SEKAR INDAH LESTARI, 145040129 (2018) IMPLEMENTASI MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING TERHADAP KEMAMPUAN AFEKTIF DAN PSIKOMOTOR SISWA PADA KONSEP PENCEMARAN LINGKUNGAN DI TINGKAT SMA. Skripsi(S1) thesis, FKIP UNPAS.
|
Text
Cover.pdf Download (186kB) | Preview |
|
|
Text
ABSTRAK.pdf Download (181kB) | Preview |
|
|
Text
ABSTRACT.pdf Download (179kB) | Preview |
|
|
Text
Abstrak Sunda.pdf Download (179kB) | Preview |
|
|
Text
BAB 1.pdf Download (316kB) | Preview |
|
|
Text
BAB II.pdf Download (362kB) | Preview |
|
|
Text
BAB III akai.pdf Download (515kB) | Preview |
|
Text
BAB IV .pdf Restricted to Repository staff only Download (544kB) |
||
Text
BAB V.pdf Restricted to Repository staff only Download (296kB) |
||
|
Text
DAFTAR PUSTAK1.pdf Download (296kB) | Preview |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh implementasi Problem Based Learning (PBL) terhadap kemampuan afektif dan psikomotor siswa pada konsep pencemaran lingkungan. Penelitian ini diharapkan dapat meningkatkan kemampuan kognitif siswa, dan mengetahui kemampuan afektif dan psikomotor siswa setelah dilakukan pembelajaran dengan model Problem Based Learning. Subjek dari penelitian ini adalah siswa kelas X MIPA 6 SMA Negeri yang berjumlah 35 orang. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah pre-experimental dengan desain penelitian One-Group Pretest-Posttest. instrumen yang digunakan berupa soal pilihan ganda sebanyak 20 butir soal, lembar penilaian afektif, dan lembar penilaian kognitif. Dari hasil penelitian diperoleh rata-rata pretest sebesar 62,57 dan rata-rata posttest sebesar 83,86 dengan rata-rata N-gain sebesar 0,58 berada dalam kategori sedang. Nilai rata-rata kemampuan afektif sebesar 81,3 dan nilai rata-rata psikomotor sebesar 83 keduanya berada dalam kategori baik. Hasil uji hipotesis t berpasangan menunjukkan bahwa terdapat perbedaan yang signifikan antara hasil pretest dan posttest dengan nilai signifikasi sebesar 0,000. Hasil uji korelasi antara kemampuan kognitif dan afektif nilai siginifikasinya 0,043, nilai signifikasi antara afektif dan psikomotor 0,000, dan nilai signifikasi antara psikomotor dengan kognitif 0,038 ketiganya menunjukan adanya hubungan yang kuat dengan signifikasi dibawah 0,05. Maka dapat disimpulkan bahwa implementasi model Problem Based Learning dapat mengembangkan kemampuan kognitif, afektif dan psikomotor siswa dengan signifikan pada konsep pencemaran lingkungan. Kata Kunci : Problem Based Learning, Kemampuan Kognitif, Afektif, dan Psikomotor, Pencemaran lingkungan.
Item Type: | Thesis (Skripsi(S1)) |
---|---|
Subjects: | S1-Skripsi |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Biologi 2018 |
Depositing User: | mr Bayu Anggi Pranata |
Date Deposited: | 17 Sep 2018 07:39 |
Last Modified: | 17 Sep 2018 07:39 |
URI: | http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/36429 |
Actions (login required)
View Item |