MODEL PEMBELAJARAN DISCOVERY LEARNING SEBAGAI UPAYA MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SUBTEMA PELESTARIAN KEKAYAAN SUMBER DAYA ALAM DI INDONESIA

NIRWAN INDRA M., 145060089 (2018) MODEL PEMBELAJARAN DISCOVERY LEARNING SEBAGAI UPAYA MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SUBTEMA PELESTARIAN KEKAYAAN SUMBER DAYA ALAM DI INDONESIA. Skripsi(S1) thesis, FKIP UNPAS.

[img]
Preview
Text
COVER SKRIPSI.pdf

Download (43kB) | Preview
[img]
Preview
Text
ABSTRAK B.INGGRIS.pdf

Download (181kB) | Preview
[img]
Preview
Text
ABSTRAK B.SUNDA.pdf

Download (182kB) | Preview
[img]
Preview
Text
ABSTRAK.pdf

Download (183kB) | Preview
[img]
Preview
Text
LEMBAR PENGESAHAN.pdf

Download (183kB) | Preview
[img]
Preview
Text
MATERI BAB 1 NIRWAN.pdf

Download (321kB) | Preview
[img]
Preview
Text
MATERI BAB 2 NIRWAN.pdf

Download (606kB) | Preview
[img]
Preview
Text
MATERI BAB 3 NIRWAN.pdf

Download (648kB) | Preview
[img] Text
MATERI BAB 4 NIRWAN FIX.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img] Text
MATERI BAB 5 NIRWAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (188kB)
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (184kB) | Preview
Official URL: http://fkip.unpas.ac.id/

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar dan rasa percaya diri siswa dengan menggunakan model discovery learning pada tema kayanya negeriku subtema pelestarian kekayaan sumber daya alam di Indonesia. Penelitian ini dilaksanakan di kelas IV SDN Cikaro 1 Kecamatan Majalaya Kabupaten Bandung dan dilatar belakangi keadaan siswa yang belum percaya diri dan hasil belajar yang masih di bawah KKM karena guru sering menggunakan metode ceramah yang cenderung monoton dan belum menggunakan model discovery learning. Penelitian ini menggunakan metode Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang dilaksanakan dalam 3 siklus dengan 2 pertemuan pada setiap siklusnya dan menerapkan model pembelajaran discovery learning yang terdiri dari 6 fase, yaitu stimulasi/pemberian rangsangan, identifikasi masalah, pengumpulan data, pengolahan data, pembuktian, menarik kesimpulan. Penilaian yang digunakan pada penelitian ini adalah teknik tes untuk mengetahui hasil belajar siswa, dan penilaian rasa percaya diri. Hasil penelitian menunjukkan adanya peningkatan nilai rata-rata dari penilaian hasil belajar dan rasa percaya diri. Pada penilaian hasil belajar siklus I belum mencapai kategori tuntas dengan nilai rata-rata pretest 60 dan postest dengan nilai rata-rata 64,03. Hasil belajar siswa pada siklus II juga belum mencapai kategori tuntas dengan nilai rata-rata pretest 65,5 dan postest dengan nilai rata-rata 69,5. Dan pada siklus III Hasil belajar siswa meningkat dengan kategori tuntas dengan rata-rata nilai pretest 77,07 dan postest 87. Pada penilaian rasa percaya diri nilai rata-rata siklus I yaitu 2,3 dan siklus II mencapai nilai 2,72, sedangkan siklus III mencapai nilai 3,25. Hal ini menunjukkan bahwa penggunaan model discovery learning dapat meningkatkan hasil belajar dan rasa percaya diri siswa pada tema kayanya negeriku subtema pelestarian kekayaan sumber daya alam di Indonesia di kelas IV SDN Cikaro 1. Dengan demikian, model discovery learning dapat dijadikan salah satu model pembelajaran untuk meningkatkan hasil belajar dan rasa percaya diri siswa. Kata kunci: discovery learning, hasil belajar, percaya diri.

Item Type: Thesis (Skripsi(S1))
Subjects: S1-Skripsi
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > PGSD 2018
Depositing User: Mr Andi Wijaya
Date Deposited: 17 Sep 2018 23:13
Last Modified: 17 Sep 2018 23:13
URI: http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/36451

Actions (login required)

View Item View Item