AYU NURJANAH, 145060115 (2018) PENGGUNAAN MODEL PEMBELAJARAN INKUIRI UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA PADA SUBTEMA KEBERSAMAAN DALAM KEBERAGAMAN (Penelitian Tindakan Kelas pada Siswa Kelas IV SDN 130 Batununggal Sekelimus Kecamatan Bandung Kidul). Skripsi(S1) thesis, FKIP UNPAS.
|
Text
COVER.pdf Download (58kB) | Preview |
|
|
Text
ABSTRAK INDONESIA.pdf Download (86kB) | Preview |
|
|
Text
ABSTRAK INGGRIS.pdf Download (86kB) | Preview |
|
|
Text
ABSTRAK SUNDA.pdf Download (88kB) | Preview |
|
|
Text
BAB 1.pdf Download (396kB) | Preview |
|
|
Text
BAB II.pdf Download (735kB) | Preview |
|
|
Text
BAB III.pdf Download (899kB) | Preview |
|
Text
BAB IV.pdf Restricted to Repository staff only Download (2MB) |
||
Text
BAB V.pdf Restricted to Repository staff only Download (102kB) |
||
|
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (310kB) | Preview |
Abstract
Penelitian Tindakan Kelas (PTK) ini dilaksanakan di SDN 130 Batununggal Sekelimus dengan tujuan untuk meningkatkan hasil belajar siswa. Dalam penelitian ini peneliti mengambil Subtema Subtema Kebersamaan dalam Keberagaman dengan menggunakan model pembelajaran inkuiri. Objek penelitiannya adalah peserta didik kelas IV C SDN 130 Batununggal Sekelimus dengan jumlah peserta didik 23 yang terdiri atas 15 laki- laki dan 8 perempuan. Instrument penelitian yang dipakai berupa tes peningkatan hasil belajar yang terdiri dari aspek kognitif, afektif, dan psikomotor, diantaranya lembar pretest dan posttes, lembar keterampilan. Pengolahan dan pengumpulan data berdasarkan data yang didapatkan pada instrument tersebut. Hasil penelitian tindakan kelas yang dilaksanakan dengan objek peserta didik kelas IV C dengan model pangatikan inkuiri untuk meningkatkan hasil belajar siswa dari setiap siklusnya. Penelitian ini dilaksanakan 3 siklus dimana setiap siklusnya terdiri dari 2 pembelajaran. Adapun hasil yang diperoleh peneliti dengan menggunakan model pembelajaran inkuiri pada rencana pelaksanaan pembelajaran (RPP) siklus I memperoleh persentase 68%, siklus II 71,5%% dan siklus III 87%. selanjutnya data pelaksanaan pembelajaran siklus I mendapatkan persentase 64%, siklus II 70%, dan silklus III 83%. Adapun nilai hasil belajar pada ranah kognitif siklus I mendapatkan persentase 60%, siklus II 61%, siklus III 82%. Pada ranah afektif peduli siklus I mendapatkan persentase 65%, siklus II 70% dan siklus III 81,5%, ranah afektif santun siklus I memperoleh persentase 56%, siklus II 70% dan siklus III 80%. Ranah psikomotor siklus I sebesar 30%, siklus II 70% dan siklus III 86%. Berdasarkan hasil penelitian tersebut dapat disimpulkan bahwa penerapan model pembelajaran inkuiri dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada subtema kebersamaan dalam keberagaman di kelas IV C SDN 130 Batununggal Sekelimus. Hal ini dapat dibuktikan dengan meningkatnya hasil belajar siswa pada setiap siklusnya. Dengan demikian, penggunaan model pembelajaran inkuiri dapat dijadikan salah satu model pembelajaran yang diterapkan pada pembelajaran tematik. Kata kunci: Model pembelajaran inkuiri, hasil belajarPenelitian Tindakan Kelas (PTK) ini dilaksanakan di SDN 130 Batununggal Sekelimus dengan tujuan untuk meningkatkan hasil belajar siswa. Dalam penelitian ini peneliti mengambil Subtema Subtema Kebersamaan dalam Keberagaman dengan menggunakan model pembelajaran inkuiri. Objek penelitiannya adalah peserta didik kelas IV C SDN 130 Batununggal Sekelimus dengan jumlah peserta didik 23 yang terdiri atas 15 laki- laki dan 8 perempuan. Instrument penelitian yang dipakai berupa tes peningkatan hasil belajar yang terdiri dari aspek kognitif, afektif, dan psikomotor, diantaranya lembar pretest dan posttes, lembar keterampilan. Pengolahan dan pengumpulan data berdasarkan data yang didapatkan pada instrument tersebut. Hasil penelitian tindakan kelas yang dilaksanakan dengan objek peserta didik kelas IV C dengan model pangatikan inkuiri untuk meningkatkan hasil belajar siswa dari setiap siklusnya. Penelitian ini dilaksanakan 3 siklus dimana setiap siklusnya terdiri dari 2 pembelajaran. Adapun hasil yang diperoleh peneliti dengan menggunakan model pembelajaran inkuiri pada rencana pelaksanaan pembelajaran (RPP) siklus I memperoleh persentase 68%, siklus II 71,5%% dan siklus III 87%. selanjutnya data pelaksanaan pembelajaran siklus I mendapatkan persentase 64%, siklus II 70%, dan silklus III 83%. Adapun nilai hasil belajar pada ranah kognitif siklus I mendapatkan persentase 60%, siklus II 61%, siklus III 82%. Pada ranah afektif peduli siklus I mendapatkan persentase 65%, siklus II 70% dan siklus III 81,5%, ranah afektif santun siklus I memperoleh persentase 56%, siklus II 70% dan siklus III 80%. Ranah psikomotor siklus I sebesar 30%, siklus II 70% dan siklus III 86%. Berdasarkan hasil penelitian tersebut dapat disimpulkan bahwa penerapan model pembelajaran inkuiri dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada subtema kebersamaan dalam keberagaman di kelas IV C SDN 130 Batununggal Sekelimus. Hal ini dapat dibuktikan dengan meningkatnya hasil belajar siswa pada setiap siklusnya. Dengan demikian, penggunaan model pembelajaran inkuiri dapat dijadikan salah satu model pembelajaran yang diterapkan pada pembelajaran tematik. Kata kunci: Model pembelajaran inkuiri, hasil belajar
Item Type: | Thesis (Skripsi(S1)) |
---|---|
Subjects: | S1-Skripsi |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > PGSD 2018 |
Depositing User: | mr Bayu Anggi Pranata |
Date Deposited: | 15 Sep 2018 10:29 |
Last Modified: | 15 Sep 2018 10:29 |
URI: | http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/36397 |
Actions (login required)
View Item |