PENGARUH METODE SIMULASI TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA (Studi Kuasi Eksperimen Pada Mata Pelajaran Ekonomi dan Bisnis Kompetensi Dasar Menghitung Biaya Produksi di Kelas X Administrasi Perkantoran SMK Swasta Nasional Bandung Tahun Ajaran 2017/2018)

NUNIK DWI HANDAYANI, 145020042 (2018) PENGARUH METODE SIMULASI TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA (Studi Kuasi Eksperimen Pada Mata Pelajaran Ekonomi dan Bisnis Kompetensi Dasar Menghitung Biaya Produksi di Kelas X Administrasi Perkantoran SMK Swasta Nasional Bandung Tahun Ajaran 2017/2018). Skripsi(S1) thesis, FKIP UNPAS.

[img]
Preview
Text
COVER SKRIPSI.pdf

Download (165kB) | Preview
[img]
Preview
Text
ABSTRAK INDO.pdf

Download (134kB) | Preview
[img]
Preview
Text
ABSTRAK INGGRIS.pdf

Download (83kB) | Preview
[img]
Preview
Text
ABSTRAK SUNDA.pdf

Download (136kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (258kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II.pdf

Download (363kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB III.pdf

Download (394kB) | Preview
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (787kB)
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (94kB)
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (162kB) | Preview
Official URL: http://fkip.unpas.ac.id/

Abstract

Judul penelitian yang diambil oleh penulis adalah “PENGARUH METODE SIMULASI TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA DI SMK SWASTA NASIONAL BANDUNG”. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif sehingga data dianalisis untuk mengetahui adanya pengaruh peningkatan hasil belajar siswa setelah diterapkan metode Simulasi pada mata pelajaran ekonomi dan bisnis pada kelas eksperimen (X Administrasi Perkantoran 1). Metode penelitian yang digunakan termasuk pada metode eksperimen kuasi. Instrumen pengambilan data menggunakan dokumentasi, lembar soal, yang kemudian dianalisis menggunakan korelasi linier sederhana. Hasil penelitian menunjukkan bahwa, meningkatnya hasil belajar kelas eksperimen dapat dibuktikan dengan peningkatan kualitas pada ranah kognitif dari tes awal (pretest) sebesar 56,82 meningkat pada test akhir (posttest) sebesar 81,21. Dengan demikian, sistem pembelajaran yang menggunakan metode simulasi dapat memberikan pengaruh yang cukup baik terhadap hasil belajar siswa kelas X Administrasi Perkantoran 1 dengan presentase sebesar 38% yang mana presentase ini masuk dalam kategori layak untuk diterapkan sebagai metode pembelajaran. Kata Kunci : Metode Simulasi, Hasil Belajar Siswa

Item Type: Thesis (Skripsi(S1))
Subjects: S1-Skripsi
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Akuntansi 2018
Depositing User: mr Bayu Anggi Pranata
Date Deposited: 17 Sep 2018 04:29
Last Modified: 17 Sep 2018 04:29
URI: http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/36413

Actions (login required)

View Item View Item