populasi dalam penelitian ini adalah kelas X IPS 2 SMAN 1 SOREANG Kabupaten Bandung tahun pelajaran 2017-2018. Adapun sampel penelitiannya adalah sebanyak dua kelompok kelas yaitu peserta didik kelas X IPS 2 SMAN 1 SOREANG Kabupaten Bandung yang dipilih secara acak dari populasi yang ada. Instrumen yang digunakan dalam penelitian berupa tes tipe pilihan ganda. Analisis data dilakukan dengan menggunakan uji-t melalui program SPSS 20.0 for Windows yaitu dengan menggunakan Independent Sample T-Tes. Berdasarkan analisis data hasil penelitian, diperoleh pada tes akhir (postest) nilai signifikasi (2-tailed) adalah 0,000. Oleh karena nilai siginifikannya <0,05, kesimpulan bahwa terdapat perbedaan kompetensi belajar antara peserta didik kelas eksperimen yang proses pembelajaran yang menggunakan metode pembelajaran kooperatif group investigation dengan peserta didik kelas kontrol sebelum perlakuan pada saat pretest yaitu sebesar 54,69. Setelah diberikan sebuah perlakuan skor rata-rata hasil postest mengalami peningkatan yaitu sebesar 85,16. Sehingga diperoleh N-gain kompetensi belajar pada kelas kontrol yaitu sebesar 0,46 (0,50<0,70). Sebagai akhir penelitian, peneliti menyampaikan saran kepada penulis menyarankan kepada guru agar menciptakan suasana belajar yang efektif dan menyenangkan agar kompetensi belajar peserta didik dapat lebih meningkat. Kata Kunci : Metode Pembelajaran Kooperatif Group Investigation, Kompetensi Belajar.
Item Type: | Thesis (Skripsi(S1)) |
---|---|
Subjects: | S1-Skripsi |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Akuntansi 2018 |
Depositing User: | mr Bayu Anggi Pranata |
Date Deposited: | 20 Sep 2018 03:37 |
Last Modified: | 20 Sep 2018 03:37 |
URI: | http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/36536 |
Actions (login required)
View Item |