PENERAPAN MODEL DISCOVERY LEARNING UNTUK MENINGKATKAN KEAKTIFAN DAN HASIL BELAJAR SISWA PADA SUBTEMA KEBERAGAMAN BUDAYA BANGSAKU

ANA QURATUL AENA, 145060211 (2018) PENERAPAN MODEL DISCOVERY LEARNING UNTUK MENINGKATKAN KEAKTIFAN DAN HASIL BELAJAR SISWA PADA SUBTEMA KEBERAGAMAN BUDAYA BANGSAKU. Skripsi(S1) thesis, FKIP UNPAS.

[img]
Preview
Text
COVER.pdf

Download (34kB) | Preview
[img]
Preview
Text
ABSTRAK Bahasa Indonesia.pdf

Download (18kB) | Preview
[img]
Preview
Text
ABSTRAK Bahasa Inggris.pdf

Download (20kB) | Preview
[img]
Preview
Text
ABSTRAK Bahasa Sunda.pdf

Download (18kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB 1.pdf

Download (52kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II.pdf

Download (138kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB III.pdf

Download (277kB) | Preview
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (28kB)
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA skripsi.pdf

Download (23kB) | Preview
Official URL: http://fkip.unpas.ac.id/

Abstract

Penelitian tindakan kelas ini dilaksanakan dengan tujuan untuk meningkatkan keaktifan dan hasil belajar siswa melalui model discovery learning pada subtema keberagaman budaya bangsaku. Penulisan menggunakan penelitian tindakan kelas di kelas IV SDN 032 Tilil Kota Bandung. Penelitian ini dilatar belakangi dengan keadaan siswa yang memiliki keaktifan dan hasil belajar yang rendah. Ketika proses pembelajaran siswa hanya melakukan kegiatan duduk, diam, mendengar, mencatat dan menghapal sehingga siswa kurang aktif dalam proses pembelajaran. Ketika pembelajaran berlangsung guru telah memberikan kemampuan mengajarnya kepada peserta didik, hanya saja penggunaan metode ceramah dan penugasan belum memaksimalkan proses belajar mengajar sehingga menyebabkan siswa tidak dapat membangun pengetahuannya sendiri, keaadaan ini berdampak pada hasil belajar siswa yang kurang dari kriteria ketuntasan minimal (KKM). Penelitian dilaksanakan dalam 3 siklus terdiri dari 2 pembelajaran dan sesuai dengan langkahlangkah model discovery learning. Dalam penelitian ini, instrumen yang digunakan peneliti adalah lembar tes, lembar observasi rencana pelaksanaan pembelajaran, lembar pelaksanaan pembelajaran, dan lembar keaktifan siswa serta dokumentasi. Hasil penelitian menunjukan bahwa penerapan model discovery learning dapat meningkatkan keaktifan dan hasil belajar siswa. Hal tersebut dapat dilihat dari: pertama, adanya peningkatan penyusunan rencana pelaksanaan pembelajaran (siklus I mencapai nilai 3,27 atau 82%, siklus II 3,66 atau 91%, siklus III 3,79 atau 94% ). Kedua adanya peningkatan pelaksanaan pembelajaran (siklus I mencapai nilai 3,30 atau 82%, siklus II mencapai nilai 3,57 atau 89%, dan siklus III mencapai 3,89 atau 97% ). Ketiga adanya peningkatan hasil belajar siswa (siklus I mencapai 56%, siklus II mencapai 72%, siklus III mencapai 84% ). Dan keempat, adanya peningkatan keaktifan belajar siswa (siklus I mencapai 38%, siklus II mencapai 69%, siklus III mencapai 87% ). Kesimpulan yang diperoleh dari penelitian ini bahwa penerapan model discovery learning mampu meningkatkan keaktifan dan hasil belajar siswa pada subtema keberagaman budaya bangsaku di kelas IV SDN 032 Tilil Kota Bandung. Kata Kunci: Discovery Learning, Keaktifan, dan Hasil Belajar.

Item Type: Thesis (Skripsi(S1))
Subjects: S1-Skripsi
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > PGSD 2018
Depositing User: Mr Andi Wijaya
Date Deposited: 17 Sep 2018 22:27
Last Modified: 17 Sep 2018 22:27
URI: http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/36443

Actions (login required)

View Item View Item