RESA ARYANI, 145040122 (2018) PEMANFAATAN MULTIMEDIA PEMBELAJARAN UNTUK MENINGKATKAN KETERAMPILAN PROSES SAINS SISWA PADA KONSEP VIRUS. Skripsi(S1) thesis, FKIP UNPAS.
|
Text
COVER.pdf Download (26kB) | Preview |
|
|
Text
Abstrak.pdf Download (146kB) | Preview |
|
|
Text
Abstract.pdf Download (6kB) | Preview |
|
|
Text
Abstrak sunda.pdf Download (146kB) | Preview |
|
|
Text
BAB I.pdf Download (181kB) | Preview |
|
|
Text
BAB II.pdf Download (586kB) | Preview |
|
|
Text
BAB III.pdf Download (385kB) | Preview |
|
Text
BAB IV.pdf Restricted to Repository staff only Download (644kB) |
||
Text
BAB V.pdf Restricted to Repository staff only Download (151kB) |
||
|
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (242kB) | Preview |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui tingkat keterampilan proses sains siswa pada konsep virus. Subjek penelitian yaitu kelas X MIPA 1 dan X MIPA 2 di SMA Pasundan 2 Bandung dengan jumlah seluruhnya 62 siswa. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah kuasi eksperimen dengan desain Nonequivalent Control Grup Design, yang terdiri dari kelas kontrol dan kelas eksperimen. Data penelitian dikumpulkan dengan menggunakan tes berupa soal sejumlah 20 soal yang terdiri dari 15 soal pilihan gandan dan 5 soal uraian dan non-tes berupa lembar observasi penilaian keterampilan proses sains, penilaian afektif dan angket respon siswa. Hasil penelitian menunjukan bahwa nilai rata-rata kelas eksperimen dengan memanfaatkan multimedia pembelajaran memperoleh nilai sebesar 76,05 dan nilai rata-rata kelas kontrol yang menggunakan metode ceramah memperoleh nilai sebesar 59,47. Sedangkan penilaian afektif pada kelas eksperimen memperoleh nilai rata-rata sebesar 82,10 dan kelas kontrol memperoleh nilai rata-rata sebesar 71,94. Perhitungan dengan menggunakan bantuan software IMB SPSS Statistic 23 dengan analisis data Independent Sample T-Test, didapat hasil nilai sig. (2-tailed) 0,000 > 0,05, maka Ha diterima, yang berarti terdapat perbedaan signifikan dalam peningkatan keterampilan proses sains antara siswa yang menggunakan multimedia pembelajaran dan yang tidak menggunakan multimedia pembelajaran. Hasil penelitian ini dapat disimpulkan bahwa pemanfaatan multimedia pembelajarn dapat meningkatan keterampilan proses sains pada konsep virus. Kata kunci: Multimedia, Keterampilan Proses Sains, Virus.
Item Type: | Thesis (Skripsi(S1)) |
---|---|
Subjects: | S1-Skripsi |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Biologi 2018 |
Depositing User: | mr Bayu Anggi Pranata |
Date Deposited: | 18 Sep 2018 03:34 |
Last Modified: | 18 Sep 2018 03:34 |
URI: | http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/36469 |
Actions (login required)
View Item |