NADYA DEVIANTI, 145020040 (2018) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF DENGAN MENGGUNAKAN TEKNIK MAKE A MATCH TERHADAP PEMAHAMAN KONSEP PESERTA DIDIK (Studi Kuasi Eksperimen Mata Pelajaran Ekonomi Materi Lembaga Perbankan di Indonesia Kelas X – IIS SMA Negeri 1 Telagasari – Karawang Tahun Ajaran 2017/2018). Skripsi(S1) thesis, FKIP UNPAS.
|
Text
Cover.pdf Download (79kB) | Preview |
|
|
Text
Abstrak (Bahasa Indonesia).pdf Download (87kB) | Preview |
|
|
Text
Abstrak ( Bahasa Inggris ).pdf Download (149kB) | Preview |
|
|
Text
Abstrak ( Bahasa Sunda).pdf Download (332kB) | Preview |
|
|
Text
Bab 1.pdf Download (451kB) | Preview |
|
|
Text
Bab 2.pdf Download (466kB) | Preview |
|
|
Text
Bab 3.pdf Download (703kB) | Preview |
|
Text
Bab 4.pdf Restricted to Repository staff only Download (1MB) |
||
Text
Bab 5.pdf Restricted to Repository staff only Download (257kB) |
||
|
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (160kB) | Preview |
Abstract
Penelitian ini berjudul “Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Dengan Menggunakan Teknik Make a MacthTerhadap Pemahaman Konsep Peserta Didik. Pada Mata Pelajaran Ekonomi ( Studi Kuasi Materi Lembaga Perbankan DiIndonesia Kelas X - IIS SMA Negeri 1 Telagasari – Karawang Tahun Ajaran 2017/2018)”. Dilatar belakangi oleh : (i) untuk mengetahui apakah perbedaan tingkat pemahaman konsep peserta didik pada kelompok eksperimen dengan menggunakan teknik make a matchpada test awal (pretest)dan test akhir (posttest)(ii) untuk mengetahui apakah terdapat perbedaan tingkat pemahaman konsep peserta didik pada kelompok kontrol dengan menggunakan model pembelajaran konvensional pada test awal (pretest)dan test akhir (posttest). (iii) untuk mengetahui perbedaan pemahaman konsep peserta didik antara kelas kontrol dan eksperimen. (vi) dan untuk mengetahui berapa besar pengaruh model pembelajaran kooperatif teknik make a match terhadap pemahaman konsep peserta didik mata pelajaran ekonomi materi Lembaga perbankan di Indonesia kelas X – IIS SMA Negeri 1 Telagasari – Karawang. Penelitian ini menggunakan metode eksperimen dengan desain penelitian Nonequivalent Control Group pretets posttest. Sampel penelitian ini adalah siswa kelas X – IIS 1 dan X – IIS 2 SMA Negeri 1 Telagasari – Karawang. Instrument penelitian yang digunakan berupa tes pemahaman konsep. Tes yang digunakan adalah tes tipe berupa pilihan ganda (pretest dan posttest). Analisis data yang dilakukan dengan menggunakan program SPSS 20 for windows. Berdasarkan data hasil nilai rata – rata pretest dan posttest diketahui N-Gain sebesar 0,58% dengan intrepetasi sedang. Pembelajaran menggunakan teknik make a matchmemberikan pengaruh terhadap pemahaman konsep peserta didik kelas X – IIS 1 dan X – IIS 2 sebesar 53,6% dengan intrepetasi cukup. Sebagai akhir penelitian penulis menyampaikan saran kepada pihak sekolah diharapkan dapat dijadikan sumber informasi terutama dalam meningkatkan minat belajar siswa sebagai bahan masukan dalam upaya meningkatkan kualitas pembelajaran melalui perbaikan proses pembelajaran. Bagi guru mata pelajaran ekonomi diharapkan pembelajaran model pembelajaran kooperatif dengan menggunakan teknik make a matchdapat digunakan sebagai alternative dalam pembelajaran, karena berdasarkan penelitian yang telah dilakukan selain pemahaman konsep peserta didik yang mengalami peningkatan, nilai siswa juga ikut meningkat setelah melaksanakan pembelajaran dengan menggunakan model pembelajaran kooperatif dengan menggunakan teknik make a match. Dan kepada peneliti selanjutnya diharapkan dapat mengaplikasikan pembelajaran model pembelajaran kooperatif dengan menggunakan teknik make a matchterhadap pemahaman konsep ini lebih mendalam pada sekolah yang berbeda dalam lingkup yang luas. Kata kunci: Model Pembelajaran Kooperatif, Teknik Make a Macth, Pemahaman Konsep
Item Type: | Thesis (Skripsi(S1)) |
---|---|
Subjects: | S1-Skripsi |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Akuntansi 2018 |
Depositing User: | mr Bayu Anggi Pranata |
Date Deposited: | 18 Sep 2018 06:22 |
Last Modified: | 18 Sep 2018 06:22 |
URI: | http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/36488 |
Actions (login required)
View Item |